Beginilah Perawatan Ayam Bangkok Menjadi Super Power

Sebelum kita membahas materi ayam Bangkok super power  terlebih dahulu kita wajib tau apa itu ayam Bangkok dan mengenali  beberapa jenis ayam Bangkok supaya kita tidak salah dalam proses penyilangan.

Sebagian besar  jenis ayam Bangkok yang diminati banyak orang seperti ayam Bangkok Klasik,Pakhoy, Birma/mangon, Pama dan ayam Bangkok Saigon.

 

Bangkok Klasik

Sejenis ayam petarung yang bermula dari negeri Gajah Putih Thailand,ayam ini memiliki tulangan yang sangat kasar,badan atletis dan tinggi, Bola mata nya agak kedalam, Lehernya panjang, jenggernya tidak terlalu lebar, paruh dan kakinya berwarna kuning kemudian sisiknya cukup rapi.

Kelebihan jenis  ayam ini yakni selain pukulan yang sangat keras dan mematikan ayam ini juga ayam tahan pukul,menyandang sifat petarung yang kuat lebih memilih mati daripada kabur di pertarungan.Tidak heran banyak orang yang melirik Jenis ayam yang sudah melegenda ini baik itu untuk di ternak maupun dijadikan aduan nya.

 

Pakhoy

Ayam Pakhoy merupakan jenis ayam Bangkok hasil silangan ayam kaum jenis ayam shamo, pama dan Bangkok klasik.Tujuan silangan tersebut untuk menandingi gaya tarung ayam Birma yang berasal dari Negara 1000 pagoda emas (Myanmar).

Ciri fisik ayam Pakhoy ialah bentuk kepalanya yang bulat lonjong bak buah pinang,lehernya tidak terlalu panjang, kaki dan sisik nya kering, sayapnya agak rapat ke dalam dan bentuk badan nya bulat lancip bagai jantung pisang.

Gaya bertarung ayam ini jenisnya Brakot sangat agresif,pintar mencari celah bisa mematuk di segala arah sehingga lawan nya akan keteteran.Namun kelemahan Jenis ayam Pakhoy mudah kecapean karena terlalu agresif , tulangan tipis, mentalnya tidak kaya ayam Bangkok klasik.

 

Birma/Mangon

Birma/mangon Jenis ayam aduan hasil silangan ayam Saigon dan ayam Pama.Sekilas ayam ini hampir mirip dengan ayam kampung ukuran kepalanya yang kecil tidak serupa ayam Bangkok lainnya, kakinya berwarna hitam dengan sisik yang kecil, ukuran badan nya tidak terlalu gede akan tetapi ayam ini mempunyai bulu yang tebal sehingga kelihatan gagah.satu lagi warna telur ayam ini sangat unik berwarna biru muda semacam telor asin yang banyak di jual di warung nasi Cuman ukurannya lebih kecil dibanding telor asin.

keunggulan gaya tarung jenis ayam ini yaitu memukul tanpa mematuk atau dalam bahasa botoh Temprangan,serangan dan pukulannya sangat cepat sering mengincar tenggorokan atau rahang bawah, tidak mau bertarung dalam jarak dekat (Berpelukan), ayam Jenis ini cukup pintar jika posisi terpojok kepalanya selalu masuk ke ke kolong dan ke sayap lawan terus balik memukul dengan gaya khas nya temprangan.Dengan banyak nya ciri khas Jenis ayam ini banyak pula penggemar ayam birma di kalangan botoh Indonesia.

 

Pama iq

Pama iq jenis ayam petarung yang mengandalkan kecepatan dalam bertarung hasil dari persilangan antara ayam Bangkok dengan ayam Birma,adapun ciri khusu dari ayam tersebut mempunyai warna kaki kuning,biru,hitam dan hijau (Hijau botol),ukuran badan sedang 2 hingga 2,6 kg.

Meskipun tidak memiliki ukuran dan tulangan kasar akan tetapi serangan ayam jenis pama iq ini sangatlah lincah pukulannya selalu mengarah ke kepala tidak sedikit korban terkena jalu di bagian kepalanya hingga lawan sampai sempoyongan,namun kelemahan ayam ini nafasnya pendek dan kurang tahan terhadap ayam yang mempunyai tipe pukul K.O,kalau lewat dari tiga ronde kemungkinan kecil untuk bertahan,maka harus berhati – hatilah dalam memilih lawan.

Walaupun ayam jenis pama ini memiliki kelemahan akan tetapi banyak sekali para penggemar ayam aduan untuk meminang ayam jenis Pama iq ini karena kecepatan nya dalam bertarung.

