Materi Dan Contoh Soal Beserta Kunci Jawaban PJOK Kelas VII Tentang Bulu Tangkis Dan Tenis Meja

 

  1. Tehnik Dasar Memegang Raket

Cara memegang raket yang baik dan benar ialah mengenggam raket baiknya harus dipegang dengan mengunakan ruas tangan ( jari – jari tangan ), dengan santai, luwes, tapi harus tetap bertenaga disaat memukul kok, dan hindari memegang raket dengan metode menggunakan telapak tangan  deprti memegang sebuah pedang, walaupun peganggangan kamu kuat dengan metode seperti itu, namun pukulan yang dihasilkan akan sangat lemah dan begitu sulit agar menghasilkan pukulan yank eras (smash) dang sangat susah agar mengontrol bola  ( shuttlecock ) dengan benar, pada dasarnya, lebih dikenal beberapa cara memegang raket tetapi hanya ada 2 ( dua ) bentuk memegang raket yang sering digunakan dalam praktek permainan, permainan bulutangkis ialah metode memegang raket backhand dan forehand semuah bentuk pukulan permainan bulutangkis dilakukan dengan kedua jenis mengenggam. Beberapa jenis pukulan dalam permainna bulutangkis salah satunya yaitu :

  1. Servise. Yang dimaksud Pukulan servise adalah pukulan pembuka yang dilakukan diawal pertandingan dan pukulan servis juga terbagi 2 ( dua ) jenis yaitu servise lob ( lob service ) dan servis pendek ( Short service ).
  2. Pukulan Lob. Yang disebut pukulan Lob adalah pukulan lob bisa dilakukan diatas kepala juga bisa dilakukan dibawah kepala, dan menurt caranya bisa dilakukan backhand dan forehand.
  3. Pukulan Drive. Yang dimaksud Pukulan drive adalah jalannya kok mendatar cepat agar lawan sulit mengembalikan kok dan pukulan Drive biasanya diarahkan kesamping kiri ataupun kesamping kanan lawan dan pukulan seperti ini banyak digunakan dalam permainan ganda.
  4. Pukulan Dropshot. Yang dimaksud dengan pukulan Dropshot adalah suatu usaha memukul kok yang bertujuan kearah wilayah lawan yang berdekatan dengan bentangan jarring ( Net ) pukulan Dropshot bisa dilakukan dari bawah kepala ataupun dari atasa kepala.
  5. Pukulan Smes. Yang dimaksud dengan pukula smes adalah pukulan yang sangat keras dank ok jatuh di area lapangan lawan.
  6. Pengetian Dan Asal Mulanya Tenis Meja

Tenis meja merupakan salah satu cabang olahraga yang biasa dimainkan 2 orang ( dua ) pemain bisa juga 4 orang ( empat ) pemain, tehnik memainkannya dengan memakai pemukul yang dilapisi karet untuk memukul bola (celluid ) melewati jaring berada diatas  meja yang dililitkan pada tiang kepada 2 (dua ) tiang jarring, permainan tenis meja juga lebih dikenal dengan sebutan lain ialah ping pong ialah merupakan cabang olahraga berdifat reaktif dan juga Unik. Asal nuasal tenis meja yaitu dari Eropa, sejak abad pertengahan sebagai kombinasi sejak abad ke19 (Sembilan belas ) dengan berbagai sebutan seperti ping pong, Whiff – Whaff, dan gosima diciptakan sebagai permainan penghibur sesudah makan malam lengkap dengan berpakaian untuk pengemarnya. Permainan ini mendapatkan tempat resmi yang mengatur pemain tenis meja Dunia pada tanggal 15 Januari 1926 atas upaya dari Dr. George Lehman dari Jerman. Tenis meja dikenal di Indonesia pada tahun 1930 Cuma dilakukan ditempat – tempat pertemuan umum orang Belanda, yang lebih dikenal dengan nama societeit sejak tahun 1940 sudah mulai masuk ke warga masyarakat Indonesia melewati, golongan pengasuh ( pamong )dan pegawai negri pemerintahan Indonesia ( abtenaar ) pada tahun 1940 juga PTMSI menjadi salah satu anggota dari Tabel Tenis Federation Of Asia ( TTFA ) banyak kejuaraan asia yang diselenggarakan TTFA yang sudah diikuti PTMSI yang diadakan di Negara Singapura dan Manila, pada tahun 1961 PTMSI sudah sah menjadi anggota ITTF ( Internasional Tabel Tenis Federation), sebagai Negara anggota ke 73 ( tujuh puluh tiga ), semenjak PTMSI menjadi anggota ITTF tidak pernah mangkir didalam semua kejuaraan yang di adakan semenjak tahun 1963 diman saja kejuaraan diadakan, peran serta yang pertama bagi PTMSI ialaha di wilayah Prahara pada tahun 1963 yang diikuti pemain putrid maupun pemain putra dan memenangkan peringkat ke 31 ( tiga puluh satu ) bagi atlit putrid dank e 34 (tiga puluh empat ) bagi pemain putra.

