Materi Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Aktivitas Air / Renang

 

  • Pengertian dan Asal muasal Renang

Olahraga renang sangat berbeda dengan olahraga yang lainnya karna olahraga ini bergerak diair, gerakan olahraga didarat umumnya berada di posisi tegak ataupun vertical yang dipengaruhi oleh daya tarik bumi sepenuhnya, sedangkan olahraga renang yang bergerak di air dalam posisi horizontal dibawah tekanan daya tarik bumi dikurangi oleh daya tarik air ke atas.

Olahraga renang dimulai pada abad ke 19 di Negara London. Sejak tahun 1837 dan terdapat 6 (enam ) kolam renang di kota tersebut, keterkenalannya renang terus meningkat dan sejak tahun 1869 beberapa asosiasi renang mulai muncul, sedangkan di Negara Amerika Serikat baru tahun 1888 mulai menjamur, dan sejak tahun 1920 berhasil menjadi sebuah perlombaan renang Internasional. Para perenang yang begitu menonjol dalam kejuaraan renang tersebut diantaranya ialah Sydney Cavil pada tahun 1945, Robert JH Kiphuth berasal dari club renang University yale, dan Lewis B. Hadley ialah perempuan yang pertama kali berenang diselat Inggris. Pada awalnya yang dipertandingkan hanyalah gaya dada, gaya baru pemula ialah “ Side Arm Stroke atau Side Stroke “ yang merupakan gaya peganti dimana sisi perenang berada di dalam air. Sejak tahun 1902 Richard Cavil, perenang asal Australia membuat rekor baru ialah dengan renang sejauh 100 meter dalam jangka waktu 48.6 detik. Cavil menggunakan gaya Side Arm Stroke tetapi dia merubah tendangan kaki dari guntingan menjadi gaya kipas ke atas dan ke bawah, gaya tersebut mejadi lebih terkenal dengan nama Australia Crawl.

Kemajuan olahraga renang didunia seterusnya, sejak tahun 1935 sudah mengahasilkan bermacam – macam gaya dalam olahraga ini, yang diantaranya ialah

  • Breast Stroke disebut juga ( gaya dada )
  • Back Stroke atau (gaya punggung )
  • Butterflay Stroke ( metode kupu kupu )

Pada pecan pertandingan Olimpiade sejak tahun 1908 setiap orang sudah berani melintasi lautan dan menyebrangi setiap sungai yang besar hanya dengan sebuah rakit, lalu lambat launnya kemajuan  ke semua pelosok tanah air dan di bangunlah kolam renang pertama di Indonesia yaitu yang bertempat di Cihampelas Bandung sejak tahun 1904. Di tanggal 24 mart 1951 berdirilah PBSI ( perserikatan Berenang Seluruh Indonesia ) yang diketuai Poerwosoedarmo. Lalu sejak tahun 1952 PBSI diterima menjadi salah satu anggota Organisasi Renang Dunia ( FINA ) dan sejak tahun 1957 merubah namanya menjadi Persatuan Renang Seluruh Indonesia ( PRSI ).

  • Aktivitas Latihan Renang Dengan Gaya Dada

Renang gaya dada terkenal sejak tahun 1875 oleh perenang asal dari Inggris, yaitu Matthew Webb, Dia ialah orang yang pertama kali yang berenang di teluk Channel (kanal ) dengan memakai gaya dada gerakan renang dengan gaya ini seperti katak yang sedang berenang sehingga gaya tersebut sering kita dengar dengan sebutan gaya katak.

Ragam bentuk berenang secara utuh didalam air diperagakan oleh perenang Toefilo Lidefonso pada pecan olimpiade sejak tahun 1928. Dia merubah gaya mengambil nafas sesudah melakukan satu gerakan di dalam air dan begitu juga perenang asal Negara Rusia yang bernama Lounitchev meniru juga olimpiade pada tahun 1956 Masaru Furukawa berasal dari Negara Jepang.

