Tahukah Kalian Tentang Karakteristik Benua Eropa Secara Geografisnya???

BENUA EROPA

  1. Karakteristik Benua Eropa

     Sebagian besar Benua dapat dengan mudah dapat dikenali dengan mudah pada peta dunia dan globe.Benua Eropa tampak seperti perluasan daratan Asia dibagian Barat.kenyataan nya adalah seperti  semenanjung yang membentang dibagian barat dari dataran utama dari Eurasia atau Eropa Asia merupakan yang di sebut Eropa.

  1. Letak

Benua Eropa terletak pada 71°8´LU(Lintang Utara) – 36°LU(Lintang Utara) dan antara 66°BT(Bujur Timur) – 9°30´BB(Bujur Barat).Benua Eropa juga mempunyai batas wilayah dengan wilayah lain.

Batas Benua Eropa yaitu :

1.Wilayah Utara    : Laut Es Utara

2.Wilayah Selatan : Laut Tengah

3.Wilayah Timur    : Benua Asia

4.Wilayah Barat     : Samudra Atlantik

  1. Alam Benua Eropa

Benua Eropa Alam nya antara lain pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah dan sungai.Benua Eropa juga mempunyai banyak Kawasan hutan, terutama Kawasan Eropa Utara.

Kawasan ini juga banyak mempuyai dataran tinggi.Daerah nya bergunung-gunung dan sangat curam sehingga tidak dihuni banyak penduduk.dataran tinggi juga dapat di jumpai di Eropa Barat, membentang dari Prancis sampai Samudra Arktik.Di Eropa Barat selain dataran tinggi, terdapat juga daerah-daerah dengan ke tinggian dibawah permukaan laut.

Kawasan Didaerah Eropa Tengah terdapat pegunungan Alpen. Bentangan pegunungan Alpen hingga kesemua Kawasan Benua.Puncak dari pegunungan Alpen adalah Gunung Elbrus.

Di Kawasan Timur yaitu membentang nya pegunungan Ural yang menjadi batas alam antara Benua Eropa dan Benua Asia.di Kawasan Eropa tengah terdapat sungai penting adalah Sungai Danube.

Sungai yang mengalir hingga ke Eropa Timur.Sungai-sungai  penting lain nya yang berada di Eropa adalah Sungai Thames,  Sungai Loire, Sungai Rein, dan Sungai Meuse.

Daerah Kawasan Eropa Selatan dikelilingi oleh lautan.Laut tengah di sebelah Timur dan Selatan, Samudra Atlantik di sebelah Utara dan Barat, Laut Tengah terdapat Kawasan hutan.

  1. Wilayah di Benua Eropa

Benua Eropa terbagi menjadi 5(lima) wilayah yaitu Eropa Utara, Eropa Barat, Eropa Tengah, Eropa selatan dan Eropa Timur.

Berikut ini Nama Negara yang ada di Benua Eropa.

1.Eropa Utara

No Nama Negara Ibu Kota
1. Denmark Kopenhagen
2. Eslandia Reykjavik
3. Norwegia Oslo
4. Finlandia Helsinki
5. Swedia Stockholm

 

2.Eropa Barat

No Nama Negara Ibu kota
1. Inggris Raya London
2. Irlandia Dublin
3. Prancis Paris
4. Belgia Brussels
5. Belanda Amsterdam
6. Luksemburg Luxemburg
7. Jerman Berlin

 

3.Eropa Timur

No Nama Negara Ibu kota
1. Rusia Moskow
2. Estonia Tallinn
3. Latvia Riga
4. Lituania Vilnius
5. Ukrania Kiev
6. Moldovia Khisinev

 

4.Eropa Tengah

No Nama Negara Ibu kota
1. Polandia Warsawa
2. Swiss Bern
3. Austria Wina
4. Ceko Praha
5. Slovakia Bratislava
6. Rumania Bukares
7. Hongaria Budapest
8. Albania Tirana
9. Bulgaria Sofia
10. Bosnia Sarajevo
11. Kroasia Zagreb
12. Slovenia Ljubjana
13. Makedonia Skopje
14. Serbia Belgrado
15. Montenegro Titograd

