Materi Dan Contoh Soal Serta Kunci Jawaban PJOK Kelas VII Tentang Atletik

 

  1. Awal Mulanya Atletik dan pengertiannya

Asal usul atletik dari bahasa Yunani ialah Athlon ( athlun ) yang mempunyai arti pergulatan, perlombaan, permainan ataupun perjuangan. Orang yang melakukannya diberi nama athlete ( atlit ). Atletik ialah cabang orahraga yang diperlombakan menurut nomor jalan, lompat, lari, dan lempar. Panggilan athletic didalam bahasa Inggirs dan atletik didalam bahasa Jerman memiliki pengertian begitu luas meringkaskan beberapa cabang olahraga yang bersifat pertandingan ataupun perlombaan termasuk bola basket, renang, sepakbola, tenis, senam dan sebagainya. Menurut sejarah bangsa Yunani yang perdana mengadakan perlombaan atletik, hal tersebut bisa dibaca dari karya penulis Yunani kuno yang bernama Homerus.  Arti Atletik dalam bahasa Yunani ialah, “Athlos” yang mempunyai arti lomba. Pada saat itu perlombaan atletik lebih tenar disebut panca lomba atau pentathlon, dan dasa lomba atau decathlon. Pada number lari marathon, number ini merupakan kegiatan belari sudah dimulai pada tahun 490 sebelum Masehi, kegiatan ini dimulai dari sebuah kota kecil yang dinamai Marathon, 40 kilo meter dari wilayah Athena, jarak sejauh itu yang diperlombakan dalam olimpiade 1889 di wilayah Athena. Baru pada tahun 1908 jarak marathon ditetapkan berjarak 42,195 kilo meter, semenjak itu cabang olahraga maratahon selalu menjadi pengahiran suatu rangkayan pertandingan olahraga. Olimpiade modern diadakan atas upaya seorang berkewarga negaraan Prancis yang mempunyai nama Baron Peire Louberbin sejak tahun 1896 yang bertempat di Athena Yunani, didalam nomer atletik merupakan usaha mendapatkan medali yang diperebutkan. Tetapi organisasi olahraga atletik internasional baru didirikan pada tanggal 17 Juli 1912 masa Olimpiade ke 5 ( lima ) di Stokhom, Swedia yang diberi nama International Amateur Athletic Federatin ( IAAF ). Sejak waktu itu atletik mengalami kemajuan yang begitu pesat, pada tahun 3 September 1950 di Indonesia didirikan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI ).

  1. Sejarah Jalan Cepat

Pada olahraga jalan cepat tidak diperkenalkan jalan melayang juga membuatan lompatan menurut peraturannya kaki atlet pejalan cepat harus tetap berada diatas tanahdan sekurang – kurangnya salah satu kaki harus selalu menginjak tanaha,atlet  jalan cepat yaitu suatu angka atletik yang dapat dilakukan dengan semua kesungguhan, jalan cepat diadakan di Negara London sejak tahun 1867. Dan pada tahun 1912 jalan cepat 10 kilo meter dimainkan pada lintasan sebagai salah satu angka olimpiade pada tahun 1976 bersangkutan angka jalan cepat 20 kilo meter, sejak tahun 1956 dipertandingkan dalam gelaran olahraga olimpiade pada tahu 1980 di daerah Mokswa, dan jalan cepat 50 kilo meter terdaftar lagi dalam angka perlombaan. Pada tahu yang terakhir pelombaan jalan cepat sudah banyak digemari dan dibicarakan, dalam olimpide modern perlombaan jalan cepat 20 kilo meter dan 50 kilo meter sudah lama menjadi angka yang selalu diperlombakan di Negara Indonesia perlombaan jalan cepat sebagai angka yang diperlombakan dalam kejuaraan Nasional atletik sejak tahun 1978, jarak tempuh perlombaan adalah untuk perempuan 5 kilo meter dan untuk lelaki 10 dan 20 kilo meter.

  1. Perbedaan Lari dan Jalan Cepat

Secara gaya diantara jalan cepat dan lari sepertinya sama, baik lari ataupun jalan ialah suatu gerakan memindahkan badan kedepan dengan suatu langkah kaiki, perbedaan jalan cepat dengan lari ialah gerakan jlan cepat selalu ada kaki yang berhubungan ( kontak ) dengan tanah maksudnya  setiap waktu kaki menginjak tanah. Gerakan lari ada saatnya kaki melayang pada saat melangkah maksudnya adalah pada waktu tertentu kedu kaki lepas atau tidak mengijak tanah.

