Materi PJOK Kelas VII Gerakan Bela Diri PENCAK SILAT

 

  1. Pengertian Pencak Silat

            Pencak silat merupakan salah satu olahraga dalam bentuk bela diri asli dari Indonesia, bisa dimaninkan secara berpasangan / beregu dan juga perorangan. Agar bisa menguasai bela diri pencak silat deperlukan cara penguasaan dasar pencak silat, apakah kalian sudah bisa memperaktekannya dengan baik dan benar, kali ini kamu seaklian akan diajak untuk mempelajari lebih lanjut tentang olahraga bela diri pencak silat. Sesudah kalian mempelajari materi ini diharapkan kamu sekalian dapat memahaminya. Olahraga pencak silat ialah suatu warisan nenek moyang Negara Indonesia, sebab pencak silat dilahirkan dari kebudayaan bangsa ini, maka kemajuannya dipengaruhi oleh watak. Selara dan bakat masyarakat Indonesia yang berada di setiap daerah masing – masing.

  1. Awal Mulanya Pencak Silat

Semenjak abad ke-7 ( tujuh )bangsa Indonesia sudah mengenal pencak silat dan merupakan hasil seni budaya bangsa ini sendiri (rumpun melayu). Pembentukan IPSSI (Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia) ialah pada tanggal di Surakarta. Seterusnya di tahun 1950 IPSSI dirubah menjadi IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Pada tahun 1973 secara resmi pencak silat mulai dipertandingkan pada Pekan Olahrag Nasiolan ( PON ) VIII di Jakarta. Pada tanggal dan tahun 11 Maret 1980 dibentuk. Sebab pencak silat ialah salah satu cabang bela diri yang sangat mengedepankan nilai seninya, maka di dalam panggilan sehari-hari juga lebih dikenal dengan nama seni bela diri pencak silat. Sebab manusia mempunyai akal budi dan daya pikir dan diberi jasmani yang sempurna dalam rangka untuk mempertahankan diri, terciptalah metode atau sistem bela diri khas dari Indonesia yang disebut silat.

  1. Metode dasar pencak silat
  2. Gaya Kuda – Kuda.

            Umumnya, metode dasar yang pertama kali dalam olahraga pencak silat ialah gaya kuda-kuda.Gaya ini berfungsi agar menjaga keseimbangan tubuh agar menyerang ataupun bertahan. Caranya ialah menapakkan kaki ke tanah. Yang diberi nama kuda-kuda sebab posisi kaki seorang dalam melakukan gaya ini bagaikan posisi kaki orang yang naik di atas kuda.

Sekurang kurangnya, ada enam jenis kuda-kuda dalam olahraga ini, yaitu:

  • Kuda-kuda tengah
  • Kuda-kuda depan
  • Kuda-kuda samping
  • Kuda-kuda belakang
  • Kuda-kuda depan belakang
  • Kuda-kuda silang

 

  1. Gaya Pasang

Melakukan posisi kuda-kuda dengan benar, lalu akan dikasih tau cara gaya pasang. ini merupakan campuran antara metode kuda-kuda, posisi kaki, dan posisi tangan. Metode ini memungkinkan posisi tubuh kalian lebih fleksibel untuk menyerang maupun bertahan.

 

  1. Cara Pola Langkah

 

Bagaimana cara pola langkah berguna agar pergerakan kita tidak dapat mudah untuk ditebak oleh pihak lawan. Metode ini dilakukan dengan cara merubah pijakan kaki dari satu tempat ke tempat lainnya dengan pola yang disusun sendiri. gaya pola langkah membutuhkan kerja sama antara sikap badan, sikap tangan, pola lantai, dan pola kaki dalam melangkah.

  1. Cara Arah / Delapan Penjuru Angin

Seseorang pendekar silat tentunya memerlukan arahnya supaya bisa menyerang lawan dengan baik. Begitupun juga untuk mempertahankan diri dari serangan lawan. Metode ini berguna supaya kalian bisa menentukan arah dengan baik. Titik tumpuh kalian ada di tengah ya. Kemudian kalian bisa melangkah ke beberapa arah sebagaimana delapan arah mata angin, yaitu timur, tenggara, selatan, barat daya, barat, barat laut, utara, timur laut. Atau untuk lebih mudahnya, belakang, serong kiri belakang, samping kiri, serong kiri depan, depan, serong kanan depan, samping kanan, serong kanan belakang.

  1. Cara Pukulan

Metode pukulan merupakan suatu usaha agar dapat menyerang lawan dengan menggunakan tangan. Tetapi kalian harus memahaminya, bagaimana dapat melakukan metode pukulan yang benar? Jangan sampai niat hati mau menyerang lawan, tapi kalian malah terluka sebab salah melakukan Metodenya. Ada berbagai macam metode pukulan, salah satunya ialah….

