Kecantikan Perona Mata, Pipi Dan Bulu Mata

Aneka warna dapat digunakan untuk rias mata.Namun pilihan dengan paduan yang harmoni, akan tampil dengan serasi.Dan karena bentuk mata berbeda, beda pula cara memulasnya.

Kelompok warna.

Warna-warna secara keseluruhan dapat dibagi dalam dua golongan, yaitu kelompok biru (blue harmony) dan kelompok jingga (orange harmony).Warna-warna yang termasuk dalam golongan kelompok biru adalah :

  • Biru
  • Hitam
  • Ungu
  • Hijau tosca
  • Pink
  • Putih
  • Kuning

Sedang warna-warna yang termasuk dalam kelompok jingga adalah :

  • Jingga
  • Emas
  • Coklat
  • Hijau lumut
  • Kuning
  • Merah tua
  • Merah ati

Beberapa warna perona mata dapat di padukan pada pembubuhannya berdasar pengelompokan di atas, hingga rias mata tampil dengan serasi.

Cara pembubuhan.

Karena bentuk mata pun bermacam-macam , maka pembubuhan perona mata pun dengan cara yang berbeda-bedapula.

Untuk mata yang tidak mempunyai lipatan atau biasa disebut kubil.

Perona mata warna gelap (biru atau coklat) di bubuhkan secara merata pada kelopak mata dalam.Pembubuhan warna gelap dengan cara “block”ini memberi kesan kelopak mata tampak lebih dalam atau lebih cekung.Kemudian di bawah alis (pada tulang mata) di beri warna lebih terang (kuning atau coklat kekuningan), yang member kesan tulang alis lebih menonjol, sedang pada sudut mata dalam dengan warna pink atau jingga kecoklatan.

 

Untuk mata dengan tulang mata menonjol.

Perona mata warna gelap (biru atau coklat) hanya bubuhkan padda sudut luar mata saja, sedang pada kelopak mata bagian dalam di beri warna lebih muda (pink atau jingga kecoklatan), agar kelopak mata tampak lebih menonjol,mengurangi kesan terlalu cekung karena tulang mata yang terlalu menonjol.Pada garis lipatan kelopak mata digoreskan perona mata warna gelap secara tipis saja.

Untuk mata dengan lipatan mata kecil atau sempit.

Lipatan mata yang sempit ini dapat di perlebar dengan bantuan scotch tape atau selotip khusus, yang di tempelkan pada garis lipatan mata untuk menarik lapisan kulitnya ke atas sehingga kelopak mata tampak lebih besar. Setelah itu baru di bubuhkan perona mata warna pink atau jingga untuk kelopak mata dalam, tidak melebihi sudut luar mata dan lipatan kelopak mata baru (scotch tape). Perona mata warna gelap , biru atau coklat, di oleskan pada sudut luar mata ( scotch tape) untuk memperoleh kesan kelopak mata yang cekung. Sedang di bawah tulang mata hingga sudut mata dalam di bubuhkan warna terang kuning atau kuning kecoklatan.

Untuk mata normal.

Pada kelopak mata dalam di bubuhkan warna pink atau jingga kecoklatan dan pada sudut mata serta pada lipatan kelopak mata keatas di beri warna lebih gelap, biru atau coklat. Agar mata tampak lebih cerah bercahaya, di bubuhkan warna terang sebagai highlighter: Kuning atau kuning kecoklatan, sedang pada tulang mata bagian dalam diberi warna pink atau jingga kecoklatan.

Macam-macam bentuk perona pipi

Berbentuk bubuk padat.

Perona ini terdiri dari bubuk-bubuk halus sehingga memudahkan pemakaiannya.Gunakan kuas yang besar dan berbulu halussetelah pemakaian bedak untuk mendapatkan hasil yang maksimal.Bentuk bubuk padat ini merupakan pilihan yang terbaik untuk jenis kulit normal dan berminyak.

Berbentuk krem.

