Materi Dan Contoh Soal Serta Kunci Jawaban PJOK Kelas VII Tentang Atletik

 

  1. Asal muasal Lompat Jauh

sudah ada sejak abad ke 13 ( tiga balas ) yang lalu, pada tahun708 masehi di wilayah Yunani. Lompat jauh mulai menjadi bagian dari cabang pertandingan olahraga di olimpiade pada 1896. Sebagai salah satu di antara cabang olahraga, lompat jauh tentu saja mempunyai tujuan tersendiri, dan dalam melakukannya pun tidak sembarangan melainkan dengan teknik yang baik dan benar. Meski terlihat simpel dan mudah, ternyata lompat jauh membutuhkan penguasaan dengan cara dasar yang baik dan benar. Ada beberapa cara dasar lompat jauh yang perlu dikuasai. Berikut ini ringkasan tentang cara lompat jauh dan peraturannya,

  1. Teknik Awalan

Adalah awalan berlari pada lintasan atau dengan pergerakan larinya lambat, lari dipercepat, sampai dengan papan pijakannya. Persiapan awal tersebut dilakukan sejauh 30-40 meter sebelum titik garis lompat, seterusnya sesudah mendekati garis, maka ditingkatkan kecepatannya. Akan tetapi, didalam cara jumper, kalian semua juga harus bisa mengendalikan kecepatan lari, terlebih di 3 s/d 5 meter akhir sebelum garis lompatan. Seterusnya, mempersiapkan untuk melakukan pengalihan dari kecepatan lari gerak horizontal ke lari gerak vertikal.

  1. Teknik Tolak atau Loncatan

Tolakan merupakan fase di mana kaki jadi tumpuan di garis lompat untuk mengangkat tubuh ke atas dan melayang di udara sebelum mendaratnya. Pada saat melakukan tolakan, kaki sedikit dibengkokan,kaki menapak dan seluruh kaki diluruskan. Pada gerakan tolakan ini seperti pada umumnya harus memiliki kekuatan, kecepatan, dan konsentrasi agar kaki tidak melewati batas garis loncatan.

  1. Teknik Melayang

Gerakan berjalan disaat posisi tubuhnya melayang, itu akan bakal memudahkan dan memperluas jarak pendaratannya.Selain itu, ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan dalam melakukan cara ini, yang utama dikala tubuh jumper berada didalam posisi melayang, seperti menjaga keseimbangan badan, berusaha melayang di udara selama mungkin, mempersiapkan kaki untuk melakukan pendaratan.

  1. Teknik Pendaratan

Pendaratan dilakukan dengan metode menundukkan kepala, mengayunkan lengan dan menggerakkan pinggang ke arah depan. Hal seperti  ini dilakukan supaya dikala proses pendaratan, anggota badan lain tidak menyentuh pasir lebih belakang daripada kaki.

 

atlet lompat jauh yang tidak berhasil dalam pertandingan biasanya disebabkan melanggar aturan penting lompat jauh. Beberapa aturan penting ini tidak boleh disepelekan begitu saja sebab bisa berakibatkan fatal. Peraturan-peraturan umum dalam cabang olahraga lompat jauh yaitu sebagai berikut:

  • Andai peserta lompat jauh lebih dari 8 (delapan ) orang, maka setiap peserta diperbolehkan melompat sebanyak 3 ( tiga )  kali. Lompatan yang diambil ialah lompatan yang terjauh. andai peserta hanya 8 ( delapan ) orang atau kurang dari delapan orang, setiap peserta diperbolehkan melompat sebanyak 6 (enam ) kali. Melompat dilakukan dengan cara bergantian.
  • Hasil dari lompatan diukur awal bekas anggota tubuh terdekat atau paling belakang yang menyentuh bak pasir.
  • Setiap peserta diberikan waktu 1 ( satu ) giliran selama 1,5 menit. Lompatan yang serupa ditentukan dengan melihat hasil dari lompatan yang terbaik. Jika masih serupa, akan dilihat hasil dari lompatan yang ketiga. Dan seterusnya.
  1. Asal Muasal Tolak Peluru

            Diawali  dari kebiasaan kegiatan orang Yunani Kuno, tolak peluru yang melempar batu menjadi kegiatan berolahraga. Selanjutnya pada abad pertengahan, para pasukan perang memiliki kebiasaan melempar bola meriam yang menjadi asal muasal tolak peluru sampai saat ini.

