Batas Wilayah Asean Berdasarkan Letak Geografisnya

Inilah Batas – batas wilayah asean berdasarkan letak geografisnya

Kali ini kami akan membahas tentang batas wilayah asean yang berdasarkan letak geografisnya dengan ini kami berharap anda sekalian dapat memahami penjelasan yang dipaparkan dibawah ini dan kami berharap kalian semua dapat membacanya sampai dengan selesai dan kalian semua semoga mendapatkan penambahan ilmu pengetahuan dari membaca artikel ini, tidak banyak basa – basi lagi kami akan membahas secara rinci.

Batas dari wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya ialah batas dari wilayah utara:  Laut Cina selatan, Cina, batas dari wilayah timur : Papua Nugini, Samudra pasifik, atas dari wilayah selatan ialah samudra hindiadan batas dari wilayah barat ialah India, damudra hindia.

Didirikannya di wilayah Bangkok pada tanggal 08 Agustus 1967, ASEAN merupakan salah satu organisasi geopolitik dan perekonomian dari setiap Negara di wilayah Asia Tenggara. Dan organisasi ini mempunyai maksud supaya dapat meningkatkan perkembangan kebudayaan, peningkatan perekonomian dan kemajuan sosial bagi setiap Negara anggotanya. Awal mula berdirinya ASEAN hanya ada 5 (lima ) Negara yang menjadi anggotanya, yaitu : Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand dan Singapura. Sejalan berkembangnya lalu kemudian bergabunglah Negara – Negara seperti Vietnam, Brunei Darusalam, Myanmar, Laos kemudian Kamboja. KEmudian terdapat juga pembagian batas wilayah ASEAN yang berdasarkan dan disesuaikan tataletak geografisnya.

  • Batas di wilayah Utara : Laut Cina selatan, Cina
  • Batas di wilayah Timur : Papua Nugini dan Samudra Pasifik
  • Batas di wilayah Selatan : Samudra Hindia
  • Batas di Wilayah Barat : India dan Samudra Hindia

Berdasarkan penjelasan diatas kita dapat menyimpulakan bahwa Negara anggota ASEAN mempunyai batas wilayah yang telah di jelaskan diatas.

Demikian rangkuman penjelasan tentang batas wilayah ASEAN yang berdasarkan tataletak geografis di setiap Negara Anggota. Dan kami mengucapkan banyak – banyak terimaksih atas kesediaannya saudara atau saudari, telah berkunjung ke halaman ini untuk membaca aritikel tentang penjelasan batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya, adapun kekurangan dalam penulisan artikel ini kami sebagai penulis berharap anda sekalian memberikan saran dan keritik yang membangun supaya kami dapat mebuat artikel yang lebih sempurna lagi dan tidak lupa juga kami mengharapkan batuan dari anda sekalian agar dapat membagikan atau share halaman ini kepada sanak saudara anda, teman – teman dan kerabat anda sekalian. Dan di akhir kata kami mengucapkan Wassalamualaikum warohmatullahi wabarakatu. Salam sejahtra bagi kalian semua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.