 

Saigon/Ganoi

Mendengar kata Saigon saja sudah jelas ayam ini pasti kokoh dan kuat ayam Bangkok jenis ini benar – benar sangat tahan pukul, banyak orang mengira bahwa ayam ini berasal dari negeri Vietnam dengan nama julukan Ganoi, ternyata ayam saigon/ganoi berasal dari negeri madagaskar Afrika dan di kembang biakan atau disilangkan dengan ayam aduan di Vietnam.

Ada yang menjelaskan disalah satu buku (sabung ayam di seluruh dunia) disitu dijelaskan bahwa 10.000 tahun kebelakang para imigran turunan asia pernah mengimpor ayam gundul asli Madagaskar ke wilayah Asia.Semenjak dari situlah masyarakat Vietnam terpikat dengan ayam Madagaskar yang sejak lahir memang botak, mereka melakukan perkawinan silang antara ayam Bangkok Vietnam Asli sama ayam Madagaskar dan hasil peranakannya dinamakan Ayam Saigon.

Ciri khas ayam saigon adalah dari kepala hingga leher bulu sangat jarang bahkan tidak ada sama sekali bulu (plontos),kelopak matanya hitam, tulangan nya sangat kasar lebih kasar dari ayam bangkok lainnya tidak heran kalau ayam ini terlihat sangat menyeramkan.Kelemahan dari ayam saigon yaitu Pola dalam bertarungnya kurang gesit alias lambat sehingga mengakibatkan banyak kena pukul lawan tarung nya,bulunya pun mudah lepas dan susah berkilau.

 

Baiklah kita langsung saja ke tujuan awal “Materi Menjadikan Ayam Bangkok Menjadi Super Power” jangan lupa baca dari awal supaya tidak salah dalam proses silang ayam tersebut, karena proses ini memerlukan waktu yang lumayan panjang kurang lebih sekitar satu tahunan.

  • Langkah awal sebagai bahan dasar proses persilangan tahap satu yakni kita harus memilah dan memilih pejantan dan betina yang memiliki kelebihan katuranggan atau gaya tarung yang berbeda.misal si pejantan punya gaya tarung pukul K.O jangan dikawin dengan indukan yang mempunyai katuranggan atau gaya tarung yang sama hasil anakan nya pasti hanya mempunyai satu jurus atau satu katuranggan.Lebih bagusnya kita nyari indukan dengan pola tarung yang berbeda saran dari saya cari indukan dengan Pola teknik.jangan lupa cari indukan dan pacek yang umur nya lebih dari satu tahun.
  • Persilangan tahap ke dua, Ketikan keturunan pertama sudah menetas hingga tumbuh dewasa pilih salah satu pejantan dan betina yang menurut anda beda atau ada kelebihan di antara yang lain nya, disini kita sudah mempunyai dua bahan satu betina satu lagi pejantan.sibetina kita kawinkan dengan pacek pertama (ayahnya) guna memperkuat trah atau katuranggan sang ayah full diwariskan.
  • Langkah ketiga hampir sama dengan tahap kedua memilih keturunan dari hasil silangan antara ayah dan anak cuma yang beda disini kita pilih indukan atau betina nya saja. untuk langkah ini peran sang ayah tidak digunakan lagi melainkan digantikan sama sang paman (bahan kedua) tujuan nya supaya katuranggan sang ibu semuanya diwariskan ke cucu nya.Di Persilangan inilah kita akan mempunyai keturunan – keturunan ayam bangkok super Power.katuranggan sang ibu dan sang ayah akan kumpul disini kalau sudah punya biang atau betina proses nya seperti di jabar di atas maka jikalau kita silangkan dengan ayam bangkok lainnya walaupun ayam bangkok tersebut keturunan nya tidak jelas dijamin akan menghasilkan anakan yang berbakat.

 

Intisari dari proses penyilangan tersebut di atas ialah bagaimana caranya supaya trah atau katuranggan sang ayah dan sang ibu mewariskan kepada turunan nya secara full tidak setengah – tengah,Walaupun proses nya lumayan cukup  lama akan tetapi hasil nya sangat memuaskan.

Berikut Gambar ilustrasi  Proses Persilangan Ayam Bangkok Super Power  :

 

Demikian artikel ini saya buat berdasarkan hasil dari pengalaman pribadi bukan sekedar mengada ada.

Di artikel berikutnya saya akan membahas “Cara beternak ayam yang baik dan sehat,bebas dari penyakit musiman” baik itu ternak ayam aduan ataupun ternak ayam kampung dan jenis ayam yang lainnya.

sukses selalu buat para penghobi ayam bangkok di nusantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.