Bentuk modern cabang olahraga atletik ini diketahui berasal dari Skotlandia pada abad ke-19 ( Sembilan belas ), tepatnya melalui ajang Highlands Games di mana setiap peserta akan melempar batu atau logam berat dari belakang garis untuk mendapatkan jarak terjauh.

Pada ajang Olimpiade modern, olahraga tolak peluru menggunakan bola dengan material besi atau kuningan dengan berat tertentu. Cabang olahraga ini baru dipertandingkan untuk pria semenjak tahun 1896, sementara cabang olahraga ini dibuka untuk wanita secara resmi baru pada tahun 1948.

 

  1. Beberapa versi dalam olahraga tolak peluru

 

            Dalam pertandingan resmi, ada 2 ( dua)  macam versi yang sering digunakan, yaitu gaya O’brien dan gaya spin. Selain itu, ada pula gaya ortodoks yang tidak begitu terkenal  dalam pertandingan resmi, tetapi lebih bertujuan dalam pelatihan pemula atau tujuan pendidikan seperti di sekolah.

 

  1. Versi Spin

Gaya spin atau berputar awalnya dipopulerkan Aleksandr Baryshnikov, seorang atlet berasal dari Rusia. Metode  ini memerlukan kepanadaian sangat tinggi karena mengharuskan seorang atlet berputar 360 derajat dalam kecepatan tinggi sebelum mendorong bola logam ke depan. Gerakan ini bertujuan untuk menghasilkan momentum supaya menghasilkan jarak tolakan terjauh.

  1. Versi O’brien

            Parry O’brien, seorang atlet Amerika Serikat mempopulerkan versi glide atau meluncur yang kini lebih terkenal dengan gaya O’brien. Disaat melakukan permulaan versi ini, posisi seorang atlet akan membelakangi area pendaratan. Berikutnya, atlet akan melakukan gerakan setengah putaran atau 180 derajat sebelum melemparkan bola logam.

  1. Versi Ortodoks

versi ortodoks tidak begitu terkenal bagi kalangan atlet, sebab memang teknik ini lebih bertujuan untuk memperkenalkan olahraga tolak peluru pada pertama kali. Teknik ini begitu mudah untuk pekenalan permainan lakukan karena tidak melibatkan banyak gerakan. Posisikan tubuh menyamping dari area pendaratan, letakkan bola logam diantara kepala dan bahu, selanjutnya lakukan tolakan.

  1. Tehnik – tehnik Awal Olahraga Tolak Peluru

            Dalam Prinsip dasar olahraga tolak peluru ialah mendorong atau menolakan bola logam dengan mengendalikan hanya kekuatan satu tangan. Olahraga atletik ini mempunyai tujuan untuk mendapatkan hasil tolakan atau dorongan bola logam sejauh mungkin.

Untuk melakukannya dengan baik dan benar, berikut ini ialah langkah dasar melakukan gerakan tolak peluru bagi pemula.