 

5.Eropa Selatan

No Nama Negara Ibu kota
1. Yunani Athena
2. Italia Roma
3. Spanyol Madrid
4. Portugal Lisabon
5. Malta Valleta

 

  1. Iklim di Benua Eropa

Benua Eropa Beriklim sedang. Benua eropa mempunyai 4 (empat) musim yaitu Musim Panas, Musim gugur, Musim Dingin dan Musim Semi.Di Eropa juga banyak terdapat angin lokal dan sifat nya khusus yang disebut Fohn. Angin ini juga bersifat kering dan hangat. Angin ini terdapat di pegunungan Alpen.

Angin Bise bersifat dingin, angin ini bertiup ke arah selatan.Angin mistral terdapat di Mediterania angin ini bersifat dingin.Angin bora terdapat di pegunungan Alpen angin ini juga bersifat dingin.

Curah hujan didaerah Benua Eropa tertinggi tedapat di lereng pegunungan daerah skotlandia bagian Barat,

Irlandia, Wales dan Norwegia Utara.Di Eropa Selatan curah hujan tertinggi terdapat di pegunungan Alpen.Di bagian Timur Spanyol dan bagian Timur Pulau Sisilia curah hujan nya kurang, daerah ini memerlukan Irigasi khusus nya di daerah yang mengalami kemarau yang Panjang.

 

  1. Flora dan Fauna

Di Eropa dapat di kelompokan menjadi 4(empat) bagian yaitu :

  1. Di daerah pedalaman Eropa bagian Utara masih terdapat tumbuh-tumbuhan tundra dan spesies rumput-rumputan. Di wilayah pegunungan masih terdapat banyak hutan Birch atau Betula Sp, yang masih terbentang luas di Finlandia. Di daerah ini tumbuh lumut dan tanaman Birch kerdil yang berwana kuning muda, pada musim gugur.
  2. Di Eropa bagian Utara, mulai dari sebelah tenggara  Norwegia, Swedia, Finlandia sampai di Rusia terdapat hutan kornifera seperti Cemara, Pinus, Larch dan Birch.
  3. Di daerah-daerah pada saat musim dingin udara nya tidak terlalu dingin,  terdapat juga hutan campuran yang menutupi lereng-lereng curam di bawah hutan konifera.

Spesies nya bervariasi menurut garis lintang. Beeches atau juga Fagus Sp yang bertumbuh subur didaerah bagian utara Kopenhagen,  Denmark dan di Swedia bagian barat daya.

  1. Di daerah Kawasan Mediterania, keadaan tanam mencerminkan iklim nya.terdapat pohon Zaitun yang tumbuh subur di daerah yang tidak mengenal Es.Pohon Cemara tersebar luas di Kawasan Mediterania, pohon Ek atau Quercus Sp tumbuh subur di spanyol dan Portugal.Hutan Konifera di daerah pantai memiliki berbagai jenis Pinus.Di Italia Utara,  sepanjang tepi jalan dan sungai banyak ditanami tumbuhan Poplar Lombardia.

 

  1. Jumlah, penyebaran, komposisi dan pertumbuhan penduduk

Jumlah penduduk Eropa pada pertengahan tahun 2017 kurang lebih 745 juta jiwa.Sebagian besar penduduk Eropa berkulit putih menurut ciri-ciri Fisik nya, bangsa Eropa dibagi menjadi 3(tiga) kelompok yaitu Bangsa Nor, Bangsa Alpen, Bangsa Mediteran.

1.Bangsa Nor

Ciri-ciri dari Bangsa Nor adalah Rambut pirang, mata biru, tengkorak Panjang dan muka sempit.

Orang yang termasuk kelompok itu adalah Orang Norwegia, Inggris, Denmark, Jerman bagian Utara dan Belanda bagian Utara.

2.Bangsa Alpen

Ciri-ciri dari Bangsa Alpen adalah Rambut dan mata hitam, tidak begitu tinggi, tengkorak dan mata lebar.Orang yang termasuk kelompok itu adalah Orang Prancis, Belgia, Swiss, Polandia, Jerman bagian selatan dan Austria.