Sapukan , dengan lembut pada bagian bawah tulang pipi.Bentuk krem ini berfungsi untuk memberi cahaya pad arias wajah.Kenakan setelah pemakaian alas bedak, sebelum bedak di bubuhkan.Dengan demikian perona pipi dapat meresap dan berbaur dengan alas bedak, sehingga hasilnya prima.Perona pipi jenis krem ini cocok untuk kulit jenis normal dan kering.

Berbentuk cair atau jelly (agar-agar).

Padukan perona yang berwarna transparan setelah pemakaian alas bedak.Tambahkan perona yang mengandung kilap (bentuk bubuk padat) setelah pemakaian bedak sebagai sentuhan akhir.

 

 

Perlu diketahui tentang perona pipi.

  • Jangan membubuhkan perona pipi untuk menutupi atau menyamarkan lingkaran hitam di daerah bawah mata.Hal ini justru akan membuat wajah tampak mengecil dan membengkak.
  • Jangan mengenakan perona pipi untuk menutupi bagian hidung yang kurang sempurna.Hal ini dapat menyebabkan wajah tampak tertutup dan redup.
  • Jangan sekali-kali membubuhkan perona pipi terlalu jauh dari tulang pipi sehingga kesannya seolah-olah menggambar wajah.

 

 

Membubuhkan perona.

Jangan menggunakan perona untuk mempertajam bentuk wajah, sehingga garis yang terjadi akan tampil tebal dan menyolok.Perona pipi hanya berfungsi sebagai sentuhan yang dapat memberikan kecerahan pada kulit wajah.

Beberapa trik di bawah ini dapat di pakai sebagai patokan dalam membubuhkan perona pipi.

  • Wajah berbentuk bulat.

Wajah yang bulat akan tampak langsing bila pembubuhan perona pipi di baurkan pada tulang pipi dan hanya pada puncak tulang pipi.

  • Wajah berbentuk lonjong.

Wajah yang sempi dapat memperoleh kesan yang agak lebar bilapembubuhan perona pipi di kenakan pada bagian tepi telinga lalu baurkan kea rah pipi sebatas bawah puncak tulang pipi.

  • Wajah berbentuk hati.

Wajah yang cenderung berbentuk segitiga akan tampak sempurna dan lebih seimbang bila pembauran perona pipi tepat pada tulang pipi dan keluar arah telinga.Coba pula bubuhkan sedikit perona pada kening di atas sudut mata.

  • Wajah berbentuk persegi.

Wajah berbentuk persegi dapat menjadi lembut dengan pemakaian perona pada bagian tepi telinga dan dibaurkan ke dalam pipi.

 

Bulu mata.

Sentuhan akhi pada helai-helai bulu mata ternyata dapat mengundang daya tarik dalam penampilan.

Bulu mata lentik.

Jika bagian putih pada mata tidak di bayangi oleh bulu mata yang lurus,maka ia akan tampak lebih bersih, putih dan cemerlang.Sebaris bulu mata yang lentik juga menarik kesan kelopak mata yang besar dan indah.Bila tidak dikaruniai bulu mata lentik, gunakan alat penjepit khusus untuk melentikannya.

Apabila memakai kacamata sebaiknya melentikan bulu matanya untuk menjaga agar helai-helai bulu mata tidak mengenai lensa kaca.Jepitlah bulu mata dengan alat peletik.Tekan perlahan-lahan biarkan hingga sepuluh hitungan lalu lepaskan perlahan-lahan.

Pengertian bulu mata.

Teknik melentikan bulu mata yang bertahan cukup lama (sekitar enam bulan ) adalah pengeritingan.Proses pengerjaan sama dengan pengeritingan rambut kepala.Akan tetapi kadar larutan pengeritingan jauh lebih lunak dari larutan pengeritingan rambut kepala.Untuk mencegah kemungkinan terjadi iritasi di kulit sekitar mata, sebelumnya krem pelindung di poleskan terlebih dahulu. akan tetapi teknik ini hanya dapat di kerjakan para ahli di salon-salon terttentu.Jangan sekali-kali mengerjakannya sendiri.Daerah sekitar mata sangat sensitive karenanya pengerjaan harus dilakukan dengan professional dan sangat hati-hati.

