Make-up dan Foundation Kecantikan Perempuan.

Foundation adalah salah satu kosmetika dasar paling utama.

Kegunaannya : selain untuk menahan bedak, juga memperhalus permukaan kulit, menutupi noda-noda coklat dan luka-luka bekas jerawat, hingga permukaan kulit menjadi halus.

Untuk menutupi couperose atau warna kebiruan di pipi karena pembuluh darah kapiler kulit pecah.Mentupi bulu roma di sekitarbibir yang tampak mengganggu.Menanggulangi kulit warna pucat menghilangkan bayangan gelap di kantung mata.

  • Cara pembubuhan .

Diatas dasar kulit wajah dan sekitar leher yang telah di bersihkan lebih dulu, foundation di oleskan sebelum bedak, namun sesudah pemakaian moisturizer atau pelembab, atau yang juga disebut under make-up.Tujuannya untuk pencegahan zat pigmen warna foundation yang bersentuhan langsung dengan kulit.

Cara pembubuhannya yaitu oleskan sedikit foundation di telapak tangan, dan dengan menggunakan ujung-ujung jari tangan kenakan foundation pada pipi, hidung, dahi dan dagu.Ratakan dengan jari-jari tangan atau menggunakan spons basah, dengan gerak searah pertumbuhan bulu roma.Jangan lupakan daerah kulit sekitar leher.

Jika pemakaian foundation terlalu tebal, selain tampak tidak alami, juga akan pecah-pecah jika kulit wajah terik,karena misalnya, tertawa atau mengerutkan dahi.Bagi kulit yang sudah tua, foundation yang terlalu banyak dikenakan pada udarapanas akan meleleh dan mengalir sepanjang garis ketuaan kulit.Keadaan ini akan lebih memperjelas keriput-keriput kulit anda.

 

  • Memilih foundation.

Pemilihan foundation hendaknya di sesuaikan dengan jenis kulit pemakainya.Untuk jenis kulit kering atau semua, oleskan foundation dengan dasar minyak atau oil base.

Meskipun tersedia begitu banyak ragam foundation, pilihlah alas bedak ini tidak berdasarkan bentuknya, tetapi yang lebih penting ialah pilihan berlandaskan dasar foundation, oil base atau water base.

Memilih warna foundation dengan menghapus sedikit make-up diantara tulang rahang dan leher , kemudian mencoba warna foundation di tempat itu.

Berbagai warna tersedia dalama Foundation,  dalam pemilihan warnanya bisa di sesuaikan dengan warna kulit.

  • Untuk kulit sawo matang : pilih foundation yang mengandung warna kuning ocker.
  • Untuk warna kulit terang : gunakan yang mengandung warna dadu atau Rachel (bukan dadu atau pink seperti istilah warna bedak ).
  • Untuk warna kuning langsat : pilih warna yang sesuai ialah warna beige yaitu warna perpaduan antara kuning, dadu dan coklat muda.

 

Memilih make up dasar bedak.

  • Berbentuk cair.

Dapat di gunakan untuk semua jenis kulit, tergantung pada formulanya. pemakaian bahan dasar air baik juga untuk kulit berminyak : berisi cream pelembab untuk kulit kering. Hasil akhir setiap jenis ini pun berbeda.

Yang bebas minyak menghasilkan kesan tidak berkilat, yang berbahan dasar air memberikan kesan rias wajah tipis, yang berisi bahan minyak dapat menutupi noda-noda pada wajah,selainmembuat kulit berkilat.

  • Berbentuk krem.

Paling baik untuk kulit kering dan jenis ini lebih tahan lama menempel di kulit. guna memberikan hasil yang lebih sempurna, terlebih dahulu bubuhkan wajah dengan craem pelembab.

  • Berbentuk padat ( Cake ).

Ini adalah jenis foundation yang paling mutahir. Baik untuk segala jenis kulit. Keistimewaannya, bila d bubuhkan memakai spons basah, bisa berfungsi sebagai foundation, bila memakai spons kering berfungsi sebagai bedak.

  • Berbentuk stick ( batang ).

Paling baik untuk kering, karena berbahan dasar minyak dan dapat menutupi noda dengan sempurna.

Memilih make-up bedak.

  • Berbentuk padat ( pressed ).

Beberapa jenis Terbagi atas, yaitu transparan, untuk penambahan warna dan agar rias wajah terlihat berkilau kemudian aplikasikan menggunakan sikat besar agar hasilnya halus dan rata. Untuk kulit berjenis kering, bubuhkan bedak yang berisi bahan pelembab , sedangkan untuk kulit yang peka bubuhkan bedak yang bebas wewangian.

