Letak Benua Afrika Secara Geografis

Secara letak geografisnya benua afrika berbatasan dengan Laut Merah dan Laut Tengah, serta 2 (dua) Samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Atlantik

  1. Karakteristik Benua Afrika

Benua Afrika adalah merupakan Benua terluas ke-2(dua) di bumi.Wilayah Benua Afrika menempati seperlima luas daratan di permukaan bumi. Benua Afrika juga biasa disebut Benua Hitam. Hal ini karena Sebagian besar penduduk nya berkulit hitam. Sebagian besar wilayah Benua Afrika merupakan bekas jajahan Eropa terutama Inggris,Prancis dan Belgia. Sebagian besar Negara-negara di Benua Afrika baru merdeka dalam kurun waktu 50 tahun terakhir.

a.Letak Benua Afrika

Benua Afrika letak secara Astronomis yaitu Terletak antara 51°24´BT (Bujur Timur) – 17°BB (Bujur Barat) dan 37°21´LU (Lintang Utara) – 34°LS (Lintang Selatan). Adapun Penjelasan secara geografis, Benua Afrika secara geografis yaitu berbatasan dengan Laut Merah dan Laut Tengah, serta 2 (dua) Samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Atlantik. Dilepas Pantai Samudra Fasisifik terdapat Pulau Madagaskar yang merupakan pulau terbesar ke-4 (empat) di dunia.

  1. Alam Benua Afrika

Di Benua Afrika alam nya adalah Gurun Pasir, Gurun Pasir yang terluas yaitu Sahara. yang Gurun Sahara yang terletak dibagian Utara Benua dan juga mengaliri Sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil. Dibagian Tengah Benua terdapat hutan belantara di hutan ini hidup bermacam-macam binatang yaitu seperti Gajah, Badak dan Jerapah terbesar didunia yang hidup dihutan Afrika.

Daratan Tinggi yang berada didaerah bagian Afrika Selatan. di bagi menjadi 2 (dua) yaitu Afrika Atas dan Afrika Bawah.  Dibagian Timur Benua Afrika terdapat Lembah yaitu salah satu Lembah nya yang terkenal adalah Lembah Retak Besar atau Great Rift Valley.Lembah tersebut memanjang dari Suriah dan Yordania melalui Laut Merah sampai ke Sungai Shire,di daerah Lembah juga terdapat Danau-danau penting yaitu Danau Viktoria,Danau Tanganyika,Danau Malaus dan Danau Turkana.Di daerah Lembah Retak Besar juga terdapat rangkaian Gunung Api,puncak tertinggi dari Gunung Api tersebut adalah Gunung Kilimanjaro.

  1. Pembagian Wilayah di Benua Afrika

Benua Afrika mempunyai 4(empat) wilayah, yaitu Afrika Utara,Afrika Timur,Afrika Barat,Afrika  Selatan:

  1. Afrika Utara
No Nama Negara Ibu Kota
1. Mesir Kairo
2. Libya Tripoli
3. Tunisia Tunis
4. Maroko Rabat
5. Aljazair Aljir
6. Sahara Barat El Aainun
7. Tunisia Tunis

 

  1. Afrika Timur
No Nama Negara Ibu kota
1. Ethiopia Addis Ababa
2. Somalia Mogadishu
3. Kenya Nairobi
4. Uganda Kampala
5. Rwanda Kigali
6. Tanzania Do Doma
7. Burundi Bujumbura
8. Djibouti Djibouti
9. Sudan Khartum
10. Sudan Selatan Juba
11. Eritrea Asmara

 

  1. Afrika Barat
No Nama Negara Ibu Kota
1. Nigeria Abuja
2. Mauritania Nouakchoot
3. Senegal Dakar
4. Gambia Banjul
5. Guinea Bissau Bissau
6. Sierra Leone Freetown
7. Liberia Monrovia
8. Ivory Coast Abijan
9. Guinea Konakri
10. Ghana Akra
11. Burkina Faso Ouagadougou
12. Togo Lome
13. Niger Niamey
14. Mali Bamako
15. Benin Porto NoVo

 

  1. Afrika Selatan
No Nama Negara Ibu Kota
1. Angola Luanda
2. Namibia Windhoek
3. Botswana Gaborone
4. Zambia Lusaka
5. Zimbabwe Harare
6. Malawi Lilongwe
7. Mozambik Maputo
8. Lesotho Maseru
9. Republik Afrika Selatan Pretoria
10. Swaziland Mbabane
11. RepublikMadagaskar Antananarivo
12. Komori Moroni