Lebat dan hitam.

Seandainya tidak menggunakan rias mata, cukup perindah saja bulu mata.Lentikan dengan penjepit dan bubuhkan sedikit mascara untuk membuatnya lebih hitam.Tanpa mascara, mata yang indah pun akan tampak kurang hidup. Dan produk ini mampu membuat bulu mata tampak lebat dan hitam.

Mascara yang berwarna hitam dan coklat cocok di gunakan oleh kebanyakan wanita. Biasanya di lengkapi tangkai berbentuk spiral atau sikat halus untuk memudahkan penggunaannya. Tangkai yang halus berfungsi sebagai pemberi warna, sedangkan sikat memisahkan helai-helai bulu mata yang saling menempel, hingga hasilnya tampak alami.

Jika menemui kesulitan untuk membubuhkan mascara pada bulu mata bagian bawah, letakkan sehelai kertas tissue di bawahnya lalu poleskan krem maskara.

Cara membubuhkan maskara.

  • Bulu mata atas.

Miringkan kepala kedepan dan biarkan mata setengah terbuka.Sentuhkan maskara di atas bulu mata, lalu sapukan perlahan-lahan mulai dari pangkal sampai ke ujung bulu mata.Setelah itu miringkan kepala kebelakang.Buka mata lebar-lebar dan sentuhkan maskara di bawah bulu mata, dari pangkal ke ujung.

  • Bulu mata bawah.

Untuk pembubuhan helai-helai bulu mata di bawah mata,kembali miringkan kepala ke depan, dan gunakan ujung tangkai maskara untuk menyapunya.

Pemakai lensa kontak.

  • Setelah maskara disapukan, pisahkan helai-helai bulu mata dengan menggunakan sikat yang halus.
  • Agar bulu mata tampak lebih lebat,biarkan maskara mongering selama satu menit, kemudian bubuhkan sedikit bedak pada bulu mata.Setelah itu sapukan kembali maskara untuk kedua kalinya.
  • Bulu mata asli akan tampak pucat pada ujungnya bila terkena sinar matahari.karena itu, tutupilah dengan maskara.
  • Jika pergi ke pantai gunakan maskara yang tahan air untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
  • Untuk rias malam yang mempesona setelah menggunakan maskara warna hitam atau coklat tua sebanyak satu atau dua sapuan, bubuhkan maskara berwarna hitam zamrud atau biru safir pada ujung bulu mata.
  • Jangan lupa menghapus maskara dengan kapas dan baby oil sebelum tidur pada malam hari.Selain member kesempatan istirahat pada mata, bulu mata pun bersih dan tidak akan mudah patah atau rontok.

Agar alis mata tampak alami.

  • Jika alis mata lebat, cukup disikat saja menggunakan sikat khusus, agar tampak rapi di samping dapat menghilangkan sisa-sisa bedak atau perona mata yang mungkin menempel disana.
  • Jika bulu alis tipis dan jarang. Pertama-tama bubuhkan menggunakan kuas khusus perona mata berbentuk bubuk padat dan warna gelap, misalnya abu-abu tua, atau coklat tua.tekan perlahan-lahan sepanjang alis.Perona mata ini akan mengisi sela-sela bulu alis yang tipis dan juga memberi warna.Baru setelah itu , gunakan pensil alis berwarna hitam atau coklat tua untuk lebih memperjelas bentuknya.Jangan dengan ujung pensil tetapi gunakan “sisi” pensil alis untuk menggoresnya.Terakhir, sikat dengan arah ke atas.

 

Demikian ulasan tersebut  diatas, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

jangan lupa share dan coment.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.