3.Bangsa Mediteran

Ciri-ciri dari Bangsa Mediteran adalah badan dan tengkorak nya menyerupai bangsa Nor, tetapi rambut dan mata nya hitam.Orang yang termasuk golongan itu adalah Orang portugis, Spanyol, Itali bagian selatan dan orang Yunani.

  1. Kualitas penduduk

Di Eropa Pendidikan nya telah maju bahkan menduduki peringkat teratas dunia.Negara-negara Eropa

Yang memiliki tingkat melek hurup kurang dari 90% adalah Albania, Malta dan Portugal.Pada umum nya Pendidikan di Eropa Utara dan Eropa Barat lebih bermutu dari pada di Eropa Selatan. Hal ini di sebabkan karena negara-negara di bagian Utara dan Barat seperti Negara Yunani,  Portugal dan Spanyol,  maju nya di tingkat Pendidikan di Sebagian besar negara di Eropa ditandai dengan banyak nya Universitas terkenal.

  1. Negara perkembangannya pesat di Benua Eropa
  2. Negara Inggris

Hasil pertanian di Inggris yang utama adalah gandum.Selain dari gandum hasil pertanian lain nya adalah berupa kentang dan buah-buahan.Sektor perternakan nya yaitu Lembu dengan usaha susu nya serta Biri-biri.Sektor perikanannya Negara Inggris menghasilkan jenis ikan Hering, Mackerel dan Haddock.Hasil tambang nya yang ditemukan di Inggris antara lain adalah timah hitam, Biji Besi, Seng dan Tembaga.Inggris termasuk juga Negara Industri yang maju dalam pembuatan, antara lain Tekstil, Lokomotif, Mesin Mobil, Mesin Pertanian, Kapal Terbang dan alat-alat Elektronik.

  1. Negara Belanda

Negara Belanda Bertumpu Pada bidang Industri, namun bahan mentah untuk industri nya harus Impor dari Negara lain.Negara ini mempunyai cadangan tambang minyak bumi, gas alam dan batu bara.

Industri-industri penting nya antara lain Pengilangan Minyak, Perkapalan, Besi, Baja, Tekstil, Permesinan,

Perlistrikan dan Plastik.Perternakan Sapi di Belanda sangat maju dalam menghasilkan Susu nya.Ekspor Negara Belanda berupa barang-barang listrik dan logam.Salah satu Ekspor terkemuka di Belanda adalah Bunga Tulip, Impor nya berupa bahan Industri, Bahan Pangan, Bahan Bakar dan Bahan Kimia.

3.Negara Prancis

Prancis adalah Negara Agraris(Pertanian) dan Negara Industri yang maju.Hasil pangan nya berupa Padi, Daging, Gula Bit dan segala jenis buah-buahan.Sektor Perternakan nya berupa Sapi potong, Sapi perah, Biri-biri dan Babi.Prancis juga terkenal dengan penghasil Anggur dan Sutra yang bermutu tinggi.

Hasil tambang nya yang terkenal adalah Batu Bara, Minyak Bumi, Gas Alam, Biji Besi dan Bauksit.Hasil Industrinya adalah Petrokimia, Pesawat Terbang, Mobil, Tekstil dan Pakaian.

4.Negara Jerman

Jerman dalam bidang Industrinya menghasilkan Mobil, Lokomotif, Mesin-mesin, Tekstil, Gula Bit, Kimia, Konfeksi dan Barang Elektronik.Sektor Pertanian nya, di sebelah selatan terdapat tanah loss yang menghasilkan Anggur. peternakan di jerman sangatlah maju yaitu antara lain Lembu, Babi, Domba, Kuda, Ayam dan Angsa.Barang Tambang yang terdapat di Jerman antara lain Besi, Batu Bara dan Timah Hitam.

 

Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini,  semoga dapat menjadi ilmu pengetahuan yang bermanfaat. jangan lupa like & share ke teman – teman yang lain juga..

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.