 

  1. IklimBenua Afrika

Iklim di Benua Afrika banyak yang seragam ditandai dengan suhu panas sepanjang tahun. Perbedaan suhu antara musim penghujan dengan musim kemarau sangat kecil, namun perbedaan suhu antara siang dan malam hari sangat mencolok. Curah hujan di dekat dengan garis khatulistiwa tinggi.musim kemarau berlangsung lama dan berlangsung hebat.khususnya di Gurun Sahara dan Gurun Kalahari.Di wilayah Gurun tersebut hampir tidak pernah mengalami turun hujan.Makin jauh dari garis khatulistiwa iklimnya terus berubah, iklimnya ditandai dengan musim panas yang sangat panas dan musim dingin tidak terlalu dingin dengan di sertai turun nya hujan.

  1. Flora dan Fauna

Keadaan Flora dan Fauna di Benua Afrika beradaptasi dengan kondisi iklimnya. Di Kawasan hujan Tropis di bagian Afrika tengah terdapat variasi tumbuhan dan hutan, hujan yang sangat lebat pada waktu musim nya.dibagian Afrika Utara dan Afrika Selatan adalah subtropics terdapat Stepa dan Sabana yang luas. Sedangkan di Kawasan Gurun nya hanya terdapat Stepa dan Tumbuhan Kaktus. Kondisi alam Benua Afrika sangat mendukung penyebaran Fauna nya, terutama hewan mamalia besar. Fauna khas Afrika yaitu Addax,Jerapah,Zebra,Antilop,Kuda Nil,Badak dan Kuda. Meskipun mempunyai kemiripan fisik dengan hewan-hewan sejenis yang berada di Benua Asia, namun hewan-hewan di Benua Afrika memiliki ukuran tubuh yang relatip lebih besardari pada hewan-hewan yang berada sejenis di Benua Asia.

  1. Jumlah,persebaran dan pertumbuhan penduduk

Jumlah penduduk Benua Afrika pada pertengahan tahun 2017 kurang lebih 1.250.000.000 jiwa.Daerah Kawasan yang sangat padat penduduk nya adalah Lembah Sungai Nil (Mesir). Penduduk Benua Afrika yaitu asal Bangsa Negro yang tersebar di seluruh dunia.Kebudayaan nya berbeda-beda dan sangat bervariasi seperti Agama,Budaya,Bahasa dan Suku-suku yang berbeda-beda,sebagai berikut :

  1. Bangsa Negro

Bangsa Negro merupakan penduduk utama berkulit hitam sehingga Afrika disebut juga Benua Hitam. Berdasarkan Bahasa nya,Bangsa Negro digolongkan menjadi 2(dua) golonganyaitu :

  1. Bangsa Negro Sudan mempunyai ciri-ciri kulit coklat tua,bibir tebal,hidung pesek besar,berada di Kawasan sebelah Selatan Sahara.
  2. Bangsa Negro Bantu memiliki ciri-ciri kulit lebih muda,hidung tidak begitu besar/pesek,berada di Kawasan ujung Selatan Sahara.
  3. Bangsa Hottentot Bushmen

Bangsa Hottentot Bushmen banyak mendiami Afrika Barat Daya. kedua nya Bersama-sama dengan bangsa Pygmee bertempat tinggal di hutan-hutan wilayah Kawasan Kongo, Di perkirakan 3 (tiga) suku bangsa itu merupakan penduduk asli Afrika. Mereka terdesak oleh bangsa-bangsa pendatang yang lain, terutama oleh bangsa kulit putih.

  1. Bangsa KulitPutih

Bangsa Kulit Putih di Afrika terdiri atas 3 (macam) yaitu Bangsa Hamit,BangsaSemit dan Bangsa Indo-Eropa.

