Macam dan Fungsi Perangkat Media Penyimpanan Data pada Komputer

 

  1. Media Penyimpanan Data (Backing Storage)

 

Media penyimpanan data (Backing Storage) adalah alat untuk menyimpan data hasil dari input disebut juga dengan media simpan elektronik atau disebut drive. Drive juga mempunya fungsi untuk memberi alamat pada drive tersebut.

Contoh:

  • Alamat drive A untuk floppy disk, untuk menyimpan data ke dalam disket
  • Alamat drive C untuk system Operasi, untuk menyimpan data program system ke dalam hard disk.
  • Alamat drive D untuk lokal Drive sama dengan hard disk.
  • Alamat drive E untuk CD-Drive/CD ROM atau DVD ROM.
  • Alamat drive F untuk external hard ware seperti flash disk USB, memory card USB.

 

 

  1. “Media Penyimpanan (Backing Storage) macam dan Fungsinya

 

Berikut adalah beberapa media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data dan program:

  1. Penyimpanan internal (media penyimpanan utama)

Penyimpanan internal (Internal storage) merupakan jenis media penyimpanan yang dapat menyimpan informasi yang kemudian dapat diakses kembali. Contohnya adalah RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory).

 

  1. Penyimpanan luar (media penyimpanan cadangan)

Contoh Penyimpanan Luar (external storage) adalah floppy disk, CD-ROM, atau DVD-ROM, dan hard disk. Floppy disk atau disket merupakan alat yang untuk membaca (read) dan menulis data (write). Flopy Driver adalah Alat yang digunakan untuk membaca dan menyimpan data pada floppy disk. Ukuran fisik disket 5% Inci HD dan 3½2 Inci HD. Kapasitas penyimpanan nya adalah 1,44 MB dan 1,2 MB. Alamat drivernya di A: atau B: (1 byte = ± 1 huruf).

 

CD-ROM digunakan untuk penyimpanan data source program. Media ini banyak juga digunakan untuk menyimpan file musik dan atau film (VCD). Alat untuk membaca (read) dan menulis media simpan file (write).

CD-ROM atau CD-Drive (read/read write). Kapasitas penyimpanannya sebesar 640 megabyte. Alamat drivernya di E Atau D

 

Hard disk merupakan alat untuk menyimpan file program sistem dan file data dengan kapasitas. penyimpananya mulai dari ratusan megabyte hingga puluhan gigabyte.

 

Flash Disk, Media penyimpanan yang telah menggunakan teknologi USB (Universal Serial Bus), flash disk sebagai media penyimpanan yang lebih unggul, karena dapat memuat data minimal 128 MB.”

 

  1. Ciri-Ciri Penyimpanan Media Data

 

  1. Media penyimpanan data utama yang disebut (internal storage)

Adalah termasuk ke dalam jenis media penyimpanan elektronik dengan ciri – ciri sebagai berikut:

  • Secara keseluruhan proses operasinya bersifat elektronis, sehingga operasinya sangat cepat.
  • Karena operasinya yang elektronis, hampir semua data bisa diakses dari memori utama. Karena kecepatan aksesnya yang tinggi dapat membantu cepatnya dalam pemrosesan. Dalam waktu kurang lebih sepersejuta detik suatu item data dapat di-reload atau panggil kembali.

 

  1. Media penyimpanan data cadangan disebut juga (external storage)

Di bawah termasuk jenis media external storage, adalah sebagai berikut:

 

  • Magnetic disk

Magnetic disk (disket magnetis) atau lebih dikenal dengan floppy disk memiliki ciri – ciri:

  • Diberi segel secara permanen dalam tempat plastik yang protektif secara tipis dan bersifat keras.
  • Penyimpanan Data dalam track.
  • Umumnya berukuran lima ( 5% ) Inci dan tiga setengah ( 3½ ) Inci.
  • Kapasitasnya penyimpanan berkisar dari 1,2 MB sampai 1,44 MB.
  • Bisa dipergunakan sebagai media penyimpanan data cadangan yang akan diinput ke system lain pada komputer.

Saat ini disket sudah jarang  sekali dipakai. Orang lebih banyak menggunakan CD atau flash disk.

 

  • Optic disk

Optic disk memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Menggunakan laser untuk menulis (write) dan Membaca (read) data.
  • Dapat digunakan untuk menyimpan data dengan kapasitas yang sangat besar.
  • Dapat membaca data lebih cepat.

 

  • Flash disk

Flash disk mempunyai teknologi USB (universal serial Bus). Untuk yang terkecil penyimpanan datanya berukuran Min. 128 MB.

USB adalah teknologi untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti printer, scanner, mouse, keyboard, kamera digital, alat penyimpan data (zip drive), flash disk, atau perangkat lainnya ke komputer kita. USB sangat mendukung transfer data sebesar 12 Mbps (satu juta bit per detik). Untuk Komputer (PC) atau laptop saat ini, sudah disertakan Port USB. Biasanya akan disediakan minimal 2 port. Jika dibandingkan dengan paralel port dan serial port, USB lebih mudah dalam penggunaannya.

  1. Perawatan Media Penyimpanan Data

 

  1. Perawatan media penyimpanan data utama caranya dengan

Untuk media penyimpanan data utama, cara perawatannya sebagai berikut:

 

  1. Mengatur bios agar tidak melakukan booting dari disket secara otomatis.
  2. Periksa pemasangan RAM/ROM tepat pada tempatnya atau pas pada slotnya.

 

  1. Cara perawatan media penyimpanan data cadangan

Untuk media penyimpanan data cadangan, cara perawatannya sebagai berikut:

 

  • Magnetic disk (disket magnetis) atau lebih dikenal dengan floppy disk (disket) cara perawatannya antara lain:

 

  • Hindarkan disket dari debu dan letakkanlah di tempat disket.
  • Disket sebaiknya (dilindungi) di-protect agar terhindar dari virus.