Sejak tahun 1966 perenang asal Rusia, Nikolai Pankain mulai memajukan gerakan gaya dada yang dapat menambahkan kecepatan geraknya dari bagian tangan melakukan fase istirahat, sikap dimana lengan akan kembali bersamaan dibagian dada. Perihal ini merupakan suatu gerakan pembaruan dalam irama dari gayanya dengan kemungkinan sedikit agak menunda posisi menghirup nafas. Pengembangan ini begitu berperan penting dan saat ini sering disebut dengan gaya dada Eropa, dan gaya ini sangat berbeda dengan gaya dada Amerika. Renang dengan gaya dada pada mulanya dapat dilihat dari posisi tubuh, gerakan lengan, gerakan kaki, kordinasi gerakan dan gerakan pernafasan. Tidak menguasai dasar gerakan tersebut kalian tidak mungkin bisa berenang dengan baik dan benar. Kegiatan renang dapat terbagi beberapa bagian dengan renang gaya dada ialah sebagai berikut:

Ada dua jenis posisi tubuh dalam olahraga renang gaya dada disaat meluncur ataupun disaat kedua lengan harus diposisi kedepan, gaya Europa Timur dan gaya Amerika Utara. Yaitu :

  • Aktivitas gerekan latihan istimewanya posisi badan

Cermati dan peraktekan pergaan kegiatan latihan gerakan posisi badan didalam renang gaya dada sebagai berikut :

  • Posisi badan dan seluruh tubuh anggota badab harus dalam keadaan santai.
  • Bagian badan harus dalam keadaan lurus mendatar ( horizontal ).
  • Gerakan akan dimulai dengan persiapan bagian kaki.
  • Bagian tumit di tarik mendekati pinggul sekaligus membuka bagian lutut ke arah luar.
  • Tolakan kedua kaki secara bersamaan.
  • Rapatkan kembali bagian kedua kaki seperti sikap awalan.
  • Lakukanlah pelatihan ini berjarak 5 s/d 7 meter

 

  • Aktivitas Latihan Gerakan Kaki Renang Gaya Dada

Gerakan kaki ( Kicking ) dalam renang gaya dada disaat ini cenderung membuat suatu gerakan kaki whip kick ( dolphin ) pada saat melakukan istirahat, ialah tingkatan disaat kedua tungkai kaki bagian bawah ditarik secara bersamaan  mendekati pinggul lalu setelah tingkatan itu dilakukan pergelangan kedua bagian kaki diputar mengarah ke luar sehingga membentuk sudut kurang lebih 50 derajat. Seterusnya dari posisi ini kedua bagian kaki melakukan suatu gerkan menginjak dan di ahiri dengan menendang sehingga kedua bagian kaki bertumpu lurus di posisi belakang.

Coba pelajari dan peraktekan penjelasan gerakan renang gaya dada sebagai berikut :

  • Diawali dengan mengambil sikap berdiri di dalam kolam yang tidak dalam lalu berpegangan ke papan pelampung dengan kedua lengan di depan dada.
  • Luruskan kedua bagian kaki ke arah belakang sehingga posisi badan terapung diatas permukaan air.
  • Lakukan gerakan gaya tersebut secara terus menerus.

 

  • Setiap bentuk aktivitas pelatihan gerakan kaki disaat posisi badan terlentang

Pelajari dan peraktekan kegiatan latihan gerek kaki dengan posisi badan terlentang dalam gaya dada sebagai berikut :

  • Latihan gerak awalan kaki gaya dada sambil melakukan duduk diatas kolam.
  • Latihan gerak permulaan kaki gaya dada sambil melakukan berdiri dipinggir menhadap kolam.
  • Latihan gerak awalan kaki gaya dada sambil berdiri dipinggir yang menghadap ke kolam, tetapi sambil pegang sebagian beban.
  • Latihan gerak awalan kaki gaya dada sambil terapung dalam posisi terlentang dan berpegangan ke pelampung.

 

  • Berbagai bentuk Aktivitas latihan gerakan kaki ditempat

Pelajari dan peraktekan kegiatan latihan gerakan kaki ditempat yang akan diuraikan dibawah ini :

  • Latihan gerakan kaki dengan gaya dada sambil berpegangan didinding kolam.
  • Latihan gerakan gaya dada dengan memakai sebuah pelampung.

 

Renang merupakan salah satu bagian dari pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan olahraga ini dilakukan diair dan olah raga ini sudah diperlombakan sejak tahun 1800 yang sudah dibangun kolam – kolam renag, olahraga  renang  adalah merupakan olahraga yang mempunyai kesehatan bagi tubuh kita maka dari itu usahakanlah melaksanakan olahraga ini secara teratur agar berguna bagi kesehatan kita.

Demikian sebagian penjelasan tentang olahraga renang semoga para pembaca mendapatkan pengetahuan tentang materi ini, untuk dapat mengikuti materi terbaru dari kami maka kami mohon bantuannya dengan cara SHARE & Like halaman ini sebanyak banyaknya, dan dri kami ucapkan TERIMAKASIH sebanyak – banyaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.