Iklim dan Keunikan Negara Jepang

Kali ini kita akan sedikit membahas salah satu  negara di benua Asia yaitu Jepang. Jepang sendiri merupakan negara kepulauan dengan terdiri atas 4000 pulau. Karena bentuk wilayah jepang yang  membujur dari utara ke selatan menjadikan kondidi iklim negara jepang bervariasai sesuai dengan lintangnya. Jepang memiliki iklim sedang dengan 4 musim yaitu Musim dingin, semi, panas, dan musim gugur. Musim panas di jepang dimulai pada sekitaran bulan juni, suhu pada musim panas itu bisa mencapai 35° C dengan tingkkat kelembapan lebih 90%. Pada kurun waktu itu ditandai dengan pohon-pohon yang hijau dan ada juga suara serangga yang bising, dan uniknya selama satu bulan ketika musim panas sekolah-sekolah dijepang diliburkan atau biasa di sebut liburan musim panas. Dan biasanya para penduduk juga pergi berlibur kepantai untuk sekedar berjemur. Sedangkan untuk musim semi sendiri dimulai sekitaran bulan maret dan akan ditandai dengan munculnya kuncup bunga plum untuk beberapa waktu lalu setelah bunga plum berakhir kemudian timbulah bunga sakura.

Negara jepang identik dengan industri otomotif nya yang produknya tersebar ke seluruh belahan dunia termasuk juga ke indonesia, jadi jangan aneh bila di setiap negara kita pasti bisa melihat kendaraan bermotor produksi jepang berlalu lalang. Kadang timbul sebuah pertanyaan, mengapa sektor industri negara jepang bisa maju?? Jawabannya adalah  inustri jepang bisa maju dengan pesat karena ditunjang oleh perlengkapan pabrik yang sangat modern dan di dukung juga oleh satuan organisasi yang teratur (sistem proteksi), upah buruh yang rendah  menjadikan jepang untuk menggunakan tenaga kerja anak dan wanita, lalu adanya politik dumping yaitu dimana ada kebijaksanaan/politik menjual barang-barang sektor industri di luar negeri dengan harga yang lebih murah ketimbang harga di dalam negeri. Ada 3 daerah perindustrian terpenting dijepang yang dijelaskan berikut :

  1. Daerah Industri Keihin

Daerah industri keihin ini terletak di dataran Kanto sekitar teluk Tokyo. Daerah ini merupakan salah satu kawasan industri yang penting dan juga terluas di jepang. Kawasan ini meliputi industri baja, mobil, besi, galangan kapal, arus listrik dan elektronika, kimia, tekstil, kamera, penyulingan minyak, kertas dan percetakan. Kota industrinya adalah Tokyo, kawasaki, dan Yokohama.

  1. Daerah Industri Hansin

Daerah hansin letaknya ada didaratan kinki di sekitaran teluk Osaka, kota industri daerah hansin ini bisa di jelaskan sebagai berikut: Osaka adalah kota industri terbesar dijepang, kyoto merupakan kota industri kerajinan logam, industri kain sutra dan industri mainan anak-anak, serta ada KOBE di sini merupakan kota industri galangan kapal, mobil, besi baja, mesin, penyulingan minyak, alat lisrik dan kimia.

  1. Daerah Industri Chukyo

Daerah chukyo terletak di dataran Nobi, dengan kota-kota industrinya adalah : Nagoya di kota ini merupakan kota industri penghasil pesawat terbang, barang elektronik, kereta api, dan lokomomtif. Hamamatsu adalah kota industri alat permusikan. Sedangkan Kitakyushu yang terletak di bagian utara pulau kyushu ada dua kota yaitu Yotawa dan Nagasaki. Kota Nagasaki  merupakan kota industri galangan kapal sedangkan kotaYotawa adalah kota industri baja terbesar di jepang.

Penduduk asli jepang adalah suku Ainu yang tinggal di pulau hokaido, tetapi sekarang penduduknya sudah merupakan campuran dengan  bangsa dari Asia Utara, Mikronesia dan tiongkok selatan. Mereka tergolong suku bangsa  berkulit kuning alias bangsa mongol. Pemerintahan Jepang adalah negara monarki parlementer dengan kepala negaranya Kaisar tetapi disini kepala negaranya tidak memegang pemerintah, tetapi di pegang oleh perdana menteri. Kekuasaan legislatif punya sistem bikameral yang terdiri atas wakil rakyat yang di tentukan oleh pemilihan dan wakil rakyat yang terdiri atas utusan dalam negeri. Kebudayaan jepang sendiri banyak sekali terpengaruh okeh kebudayaan dari cina tetapi sebenarnya dari dua kebudayaan tersebut punya banyak perbedaan, beberapa kebudayaan jepang yang terkenal adalah Canoya atau upacara minum the, judo jeijutsu, ekebana, kabuki, dan jokeri.

