Manfaat Sungai Nil Bagi Negara Mesir Dan Letak Geografisnya

Mesir adalah salah satu negara yang cukup terkenal di mesir, dan salah satu ikon terkenal nya adalah Sungai Nil. Sungai nil adalah sungai terpanjang di dunia yang panjangnya sendiri mencapai 6.690 km. sungai ini memiliki mata air dari danau victoria. Bagi mesir sungai Nil adalah satu satunya sungai yang memberi manfaat bagi negaranya. Berikut adalah beberapa manfaat sungai nil bagi mesir :

  1. Sungai nil digunakan untuk irigasi dan lumpurnya dapat menyuburkan tanah juga
  2. Sebagai sarana air minum bagi penduduk mesir
  3. Sebagai sarana lalu lintas pelayaran
  4. Berfungsi sebagai sarana pembangkit tenaga listrik

Di sepanjang sungai Nil juga banyak di bangun bendungan-bendungan, salah satu nya adalah bendungan aswan, bendungan aswan ini adalah bendungan terbesar yang ada di Mesir, dan masih ada bendungan lainnya seperti bendungan Kairo, asyut, dan Khartum.

Mesir yang memiki nama resmi lainnya yaitu jumhuriat Misr el Arabiya. Mesir sendiri termasuk kedalam wilayah afrika utara dan ber ibu kotakan Kairo, wilayah Mesir secara astronomisnya terletak pada 22° Lu – 31° LU dan 25° BT – 36° BT, maka berdasarkan letak geografis ini, mesir terletak di Benua Afrika bagian utara tepat di antara Laut Tengah dan Laut merah.berdasarkan geografisnya mesir termasuk negara yang luas. Luas wilayah negara mesir yaitu 1.001.449 KM². Batas wilayah Negara Mesir memiliki batasan dengan beberapa negara dan beberapa lautan yang antara lain berbatasan dengan laut tengah di sebelah utara. Wilayah selatan yang berbatasan dengan Negara Sudan. Daerah barat berbatasan dengan libya. Dan sebelah timur langsung berbatasan dengan Laut Merah. Keadaan Alam Negara Mesir dapat di bagi ke dalam 4 bagian dengan rincian dan penjelasan sebagai berikut :

  1. Gurun libya atau gurun Barat
  2. Lembah dan Delta Sungai Nil
  3. Gurun Arab
  4. Semenanjung Sinai

Dan berikut penjelasan dari 4 bagian diatas :

  1. Gurun Barat Atau Gurun Libya

Gurun Libya atau biasa dikenal dengan nama gurun barat merupakan bagian terbesar dari gurun yang sangat terkenal yaitu gurun Sahara. Luasya mencakup ¾ dari keseluruhan wilayah negara Mesir dan daerah ini langsung berbatasan dengan negara Libya. Di Gurun Libya sendiri terdapat lembah yang posisinya lebih rendah dari permukaan air laut. Deretan lembah terbeut antara lain Depresi Qattara yang berletak kurang lebih 137 m dari permukaan air laut. Dan di kawasa Deperesi ini memungkikan adanya oase, yang di antaranya adalah oase Siwa, oase Kharga, dan oase Farafra.

  1. Sungai Nil Dan Lembah Delta

Lembah Nil adalah pemisah antara gurun pasir bagian barat dengan gurun timur. Lembah ini membentuk yang sempit sepanjang 1.280 kn dari negara sudan sampai ke Laut Tengah. Lalu pada bagian hilirnya sungai Nil ini terdapat Danau Nasser, perlu diketahui jika Danau Nasser ini adalah danau yang terbentuk karena dibangunnya bendungan Aswan tadi, dibagian muaranya langsung menuju ke laut tengah. Sungai Nil ini bercabang menjadi dua bagian ke kota Rosseta dan ke kota Damietta.

  1. Gurun Arab

Sebagian wilayahnya gurun arab adalah plato yang gersang. Gurun arab ini terletak antara sungai serta laut merah. Di sepanjang pantai timur mesir ada rangkaian pegunungan yang sempit dengan puncak tertingginya ada di jabal Syahib dengan ketinggiannya mencapai 2.175 m.

