Cara Pemasangan Instalasi Listrik Yang Standar

Banyak yang menafsirkan dan juga mempunyai pengertian sendiri tentang apa sih maksud nya satu phase dan tiga phase. Tetapi dari uraian mereka kita tidak bisa mendapatkan hasil yang sangat memuaskan dan dipahami bersama.

Baiklah untuk itu saya akan menguaraikan kepada kamu agar dapat memahami apa sih yang sebenarnya pengertian dari listrik satu phase dan tiga phase.

  1. Pengertian Listrik Satu Phase

Listrik 1(satu) Phase ialah jaringan listrik yang hanya menggunakan 2 ( dua ) kawat,yang pertama sebagai kawat phase (L) dan yang kedua sebagai kawat neutral (N).  Umum nya listrik satu phase bertegangan 220 sampai 240 volt yang umum dipakai untuk pemasangan listrik kerumah-rumah. Listrik satu phase biasanya dipakai untuk listrik perumahan,Padahal listrik PLN di jalanan itu memiliki tiga phase,Akan tetapi listrik yang ada dirumah kita adalah hanya satu phase saja dikarenakan pemakaian nya kecil /tidak memakai daya yang besar. Contohnya yang dipakai kerumah kita adalah Phase R, tetangga kita mungkin Phase S, dan tetangga yang lain Phase T.

  1. Pengertian Listrik Tiga (3) Phase

Listrik 3 (tiga) Phase adalah jaringan listrik yang menggunakan 3 (tiga)kawat Phase (R,S,T) dan satu neutral (N) atau sering dibilang kawat ground.Listrik 3 (tiga) Phase yaitu ada 3 (tiga) kabel bertegangan listrik yang dipakai dan 1(satu) kabel neutral. Umumnya listrik 3(tiga) Phase bertegangan 380 volt yang sering digunakan Industri dan pabrik-pabrik di wilayah kita.Listrik 3(tiga) Phase ialah listrik AC (Alternating Current) yang memakai 3(tiga) kawat penghantar listrik yang mempunyai tegangan sama pada masing-masing Phasenya, tetapi berbeda dalam sudut curvenya sebesar 120 derajat.

Ada 2 (dua) katagori tekanan listrik yang dipakai dalam teknik 3(tiga) phase, yaitu :

  1. Tegangan listrik antar phase (Vpp : voltage phase to phase atau ada juga yang menggunakan istilah Voltage line to line)
  2. Tegangan listrik phase ke neutral (Vpn : Voltage phase to neutral atau Voltage line to neutral).
  • Kelebihan Memakai Listrik 3 phase yaitu :

Menyuplai daya listrik yang besar biasanya diperlukan oleh kalangan menengah keatas.Seperti Industri dan hotel menggunakan daya listrik yang sangat besar,sehingga membutuhkan jaringan listrik yang banyak.Listrik 3 (tiga) phase biasanya dibutuhkan untuk menggerakkan motor industri yang memerlukan daya besar dan untuk alat penggeraknya menggunakan komponen-komponen 3 (tiga) phase.

PEMASANGAN INSTALASI LISTRIK PADA RUMAH

Instalasi listrik adalah elemen-elemen listrik yang dipergunakan untuk sebuah penerangan oleh manusia.secara kelistrikan alat-alat listrik harus memenuhi syarat standar yang sudah ditentukan oleh PUIL atau Persyaratan Umum Instalasi Listrik.Apa saja yang dilakukan sebelum mengerjakan pemasangan instalasi listrik pada rumah.

Di bawah ini ada beberapa ulasan dan penjelasan tentang pemasangan instalasi listrik pada rumah,yaitu :

  1. Mengukur Luas Bangunan

Sebelum mengerjakan Langkah awal yang harus di perhatikan dalam pemasangan instalasi listrik rumah ialah menghitung dulu berapa luas bangunan rumah dan jumlah tempat pada rumah.Agar penerangan listrik sampai keseluruh tempat yang ada dirumah tesebut,harus mengetahui jumlah kabel yang akan dipasangkan,maka kita cari tahu dulu luas rumah serta jumlah ruangan pada rumah sebelum pemasangan dilakukan.Setelah mengetahui luas bangunan yang akan di pasang instalasi listrik,Langkah selajutnya kita menghitung berapa jumlah stop kontak dan saklar yang akan digunakan didalam rumah tersebut.