  1. Bangsa Hamit adalah Bangsa yang terdiri atas Bangsa Tuareg yang mendiami Sahara Sebelah Barat.Bangsa Fulbe atau Fellata mendiami wilayah Sudan bagian Barat dan Tengah Afrika. Bangsa Berber mendiami wilayah sekitar tanah Atlas.Bangsa Mesir, golongan Fellah berdiam di desa-desa dan golongan Kopta berdiam di kota-kota.
  2. Bangsa Semita dalah Bangsa yang terdiri atas Bangsa Yahudi dan Arab yang terpencar di Afrika Utara,terutama dikota-kota,Bangsa Arab mendiami wilayah Afrika Utara dan di sepanjang pantai Timur Afrika.
  3. Bangsa Indo-Arab adalah Bangsa yang terdiri atas Bangsa Jerman yaitu Belanda,Jerman,Inggris dan Bangsa Roma yaitu Bangsa Itali dan Spanyol.kedua golongan Bangsa Jerman dan Bangsa Roma itu datang ke Afrika sebagai penjajah.Umum nya berada di Afrika Selatan dan daerah Barbaria, penduduk Afrika menganut Agama dan Bahasa yang beragam.
  4. Perkembangan Negara-Negara di Benua Afrika
  5. 1. Negara Mesir

Perekonomian Negara Mesir mengandalkan bidang pertanian yang pengairannya di tentukan oleh bendungan Aswan dari Sungai Nil,sekitar 50% tenaga kerja yang ada, bekerja di bidang pertanian. Hasil dari pertaniannya berupa kapas,padi,sayuran,tebu dan buah-buahan sebagai bahan ekspor terbesar. Industri Mesir, yang lain menghasilkan tekstil, kimia, baja, semen dan pupuk. Hasil tambang Mesir berupa minyak bumi, bijih besi, fosfat, garam dan mangan. Ladang minyak nya terdapat di Pantai Barat Sinai dan Teluk Suez. Alat Transportasi yang digunakan ialah (angkutan) air utama Mesir dilakukan melalui Sungai Nil dan terusan Suez.

 

  1. 2. Negara Nigeria

Nigeria berbatasan dengan Niger (utara), Cad dan Kamerun (timur), Teluk Guinea (selatan), Benin (barat).Luas negara Nigeria 923.768 km2.Nigeria terdapat di pantai barat yang rendah.Ketinggian rata-rata daerah di Nigeria adalah 300m di atas permukaan laut.Daerah paling tinggi terdapat di pegunungan bagian timur yang berbatasan dengan Kamerun.Disana terletak dataran tinggi Adamawa dengan ketinggian 1.500 m. Daratan tinggi yang lain, yaitu Jos berada dibagian tengah dengan ketinggian 1.800 m.Gunung-gunung nya,antara lain Gunung Vogel (2.042m) dan Bukit Share (1.780m).Sungai penting yang mengalir di negara Nigeria adalah Sungai Niger dengan anak sungai ut ama sungai Benue.Nama sungai Niger,di jadikan nama Nigeria.Dengan panjang4.180 km,Sungai Niger menjadi salah satu diantara sungai terpanjang di dunia.

Nigeria beriklim tropis karena terletak di daerah Lintang rendah. Suhu sepanjang tahun cukup tinggi, tetapi makin ke utara iklim nya makin kering. Sebagian besar daerah Sabana nya banyak terdapat jenis Lalat Tsetse. Apabila menggigit hewan ternak. lalat ini dapat menularkan penyakit  tidur. Oleh karena itu,peternakan di daerah ini tidak berkembang. Di dalam hutan belantara Tropis di selatan, musim panas nya sangat panas dan lembab dengan curah hujan lebih dari 250 cm.

Musim panas itu terjadi pada bulan April-Oktober.Daerah Sabana di sebelah utara jauh lebih kering. Pada musim dingin dari bulan November sampai maret, bertiup angin kering dan panas yang disebut Harmattan. Angin tersebut bertiup ke selatan dari Gurun Sahara dengan membawa endapan pasir dan debuhalus. Di Nigeria terdapat  lebih dari 200 sukubangsa. Di antara suku-suku yang besar jumlah nya terdapat Suku Hausa Yoruba Ibo, dan Fulani, sisanya merupakan suku-suku yang kecil jumlah nya, seperti suku Ibibio, Kanuri, Edo, Tiv dan Bura.

  1. Negara Kenya

Penduduk Kenya adalah Sebagian besar petani. Pertanian nya adalah kopi, teh dan sisal. Perternakan nya yang di kembangkan adalah sapi,domba,kambing dan unta. Kenya salah satu penghasil susu di afrika. Dibidang pariwisata juga berkembang baik. Iklim yang nyaman dan banyak nya suaka margasatwa sebagai negara tujuan wisata.

Sekian pembahasan kali ini mengenai benua afrika yang bisa menambah wawasan kita. Semoga bias bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.