 

  • Optic disk atau lebih dikenal dengan CD-ROM/ DVD-ROM cara perawatannya antara lain:

 

  • Hindarkan semua permukaannya dari debu.
  • Masukkan ke dalam kotak CD jika sudah tidak digunakan lagi. agar bisa digunakan kembali Setelah beberapa waktu (periode),
  • Optik pada CD-ROM atau CD Drive dengan menggunakan CD cleaner yang berupa cairan pembersihnya.

 

 

  1. Tipe dan Kemampuan Untuk Media Penyimpanan Data

 

  1. Hard disk

Setiap komputer pasti mempunyai hard disk. Hard disk bisa digunakan sebagai tempat penyimpan data yang digunakan untuk satu komputer. Oleh karena itu, hard disk tidak dapat dipindah-pindah dari satu komputer ke komputer lain, kecuali kita ingin membongkar perangkat yang terdapat di komputer. Hard disk dapat menyimpan data sampai kapasitas gigabyte bahakan Terabyte. Kecepatan putaran dalam Hard Disk menentukan kecepatan akses data ke hard disk.

 

  1. Disket

Pada saat digunakan, disket dimasukkan ke perangkat keras komputer yang dinamakan disk drive, Disk drive tersebut dilengkapi alat yang dapat membaca dan menulis informasi ke disket Sebagai media penyimpan data, disket berfungsi untuk menyimpan, memindahkan data dari komputer satu ke komputer lain yang tidak terhubung dalam satu jaringan. Kelamahan disket adalah : hanya mampu menyimpan data sampai 1.44 MB. Selain itu, akses datanya lambat dan rentan terhadap kerusakan yang menyebabkan file – file yang disimpan di dalamnya menjadi tidak dapat dibuka.

 

  1. Flash drive

Dibandingkan media penyimpan data yang lain, flash drive (flash disk) lebih unggul. Flash drive mampu menyimpan data hingga 32 gigabyte. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar flash drive dapat menyimpan data gambar, film, musik, atau lagu.

Flash drive dihubungkan dengan komputer melalui port USB (Universal Serial Bus). kegunaannya Tidak seperti disket, akses data ke flash drive relatif cepat. Jika dibandingkan dengan tempat penyimpanan lainnya, akses data ke flash drive hampir sama dengan kegunaan hard disk.

 

  1. CD-ROM

Compact Disc-Read Only Memory Merupakan jenis piringan optik yang mempunyai sifat hanya bisa dibaca. dapat juga untuk menyimpan data cukup besar sampai dengan 700 megabyte. Namun, jika dibandingkan dengan hard disk dan flash drive, akses untuk membaca data yang terdapat di Compact Disc-Read Only Memory akan lebih lambat.

Agar dapat membaca Compact Disc-Read Only Memory, komputer kita harus dilengkapi dengan Compact Disc-Read Only Memory drive atau DVD drive.

 

  1. CD-R

Compact Disc-Recordable dapat menyimpan data cukup besar sampai dengan 700 megabyte. Data yang terdapat di Compact Disc-Recordable juga tidak dapat dihapus. Perbedaannya dengan Compact Disc-Recordable, kita dapat menuliskan data sampai beberapa kali asalkan kapasitas penyimpanan di Compact Disc-Recordable belum penuh.

 

  1. CD-RW

Compact Disc-ReWriteable merupakan versi lain dari Compact Disc-Read Only Memory yang dilengkapi juga kemampuan untuk bisa dibaca dan ditulis. Kita juga dapat menghapus data yang terdapat di Compact Disc-ReWriteable kemudian mengisinya dengan data yang lainnya. Menghapus dan menulis data dari dan ke Compact Disc-ReWriteable dilakukan dengan bantuan CD Writer.

 

  1. DVD (Digital Video Disc/Digital Versatile Disc)

Digital video disc merupakan teknologi piringan optik yang memiliki kapasitas penyimpanan datanya yang lebih besar. Digital video disc dapat membaca data lebih cepat dengan muatan video berkualitas setara sinema. Digital video disc memiliki kualitas yang lebih baik dibanding piringan penyimpanan data untuk keperluan audio maupun komputer PC. Kemampuan DVD dapat dilihat dan jenisnya, yaitu:

 

  • Single-sided, single layer kapasitas 4,7 GB.
  • Double-sided, single layer kapasitas 8,5 GB.
  • Single-sided, double layer kapasitas 9,4 GB.
  • Double-sided, double layer kapasitas 17 GB.

Berdasarkan formatnya DVD ini dikelompokkan lagi menjadi 5, yaitu DVD-R, DVD+R, DVD+RW, DVD-RW, dan DVD-RAM.

DVD-R adalah format milik digital video disc Forum yang memungkinkan untuk penyimpanan data dalam jumlah yang besar pada piringan DVD, DVD+R juga merupakan format tulis atau simpan data sekali, DVD ini merupakan format dari DVD+RW Alliance. DVD+RW (format milik DVD+RW Alliance) merupakan DVD berkecepatan tinggi yang dapat dihapus dan direkam ulang sampai 1000 kali. DVD-RW (format milik DVD Forum) memiliki kemampuan untuk ditulis ulang sampai 1000 kali, namun kecepatan perekamannya sekitar setengah dari DVD+RW. Ukuran DVD mencapai 12 cm. DVD-RAM merupakan format milik DVD Forum yang dapat merekam ulang sampai 100.000 kali, namun lebih pelan dibandingkan DVD-RW dan DVD+RW.

Leave a Reply

Your email address will not be published.