Bantuan Subsidi Upah Bulan Ini Sudah Cair! Yuk Cek Syarat Dan Ketentuannya

Pada hari ini tepatnya tanggal 9 bulan September 2022, pemerintah akan kembali memberikan Bantuan Subsidi Upah atau BSU sebesar Rp. 600 Ribu Rupiah yang di peruntukan untuk para pekerja non PNS, POLRI atau TNI. Berbeda dengan yang bantuan terdahulu dimana tujuan pemberian Bantuan Subsidi Upah untuk melindungi, mempertahankan dampak ekonomi karena pandemi Covid-19, namun kini kucuran BSU 2022 ditujukan untuk mempertahankan daya beli pekerja atau buruh sebagai bantalan sosial memenuhi kebutuhan hidupnya sebagai akibat dari kenaikan harga BBM.

Bantuan Subsidi Upah  (BSU) kali ini merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2022. Pemerintah melalui Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyatakan bahwa anggaran yang digelontorkan untuk program subsidi gaji kali ini mencapai Rp 9,6 triliun, untuk disalurkan kepada 16,2 juta pekerja di seluruh Indonesia.

Adapun sejumlah persyaratan agar pekerja dapat menerima BSU 2022 adalah sebagai berikut :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Merupakan Pekerja aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Oleh karena basis data penerima BSU 2022 menggunakan data pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  3. Bukan PNS, POLRI atau TNI
  4. Memiliki gaji atau upah paling banyak Rp 3,5 juta atau senilai upah minimum provinsi kab/kota.
  5. Belum pernah menerima program keluarga harapan, Program Kartu Prakerja dan bantuan produktif untuk usaha mikro.

Setelah persyaratan diatas terpenuhi maka anda berhak mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU). Untuk memastikan bahwa anda memenuhi syarat sebagai penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), anda dapat mengunjungi  situs KEMNAKER dengan cara :

>>>>>>>>>>Cek Juga : Jumlah Bantuannya disini 

  1. Kunjungi website KEMNAKER : https://bsu.kemnaker.go.id/
  2. Pastikan anda harus memiliki akun aktif. Apabila belum memilikinya, anda dapat mendaftar untuk membuat akun.
  3. Setelah anda mendaftar akun di website KEMNAKER, siapkan nomer ponsel untuk aktivasi akun yang telah dibuat tadi.
  4. Setelah akun anda aktif, Log in ke akun anda dengan mengisi username dan password yang telah anda daftarkan.
  5. Lengkapi profil dan data diri anda termasuk no rekening bank untuk menerima Bantuan Subsidi Upah apabila nanti anda memenuhi syarat.
  6. Cek pemberitahuan apakah anda memenuhi syarat penerima BSU 2022.
  7. Setelah anda menerima pemberitahuan bahwa anda memenuhi syarat, selanjutnya anda akan menerima notifikasi apabila dana BSU telah tersalurkan ke rekening pribadi kamu

Untuk penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) kali ini, pemerintah menggandeng bank – bank Himbara seperti Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia dan PT. Pos Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Demikinlah artikel kami kali ini semoga dengan syarat dan petunjuk yang telah anda baca di atas diharapkan dapat membantu anda untuk mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 dari pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.