2.Besarnya Daya Listrik

Alat listrik yang paling penting dan jangan dilewatkan dari instalasi listrik sederhana rumah baru adalah miniature circuit breaker (MCB).Kegunaan MCB adalah untuk mengatasi beban yang berlebih.Dengan memakai MCB, Ketika terjadi arus pendek dapat segera menemukan dimana letak kesalahan pada waktu pemasangan instalasi listrik.Apabila pemakaian listrik dirumah besar, maka harus memakai MCB rumah lebih dari satu,  biasanya akan di buat group pada instalasi listriknya.Manfaatnya adalah pada saat terjadi kerusakan dan arus pendek, maka tidak akan menjalar ke instalasi listrik yang lain nya, atau bahkan menyebabkan kerusakan pada perangkat elektronik yang ada dirumah.ukuran kabel dan jenis kabel pun harus di sesuaikan dengan besarnya daya yang akan di gunakan dirumah tersebut.

  1. Alat-alat Instalasi Listrik

mempersiapkan material yang akan digunakan untuk memasang instalasi listrik rumah.Adapun apa saja yang harus dipersiapkan yaitu MCB dan box nya , kabel listrik, saklar, isolasi, stop kontak, pipa peralon listrik, T dos,klem peralon dan paku.

4.Kabel Instalasi Yang SNI (standar nasional Indonesia)

Mempersiapkan kabel-kabel yang akan digunakan,sesuai dengan yang sudah standar nasional Indonesia (SNI) dari jenis/merek kabel serta ukuran besarnya kabel yang akan dipasang dirumah tersebut.Untuk jenis/merek kabel di sesuaikan dengan rumah yang akan di pasang,tergantung besarnya daya  yang digunakan dirumah tersebut yang penting sudah standar nasional Indonesia (SNI).

  1. Cara pembuatan instalasi jalur listrik

Langkah selanjut nya setelah mempersiapkan alat-alat listrik yang akan dipasangkan.Memulai dengan menggambarkan,akan dari mana kita akan memulai pekerjaan nya.Pada prinsip nya dalam langkah-langkah pemasangan instalasi listrik tergantung kepada orang yang akan memasang nya. dalam pengerjaan instalasi listrik ada yang memulai dari depan rumah sampai ke belakang atau dengan sebaliknya.

  1. Pembobokan Untuk jalur Pipa PVC Listrik

Selanjut nya sebelum pemasangan pipa/peralon listrik,kita harus membobok bata dulu untuk menanam pipa listrik nya.karena keberadaan pipa listrik ada di dalam bata tersebut supaya tidak kelihatan nya pipa listrik nya.sampai bagian yang akan kita gunakan sebagai penerangan.

  1. Pemasangan Jalur Utama

Pemasangan jalur utama bisa dimulai dari MCB,jalur stop kontak,jalur lampu yang di hubungkan dengan saklar sampai selesai,yang akan kita pasang untuk penerangan lampu dan yang akan kita perlukan sesuai kebutuhan kita.

  1. Pemasangan jalur Kabel Untuk Stop kontak dan Saklar

Setelah jalur utama di pasangkan langkah selanjut nya kita menyambungkan kabel yang kearah stop kontak dengan jalur utama,Kemudian menyambungkan kabel antara jalur utama,saklar dan kabel  lampu untuk penerang.terus-menerus sampai selesai.

  1. Pemasangan Acesoris Stop kontak dan Paiting pelapon

Langkah selanjut nya setelah memasang kabel-kabel untuk stop kontak dan saklar untuk lampu yang berada di atas pelapon,Kemudian kita memasang acesoris nya stop kontak,saklar dan paiting pelapon nya untuk memasangkan lampu nya.

  1. Mengetes Pemasangan

Setelah selasai semua nya dari poin 1 sampai 9 kita melakukan pengetesan dan pengecekan apakah ada yang bermasalah atau tidak.ketika sudah nyala semua berarti pekerjaan kita sudah selesai.

Maksud Dari Pemasangan Instalasi Listrik Yang Standar :

-Untuk Menjaga dari Bahaya nya Kebakaran.

-Untuk Keamanan dan Kenyamanan.

-Dapat di Oprasikan Dengan Baik.

Kesimpulan nya baik untuk alat-alat listik dan pemasangan instalasi listrik harus sesuai dengan aturan yang sudah ada (SNI) agar tidak terjadi dengan hal-hal yang tidak di inginkan seperti kebakaran rumah akibat konsleting listrik.Apabila kita tidak bisa untuk mengejakan nya jangan memaksakan nya,kita bisa mencari orang-orang ahli dari instalatir listrik yang sudah teruji pengetahuan nya.

Demikianlah artikel pembahasan mengenai instalasi listrik, semoga bermanfaat untuk kita semua.Apabila ada kesalahan saya mohon maaf sebesar-besarnya. terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.