Materi Dan Contoh Soal Serta kunci Jawaban PJOK Kelas VII Materi Bulu Tangkis

Bulu Tangkis ialah jenis olahraga yang termasuk kedalam kelompok olahraga permainan, Bulu tangkis juga bisa dimainkan diluar ataupun didalam ruangan, yang diberi batas garis dalam suatu ukuran panjang dan lebar tertentu, lapangan bulu tangkis dibagi menjadi 2 ( dua ) sama besar dan yang menjadi pemisahnya ialah net yang tergantung ditihang net yang ditanam di pinggir lapangan alat yang di pake ialah raket sebagai alat pemukul, shuttlecock adalah bola yang dipukul, permainan diawali dengan cara menyiapkan bola dan servis, adalah memukul bola dari wilayah servis kanan ke wilayah servis kanan lawannya, sehingga jalan bola menyilang.

  1. jenis – jenis dalam permainan Bulu Tangkis

Dalam suatu  permainan ini bisa dimainkan oleh siapa saja dan berlaku untuk siapa saja, dalam bentuk ganda ( dauble ), ada juga dalam bentuk tunggal ( single ) dan juga dengan ganda campuran( mixed double ). Permainan ini bisanya dimainkan        :

  1. Sepasang laki – laki melawan sepasang laki – laki disebut ganda pria ( Men’s double )
  2. Sepasang perempuan melawan sepasang perempuan disebut juga ganda wanita ( women’s double )
  3. Sepasang lelaki dan perempuan melawan sepasang perempuan dan lelaki disebut ganda campuran ( mixed dauble )
  4. Seorang perempuan melawan seorang perempuan disebut tunggal perempuan ( women’s single )
  5. Seorang lelaki melawan seorang lelaki disebut tunggal lelaki ( men’s single )

Tunggal pria atau tunggal wanita, ganda putri, ganda putra, dan campur biasanya menggunakan cara kemenangan dengan cara 2 ( dua ) set, dengan setiap permainan dicapai dengan 21 ( dua puluh satu ) poin, single putri biasanya memakai cara 2 ( dua ) set dari 3 ( tiga ), yang setiap pertandingan mencapai 21 ( dua puluh satu ) poin. Tiap regu terdiri dari maksimal 3 ( tiga ) set ( the best of three games ), sering disebut dengan set pertama, set kedua, dan set ketiga, andai permainan dimenangkan 2 set secara terus menerus disebut menang secara langsung ( straight set ), sementara itu andai menang satu lawan satu disebut dengan perpanjangan set ( rubber-set ), disetiap setnya terdiri dari 15 ( lima belas ) poin, terkecuali bagi tunggal putrid terdiri dari 11 ( sebelas ) poin, andai pemain atau pasangan pemain yang sudah tercapai angka tersebut dianggap memenangkan pertandingan set tersebut.

  1. Tempat Permainan Pertandingan Bulu Tangkis

Permainan olahraga bulu tangkis dimainkan diatas lapangan dengan dibatasi garis dalam ukuran panjang lebar tertentu, lapangan dibagi menjadi 2 ( dua ) bagian dan sama besar dan sebagai pemisahnya adalah net yang di rentangkan di kedua tihang net yang ditanam dipinggir lapangan, dan alat yang dipergunakan yaitu raket sebagai alat pemukulnya, shuttlecoke sebagai bolanya.

  1. Siapakah yang menciptakan permainan bulutangkis…………

“ Para tentara Britania Raya”

Pada abad ke -19 ( Sembilan belas ) yang bertugas di daerah Pune, India. Tentara tersebut pada awalnya memainkan olahraga variasi lain dari permainan yang terkenal di Negara Inggris yaitu Battledore dan shuttlecock, hanya saja para tentara itu menambahkan jaring dan memainkan permainan ini dengan bersaingan pada saat ini kita mengenal permainan itu ialah Badminton atau Bulutangkis.