  • Tempatkan logam bola pada pangkal jari, bukan ditelapak tangan. Rentangkan jari-jari tangan sedikit, kemudian gunakan ibu jari agar mencegah bola logam sampai jatuh.
  • Letakkan bola logam diantara kepala dan bahu, tepatnya pada bagian bawah rahang.
  • Sambil menahan bola logam, pastikan untuk menjaga posisi siku lengan tetap tinggi sehingga terlihat lurus dengan bahu.
  • Berdiri menyamping dengan posisi bahu tangan yang bebas dari bola logam mengarah ke wilayah pendaratan.
  • Buka kedua kaki lebar-lebar, lalu tekuk kaki yang berada jauh dari wilayah pendaratan sehingga tubuh akan condong ke belakang.
  • Putar pinggul sehingga menghadap arah yang berlawan dari wilayah pendaratan.
  • Saat bersiap melakukan tolakan, dorong dengan kaki belakang dan putar pinggul sehingga tubuh menghadap ke wilayah pendaratan.
  • Rentangkan lengan yang memegang bola logam ke depan dengan sudut 45 derajat, sambil berusaha mendorong bola logam dengan kekuatan lengan
  • Saat menembakan, tambahkan juga dengan mendorong pergelangan tangan mirip seperti gerakan menembak dalam permainan bola basket. Teknik dalam olahraga tolak peluru tersebut merupakan gerakan mendasar yang perlu pemula ketahui. Dalam pertandingan resmi, atlet bisa melakukannya dengan variasi gaya O’brien atau spin untuk menghasilkan lebih banyak momentum dan mencapai jarak maksimal saat melakukan tolakan.

 

Contoh Soal

  1. Sejak kapan olahraga lompat jauh diperkenalkan………………

“ Pada masa ke 13 dan pada tahun 708 Masehi”

sudah ada sejak abad ke 13 ( tiga balas ) yang lalu, pada tahun708 masehi di wilayah Yunani. Lompat jauh mulai menjadi bagian dari cabang pertandingan olahraga di olimpiade pada 1896. Sebagai salah satu di antara cabang olahraga, lompat jauh

  1. Sebutkan ada berapa tekhnik dasar dalam olahraga lompat jauh……

“ 4 , metode yaitu:  Awalan,  Tolak / Loncatan,  Melayang,  Pendaratan”

Teknik Awalan

Cara Awalan adalah berlari pada lintasan dengan pergerakan lari lambat, lari dipercepat, sampai papan pijakan. Persiapan awal tersebut dilakukan sejauh 30-40 meter sebelum titik garis lompat, seterusnya sesudah mendekati garis, maka ditingkatkan kecepatannya. Akan tetapi, didalam cara jumper, kalian semua juga harus bisa mengendalikan kecepatan lari, terlebih di 3 s/d 5 meter akhir sebelum garis lompatan. Seterusnya, mempersiapkan untuk melakukan pengalihan dari kecepatan lari gerak horizontal ke lari gerak vertikal.

Teknik Tolak atau Loncatan

Tolakan merupakan fase di mana kaki jadi tumpuan di garis lompat untuk mengangkat tubuh ke atas dan melayang di udara sebelum mendarat. Pada saat melakukan tolakan, kaki sedikit dibengkokan,kaki menapak dan seluruh kaki diluruskan. Pada gerakan tolakan ini seperti pada umumnya harus memiliki kekuatan, kecepatan, dan konsentrasi agar kaki tidak melewati batas garis loncatan.

Teknik Melayang

Gerakan kaki seperti berjalan dikala posisi tubuh melayang, itu akan memudahkan dan memperluas jarak pendaratan anda.Selain itu, ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan dalam melakukan cara ini, yang utama dikala tubuh jumper berada didalam posisi melayang, seperti menjaga keseimbangan badan, berusaha melayang di udara selama mungkin, mempersiapkan kaki untuk melakukan pendaratan.

Teknik Pendaratan

Pendaratan dilakukan dengan metode menundukkan kepala, mengayunkan lengan dan menggerakkan pinggang ke arah depan. Hal seperti  ini dilakukan supaya dikala proses pendaratan, anggota badan lain tidak menyentuh pasir lebih belakang daripada kaki.

Demikian penjelasan materi atlhelik tentang olahraga lompat jauh dan olahraga Tolak peluru semoga penjelasan diatas memberikan pengetahuan dan ilmu bagi para pembaca artikel ini supaya bisa mengikuti artikel terbaru dari kami jangan lupa SHARE & LIK halaman ini selanjutnya kami ucapkan Terimakasih yang sebesar – besarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.