  1. Semenanjung Sinai

`     Semenanjung Sinai ini terletak di sebelah timur Terusan Suez. Wilayah ini adalah gurun dan pegunungan yang sangat gersang, semanjung sinai ini memiliki puncak tertinggi yaitu Jabal Khaterina dengan ketinggian mencapai 2.585 m. sementara iru di di sebelah barat semenanjung ini terdapat Terusan Suez yang panjangnya sendiri mencapai 172 km. terusan ini adalah terusan yang sangat terkenal, karena menghubungkan Laut merah dengan laut tengah. Terusan Suez ini didirikan pada tahun 1859 sampai 1869 oleh ferdinand de lesseps. Pembangunan terusan suez ini bertujuan menghubungkan Kota Suez dengan Port Said, jadi dengan adanya terusan ini jarak yang di tempuh pelayaran Eropa dengan Asia akan semakin lebih cepat.

Iklim Negara Mesir secara garis besar terdiri dari dua iklim, yaitu iklim subtropis di bagian utara sepanjang pantai Laut tengah dan beriklim barat atau iklim gurun pada bagian tengah. Angin pasat yang berhembus di wilayah mesir adalah angin kerign, jadi ini membuat di mesir tidak ada turun hujan tapi ada wilayah yang sedikit banyaknya menerima curah air hujan di mesir yaitu wilayah Iskandariah dan Kairo dengan curah hujannya mencapai 250 mm per tahun.

Pada musim semi angin bertiup dari barat laut yang bersifat kering, panas, dan melemahkan, dan angin tersebut dinamakan angin Khamsin yang biasanya berhembus pada waktu petang hari di bulan maret hingga juni. Untuk musim panas di wilayah negara Mesir terjadi pada mei sampai bulan oktober dungan suhu rata-rata 31° pada waktu siang hari dan pada malam hari berkisaran 15°.

Bentuk Negara Mesir sebelum tahun 1953 adalah berbentuk kerajaan dan setelah melewati tahun 1953 negara Mesir merubah bentuk negaranya menjadi republik dengan presiden pertamanya ialah Muhammad Nadjib. Beliau ini adalah salah satu pimpina revolusi Mesir.

Mesir juga dikenal dengan bangunan terkenal yang dinamakan piramida, piramida mesir kuno ini merupakan bangunan yang sampai sekarang masih berdiri dan terjaga kemegahannya, dan sampai saat ini masih banyak para ilmuwan yang mengkaji dan para sejarawan yang meneliti bangunan ini karena bangunan ini memiliki misteri yang masih belum terkuak hingga saat ini. Meskipun piramida dibangun oleh banyak peradaban dunia tapi tetaplah piramida mesir kuno yang paling terkenal. Dan berikut fakta tentang piramida mesir kuno :

  1. Piramida mesir kuno yang pertama ialah piramida djoser yang diperuntukan pemakaman firaun ke 3 dari dinasti tersebut
  2. Ada banyak sekali para peneliti yang mempercayai jika piramida ini di bangun oleh para tahanan dan budak pada saat itu, tapi pada kenyataanya piramida dibangun oleh para pekerja bayaran untuk pemukiman mereka yang baru saja dibuka lengkap dengan fasilitas lainnya seperti pertokoan.
  3. Beberapa piramida sebelumnya disebut piramida berundak memiliki cornice besar yang terkadang seperti tangga besar. Para arkeolog meyakini bahwa tangga itu di buat untuk firaun agar bisa memanjat ke tempatnya dewa matahari
  4. Struktur bangunan dibangun untuk bisa bertahan lebih lama, jadi tak heran jika saat ini masih bertahan.
  5. Di mesir ada sekitar 138 piramida
  6. Bagaimana piramida dibangun masih menjadi misteri yang bekum terungkap hingga saat ini dan hingga saat ini para ilumwan masih menelitinya. Tapi konon katanya piramida di bangun dengan bertahap dari waktu ke waktu yang perkirakan selama 23 tahun lamanya, dan diperkirakan setidaknya ada ( dua puluh ribu ) orang ikut berpartisipasi membangung piramida agung giza
  7. Piramida selalu jadi misteri bagi semua manusia, dan dibangun sebagai tempat pemakaman dan monumen untuk para firaun, sebagai bagian juga dari agama mereka. Bahwa orang mesir percaya bahwa firaun membutuhkan sesuatu di makam. Dan di bagian belakang nya. Fiarun di makamkan dengan semua barang-barang berharga dan harta yang katanya mungkin dia butuhkan untuk dibawa kealamnya

 

Demikian Penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda, sampai ketemu di pembahasan lain nya ..terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.