  1. Sebutkan ada berapa partai dalam permainan bulu tangkis dan sebutkan satu persatunya……..

“Lima Partai “

  1. Sepasang laki – laki melawan sepasang laki – laki disebut ganda pria ( Men’s double )
  2. Sepasang perempuan melawan sepasang perempuan disebut juga ganda wanita ( women’s double )
  3. Sepasan lelaki dan perempuan melawan sepasang perempuan dan lelaki disebut ganda campuran ( mixed dauble )
  4. Seorang perempuan melawan seorang perempuan disebut tunggal perempuan ( women’s single )
  5. Seorang lelaki melawan seorang lelaki disebut tunggal lelaki ( men’s single )
  6. Bola yang dipergunakan dalam permainan bulutangkis ialah……….

“ Shuttlecock”

Bola dalam permainan bulutangkis disebut dengan satu istilah shuttlecock dan seiring perkembangannya pada abad ke 16 ( enam belas ) di Negara Inggris, asal muasal sebutan shuttlecock itu sendiri berasar dari gabungan kata Shuttle, yang kembali pada pergerakan bolak balik pada saat di tepak oleh setiap pemain.

  1. Pukulan pertama dalam permainan bulutangkis ialah……

“ Pukulan Servis “

Pukulan servis yaitu pukulan permulaan yang diarahkan secara diagonal melewati net kea rah lawan bisa disebut pukulan silang, sehingga pemainan dapat berjalan. Servis menjadi sebuah kewajiban dalam pertandingan bulutangkis baik dalam kategori tunggal, ganda, maupun ganda campuran.

  1. Nama lain short servis adalah………

“ Servis pendek “

Servise pendek adalah merupakan semacam pukulan awal dalam permainan ini bertujuan memukul kok sangat dekat dengan net hingga kok akan mendarat di wilayah servis lawan, umumnya servis semacam ini sering dimainkan di partai ganda servis pendek dapat dilakukan dengan metode backhand atau forehand tergantung kenyamanan para pemain, yang harus diperhatikan dalam melakukan sevis pendek adalah membutuhkan konsentrasi pemain agar bisa melakukan pukulan pendek tepat pada wilayah servis lawan yang sulit dijangkau, diwaktu mau melakukan servis pendek dipastikan kok dipegang tidak lebih tinggi 115 cm dari permukaan lapangan supaya tidak dinyatakan pelanggaran oleh pemimpin pertandingan ( wasit), tujuan melakukan servis pendek adalah menghambat lawan untuk melakukan pukulan ofensif.

  1. Ada berapa set dalam pertandingan bulutangkis………….

“ dua (2) set dan tiga (3) set “

Tunggal pria maupun tunggal wanita, ganda putri, ganda putra, dan campur biasanya mengunakan cara kemenangan dengan cara 2 ( dua ) set, dengan setiap permainan dicapai dengan 21 ( dua puluh satu ) poin, single putrid biasanya memakai cara 2 ( dua ) set dari 3 ( tiga ), yang setiap pertandingan mencapai 21 ( dua puluh satu ) poin. Tiap regu terdiri dari maksimal 3 ( tiga ) set ( the best of three games ), sering disebut dengan set pertama, set kedua, dan set ketiga, andai permainan dimenangkan 2 set secara terus menerus disebut menang secara langsung ( straight set ), sementara itu andai menang satu lawan satu disebut dengan perpanjangan set ( rubber-set ), disetiap setnya terdiri dari 15 ( lima belas ) poin, terkecuali bagi tunggal putrid terdiri dari 11 ( sebelas ) poin, andai pemain atau pasangan pemain yang sudah tercapai angka tersebut dianggap memenangkan pertandingan set tersebut.

  1. Permainan bulu tangkis modern yang pertama kali dimainkan oleh negara….

“ Inggris “

Di Negara Inggris sejak masa pertengahan permainan para anak – anak Battledore dan shuttlecock, begitu terkenal pada waktu itu dan biasanya merka memakai tongkat atau dayung ( battledores ) dan bersiasat supaya kok tetap bertahan di udara mencegah kok jatuh ketanah.

Dari beberapa soaldan penjelasan tentang permainan bulutangkis diatas semoga bermanfaat bagi para siswa SMP / MTS kelas VII di seluruh penjuru wilayah di Indonesia agar kalian tidak ketinggalan tentang soal dan kunci jawaban berikutnya jangan lupa di LIKE dan Share kesemua teman – teman mu ya..!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.