  1. Kegiatan Pemahaman Jalan Cepat

Jalan cepat ialah suatu gerakan majuyang dilakukan kaki sedemikian rupasehingga menyentuh tanah tetap terjaga dan tidak terputus, selama melangkah kaki yang bergerak majupejaln kaki mesti menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah, kaiki penyangga harus benar – benar lurus atau tidak boleh bengkok dilutut agar sekurangnya  dalam posisi tegak ( vertikal ). Perlombaan jalan cepat yang begitu penting diperhatikan oleh para atlit jalan cepat ialah melakukan gerak langkah maju kedepan dengan salah satu kaki menyentuh dengan tanah maksudnya bahwa sewaktu akan melangkahkan kaki salah satu kaki harus selalu kontak dengan tanah dan menempel dengan tanah, pelaksnaaan pertandingan jalan cepat di mulai dengan adanya pemberangkatan dari garis start dan diakhiri dengan melewati garis finish.

Contoh Soal

  1. Coba kalian jelaskan perbedaan diantaara lari dan jalan…………

“perbedaan lari dengan jalan cepat ialah suatu gerakan jalan cepat selalu ada kaki yang selalu berhubungan dengan tanah pengertiannya setiap waktu kaki yang bertumpu ketanah. Gerakan lari ada saatnya kaki melayang pada saat melangkah maksudnya adalah pada waktu tertentu kedu kaki lepas atau tidak mengijak tanah.”

  1. Jelaskan tahapan – tahapan dalam olahraga jalan cepat………..

“Tarikan Tompangan kedua kaki, dorongan, umtuk beristirahat.”

  1. Tahapan Tarikan didalam suatu pertandingan jalan cepat, tumit kaki bersentuhan dengan tanah oleh karna itu setelah kaki depan sudah menyentuh tanah, gerakan ini berulang – ulang.
  2. Tahapan topang kaki ialah dikalakedua kaki berpijak secara bersama – sama sebab sesudahnya dorongan badar dan tarikan kaki.
  3. Tahapan dorongan ialah melakukan dengan tujuan mempercepat langkah kaki, juga memberikan dorongan ke badan serta kaki.
  4. Tahapan relaksasi ialah posisi pinggang sejajar dengan bahu, juga posisi tangan mengarah lurus atau ke atas.
  5. Jelaskan saat melakukan gerakan dalam olahraga jalan cepat

“Jalan cepat ialah suatu gerakan majuyang dilakukan kaki sedemikian rupasehingga menyentuh tanah tetap terjaga dan tidak terputus, selama melangkah kaki yang bergerak majupejaln kaki mesti menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah, kaiki penyangga harus benar – benar lurus atau tidak boleh bengkok dilutut agar sekurangnya  dalam posisi tegak ( vertikal ). Perlombaan jalan cepat yang begitu penting diperhatikan oleh para atlit jalan cepat ialah melakukan gerak langkah maju kedepan dengan salah satu kaki menyentuh dengan tanah maksudnya bahwa sewaktu akan melangkahkan kaki salah satu kaki harus selalu kontak dengan tanah dan menempel dengan tanah, pelaksnaaan pertandingan jalan cepat di mulai dengan adanya pemberangkatan dari garis start dan diakhiri dengan melewati garis finish. “

  1. Dimanakah awal mula perlombaan jalan cepat pertama kali dimainkan

“ Yunani “

Menurut sejarah bangsa Yunani yang perdana mengadakan perlombaan atletik, hal tersebut bisa dibaca dari karya penulis Yunani kuno yang bernama Homerus.

  1. Sejak kapan perlombaan lari cepat dimainkan di Indonesia…………

“ Diakhir tahun 1980 “

Pada akhir tahun 1980 jalan cepat 50 kilo meter terdaftar lagi dalam angka perlombaannya. Pada tahu yang terakhir pelombaan jalan cepat sudah banyak digemari dan dibicarakan, dalam olimpide modern perlombaan jalan cepat 20 kilo meter dan 50 kilo meter sudah lama menjadi angka yang selalu diperlombakan di Negara Indonesia perlombaan jalan cepat sebagai angka yang diperlombakan dalam kejuaraan Nasional atletik sejak tahun 1978, jarak tempuh perlombaan adalah untuk perempuan 5 kilo meter dan untuk lelaki 10 dan 20 kilo meter.

Demikianlah penjelasan materi tentang atletik, juga contoh soal beserta kunci jawabannya dalam pembelajaran PJOK Smp/Mts kelas VII , semoga artikel ini sangat bermanfaat juga berguna bagi semua siswa, guru, dan wali murid sekalian agar bisa mengikuti materi pembahsan terbaru dari kami jangan lupa di LIKE & SHARE artikel ini karan itu sngat membantu bagi kami semu, atas partisipasi anda sekalian kami ucapkan TERIMAKASI sebanyak – banyaknya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.