  • Berbentuk bubuk

Untuk segala jenis kulit, terutama yang cenderung memiliki kulit bernoda.Memiliki jenis yang sama seperti bedak berbentuk padat.Harus di bubuhkan menggunakan spons atau sikat.

  • Bedak pengontrol minyak.

Bedak ini didesain untuk menyerap minyak yang berlebihan pada wajah sehingga kulit tidak terlihat berkilat.

  • Berbentuk bedak

Cocok juga untuk semua jenis kulit, terkecuali yang berkeriput. Jenis ini paling tahan lama, karena bebas minyak sehingga tidak mudah “ lumer ”. Agar bisa tahan lama lagi, bubuhkan menggunakan kuas yang sedikit  basah ( namun demikian jangan basahkan perona matanya ).Bentuk bedak ini tidak di anjurkan bagi mereka yang menggunakan lensa kontak.

  • Berbentuk cream

Bekerja paling baik untuk kulit kering atau berkerut. Namun demikian yang berkilat sebaiknya dihindari, karena justru akan menonjolkan kerut. Gunakan khusus sebagai high lighter saja.

  • Berbentuk pensil

Baik untuk segala jenis kulit dan mudah pula di bubuhkan ke wajah.

  • Berbentuk crayon.

Cocok untuk jenis kulit wanita yang tidak muda lagi, karena lebih lembut dari pensil dan berkesan lembab. Dapat di pakai juga sebagai eyeliner sekaligus perona mata.

 

Memilih penggaris mata.

  • Berbentuk cair.

Memberikan kesan dramatis, namun sulit di bubuhkan.Formula yang biasa dapat luntur dengan mudah, sedang yang waterproof tidak mudah luntur namun harus di hapus menggunakan minyak atau krem mata khusus.

  • Berbentuk pensil.

Cepat dan mudah digunakan.Tekstur sebaiknya cukup lunak, sehingga garis mata mudah di hapus, tetapi juga tidak terlalu lunak yang membuat pensil sulit di asah.

Memilih mascara

  • Berbentuk cair.

Bekerja dengan baik untuk para wanita umumnya,namun mudah luntur.

  • Berjenis conditioner.

Dianjurkan bila bulu mata terputus-putus atau rontok. Maskara jenis tidak berwarna , namun berisi bahan untuk perawatan.

  • Berjenis tahan air.

Biasanya tidak mudah luntur, sehingga aman bila di gunakan oleh mereka yang memakai lensa kontak. Untuk menghapusnya diperlukan pembersih cream atau minyak.

  • Jenis memperpanjang bulu mata.

Berisi serabut untuk memberi kesan bulu mata terlihat lebih tebal. Sebaiknya tidak di gunakan oleh mereka yang memakai lensa kontak, karena potongan-potongan serabut bisa masuk kedalam mata. Agar supaya bulu mata tidak menggumpal dapat menggunakan sisir bulu mata.

  • Berbentuk cake.

Dapat memberikan kesan alamiah bila pandai menggunakannya. Mascara ini berbentuk padat, sehingga harus di campur dengan air sewaktu hendak di bubuhkan dengan kuas khusus. Sayangnya jenis ini mudah luntur,terutama bila sedang sangat aktif.

 

 

Memilih Rias bibir

Make-up bibir berbentuk batang ini memiliki berbagai formula.Pilihan tergantung kesenangan pribadi dan juga berbentuk bibir, (bibir yang kecil, tipis, paling baik menggunakan warna muda dan berkilau, bibir yang penuh memerlukan warna medium sampai kelam dan tidak berkilat.Sedangkan kulit yang kering memerlukan lipstick yang berisi lebih banyak krem pelembab ). Lipstik paling mudah di bubuhkan, tetapi juga perlu beberapa kali pembubuhan ulang,terutama yang memakai bahan pelembab.Sedangkan yang tidak terlalu banyak memakai bahan pelembab yang disebut matte lipstick, tidak berkilat dan tidak cepat luntur.

  • Pensil bibir

Mencegah lipstick lumer ke sekeliling bibir, jadi merupakan keharusan untuk kulit yang sudah berkerut.

  • GLOSS

Lip gloss adalah rias bibir yang transparan, bisa berwarna atau tanpa warna.Bubuhkan sesudah memakai lipstick.Jangangunakan bila bibir sudah berkerut atau bergaris-garis, karena justru akan menonjolkan keut-kerut tersebut.

Demikian pembahasan ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat…. Dan selamat mencoba!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.