Di bidang agamanya jepang mengenal dengan istilah Shintoisme yang menunjukan perpaduan antara penyembahan pada dewi matahari Amaterazu dan arwah nenek moyang. Tapi agama shinto hanya dipeluk oleh warga jepang asli. Disetiap rumah orang jepang pasti terdapat altar, yang nantinya altar tersebut digunakan untuk tempat pemujaan shinto yang mengajarkan jiwa Tenno ialah penjelmaan Dewa Matahari. Oleh karena itu jepang dijuluki negeri matahari terbit. Disamping shinto di jepang juga ada agama lainnya seperti, Islam, Kristen Dan Khatolik tetapi penganut dari agama-agama tadi sangat sedikit bila dibandingkan agama Shinto. Dan jepang terkenal karena kedisiplinan yang tinggi, kerja keras dan pantang menyerah.

Jepang tidak hanya terkenal dari segi industri saja, dan di jepang pun perekonomian mereka terbagi dalam beberapa sektor, lantas apa saja per ekonomian di jepang yang menjadi sumber kehidupan penduduk negara jepang :

  1. Sektor Pertanian

Walaupun jepang negara yang sangat maju dari sektor industri, tetapi jepang masih tetap mengusahakan di bidang pertaniannya. Bidang ini masih menjadi peranan penting sebagai sumber pendapatan negara, areal pertanian dijepang memiliki luas kurang lebih 16% dari total keseluruhan wilayah kepulauan jepang. Sebenarnya sebagian wilayah jepang bergurun dan tanahnya kurang subur. Akan tetapi negara jepang masih mampu untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dari keterbatasan tanah yang ada. Hal itu dapat dicapai berkat ilmu pengetahuan dan teknologi yang modern secara intensif dan baik. Hasil pertanian jepang yang terkenal antara lain, tembakau, teh, beras, sorgum, gandum, ubi manis dan kentang. Sedangkan untuk hasil perkebunan jepang menghasilkan jeruk manis, apel, kurma dan anggur.

  1. Peternakan

Dalam bidang pertenakan sebenarnya jepang kurang begitu maju, semua ini bukan tanpa sebab, karena tanah di jepang yang kurang luas serta tidak terdapat padang rumput yang luas. Untuk budi daya ulat sutra di jepang sangatlah maju. Oleh karena itu jepang dikenali sebagai negara penghasil sutra terbesar di dunia.

  1. Perikanan

Berbeda dari sektor peternakannya, untuk sektor perikanan negara jepang sangat maju dengan pesat. Untuk menangkap ikan para nelayan di jepang menggunakan kapal besar dengan di bekali peralatan modern. Di dunia sendiri, armada perikanan cukup terkenal. Untuk daerah operasi nya para nelayan jepang ini berlayar sampai ke kutub utara untuk menangkap ikan paus. Wahh lumayan jauh juga ya.

  1. Pertambangan

Jepang memiliki sektor pertambangan yang menghasilkan bijih besi dan batu bara yang terletak di pulau Honshu (industri beratnya berpusat di kyushu). Untuk memenuhi kebutuhannya jepang mengimpornya dari negara filiphina, Tiongkok, india, dan manchuria. Hasil tambang tembaga, khroom, emas, timah hitam, seng, perak, mangan dan belerang sangat kecil, jadi untuk mencukupi keperluannya jepang di kirim dari pertambangan negara lain. Selain itu, jepang pun berusaha mengadakan kerjasama menggali bahan tambang di negara-negara lainnya dengan cara bagi hasil, misalnya penambangan minyak bumi di lepas pantai indonesia.

Jepang adalah surga bagi para wisatawan juga lohh…jadi kapan nih kita bisa berkunjung dan berwisata ke sana?. Pasti akan banyak pengalaman menarik yang akan kita dapatkan sesampainya jika kita sudah ada disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.