  1. Perlengkapan Tenis Meja

Bet/Raket Tenis Meja

  1. kriteria dari bentuk net, dan beratnya ukuran juga tidak ditentukan, namun daun net harus datar dan kaku

b, sisi daun net yang dipergunakan untuk memukul bola darus dilapisi oleh karet berbintik yang menonjol keluar atau bintik karet berbintik biasa, tetapi mempunyai ketebalan termasuk lapisan lem perekat tidak ,elebihi dari 2 ( dua ) mili meter, atau karet yang berbintik kedalam harus mempunyai ketebalan tidak lebih dari 4 ( empat ) mili meter termasuk perkat.

  1. Ketebalan daun net paling randah 85 ( delapan puluh lima ) persen harus terbuat dari kayu alam, bisa dilapisi dengan bahan perekat yang berserat serupa fiberglas atau fiber carbon bisa juga dari bahan keras yang dipadatkan, bahan – bahan tersebut tidak melebihi dari 7,5 persen dari jumlah ketebalan 0.35 mili meter, yang merupakan bagian sangat tipis/sedikit.
  2. Cara – cara memengang Bet
  3. Shakehand-grip

Cara Pegangan shakehend-grip sangat populer terutama di berbagia Negara Eropa atau dunia Barat, dengan pegangan seperti ini seorang pemain bisa menggunakan kedua sisi bet. Yaitu pegangan sisi forehand dan shakehand.

  1. 2. Penhold grip

Pegangan tangkai pena atau penhold grip lebih dikenal juga pegangan Asia, akan tetapi yang pada akhirnya kebanyakan pemain Asia banyak memakai pegangan shakehand, pada pegangan ini hanya satu sisi bet yang bisa digunakan.

Contoh Soal

  1. Sebutkan dan jelaskan macam – macam memegang raket dalam permainan bulutangkis………

“ Pegangan Amerika atau pegangan Geblok kasur, pegangan Inggris ayau pegangan Kapak,pegangan backhand, pegangan berjabat tangan atau pegangan gabungan.”

Cara Pegang Amerika atau penggenggaman geblok kasur adalah raket yang dipegang pada ujung tangkainya bagian tangan jaari telunjuk dan ibu jari, menempel pada bagian permukaan tang yang piph.

Pegangan Inggris atau pegangan kapak adalah memegang rakekt pada bagian tangkai, diantara jari telunjuk dan ibu jari pada bagian permukaan tangkai raket yang sempit.

Pegangan backhand adalah cara memegang raket yang hampir mirip dengancara pegangan Inggris namu raket diputar – putar ke kiri sehingga ibu jari lebih aktip memainkan raket.

Pegangan gabungan adalah dengan metode memegang raket yang di pegang pada bagian tangkainya serupa dengan pegangan Inggris namunsesudah raket dalam posisi miring maka tangkai di pegang mirip orang yang berjabat tangan.

  1. Ada berapa jenis pukulan dalam permainan bulutangkis dan sebutkan satu persatunya……..

“ 5 ( lima ) yaitu Servise, pukulan lob, pukulan drive, pukulan dropshot, dan pukulan smes.”

Servise. Yang dimaksud Pukulan servise adalah pukulan pembuka yang dilakukan diawal pertandingan dan pukulan servis juga terbagi 2 ( dua ) jenis yaitu servise lob ( lob service ) dan servis pendek ( Short service ).

Pukulan Lob. Yang disebut pukulan Lob adalah pukulan lob bisa dilakukan diatas kepala juga bisa dilakukan dibawah kepala, dan menurt caranya bisa dilakukan backhand dan forehand.

Pukulan Drive. Yang dimaksud Pukulan drive adalah jalannya kok mendatar cepat agar lawan sulit mengembalikan kok dan pukulan Drive biasa  diarahkan kesamping kiri ataupun kesamping kanan lawan dan pukulan seperti ini banyak digunakan dalam permainan ganda.

Pukulan Dropshot. Yang dimaksud dengan pukulan Dropshot adalah suatu usaha memukul kok yang bertujuan kearah wilayah lawan yang berdekatan dengan bentangan jarring ( Net ) pukulan Dropshot bisa dilakukan dari bawah kepala ataupun dari atasa kepala.

Pukulan Smes. Yang dimaksud dengan pukula smes adalah pukulan yang sangat keras dank ok jatuh di area lapangan lawan.

Demikianlah penjelasan dan soal beserta kunci jawaban materi PJOK kelas VII tentang bulutangkis dan tenis meja semoga arikel ini bisa bermanfaat bagi para siswa dan guru serta orang tua agar bisa dapat mengikuti update terbaru kami silahkan di like dan share halaman ini sebanyak mungkin dan dari kami mengucapkan banyak – banyak Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.