  1. Pukulan bandul

Pukulan ini seperti gerakan bandul, yaitu pukulan yang gerakan tangannya dari bawah ke atas. Siku ditekuk 90derajat dengan kaki yang sejajar dengan ataupun tidak sejajar. Bebas. Teknik melakukan pukulan bandul ialah dengan memasang posisi kuda-kuda yang tengah. Seterusnya silangkan kedua tangan di depan dada. Telungkupkan kepala dan ayunkan salah satu tangan ke depan agar bisa memukul. Pertahankan tangan lainnya di posisi semula agar melindungi tubuh dari serangan lawan. Sesudah pukulan pertama selesai, susul pukulan berikutnya dengan menggunakan tangan yang lain. Jangan lupa ya, tangan yang semulanya digunakan untuk memukul digunakan untuk bertahan.

  1. Metode Pukulan Depan

Metode ini merupakan pukulan yang lintasannya lurus kearah depan. Pukulan ini bisa dapat dilakukan dengan 2 (dua ) cara sikap yang berbeda. posisi pertama kaki di depan, tangan sejajar. Kedua, posisi kaki di depan, tangan tidak boleh sejajar. Banyak kesalahan yang sering kali dilakukan oleh seorang pesilat ialah badan kaku, kekuatan kaki kurang, tangan kurang mengepal, pukulan kurang kuat, dan badan tidak seimbang.

  1. Pukulan Melingkar

Pukulan melingkar biasanya posisi sasaranya daerah pinggang lawan. Seperti sebutannya, pukulan ini dilakukan dengan menggerakkan tangannya secara melingkar. Pergerakan bahu dan pinggang yang searah dengan pukulan dapat mempengaruhi keunggulan suatu pukulannya.

  1. Pukulan Tegak

Pengetahuan pukulan tegak yaitu dari bahu atau sendi bahu. Pertama- tama, pasang kuda-kuda tengah. Lalu letakkan kedua tangan di depan dada (tidak menyilang). Genggaman jari-jari tangan yang akan digunakan untuk memukul. Pukulkan salah satu tangan dengan posisi tegak. Dan satu tangan lain tetap di posisi awal untuk melindungi tubuh. Melakukannya secara bergantian antara tangan kanan dan tangan kiri.

  1. Pukulan Samping

Pukulan ini menuju ke samping tubuh dengan menggunakan punggung tangan. Tujuan pukulan dapat dilakukan ke samping atau depan tetapi dimulai dari arah samping.

Contoh Soal

  1. Sebutkan macam – macam posisi kuda – kuda dalam olahraga seni bela diri pencak silat…………

Kuda-kuda tengah, Kuda-kuda depan, Kuda-kuda samping, Kuda-kuda belakang, Kuda-kuda depan belakang, Kuda-kuda silang

 

  1. Sebutkan macam – macam pukulan dalam olahraga pencak silat dan jelaskan satu persatunya……….

pukulan samping, pukulan bandul, pukulan tegak, pukulan melingkar, dan pukulan depan. “

Pukulan Samping

Pukulan ini menuju ke samping tubuh dengan menggunakan punggung tangan. Tujuan pukulan dapat dilakukan ke samping atau depan tetapi dimulai dari arah samping.

Pukulan bandul

Gerakan pukulannya ini seperti bandul, yang gerakan pukulannya tangan dari bawah ke atas. Siku ditekuk 90derajat dengan kaki yang sejajar dengan ataupun tidak sejajar. Bebas. Teknik melakukan pukulan bandul ialah dengan memasang posisi kuda-kuda yang tengah. Seterusnya silangkan kedua tangan di depan dada. Telungkupkan kepala dan ayunkan salah satu tangan ke depan agar bisa memukul. Pertahankan tangan lainnya di posisi semula agar melindungi tubuh dari serangan lawan. Sesudah pukulan pertama selesai, susul pukulan berikutnya dengan menggunakan tangan yang lain. Jangan lupa ya, tangan yang semulanya digunakan untuk memukul digunakan untuk bertahan.

Pukulan Tegak

Tujuan dari pukulan tegak yaitu bahu atau sendi bahu. Pertama- tama, pasang kuda-kuda tengah. Lalu letakkan kedua tangan di depan dada (tidak menyilang). Genggaman jari-jari tangan yang akan digunakan untuk memukul. Pukulkan salah satu tangan dengan posisi tegak. Dan satu tangan lain tetap di posisi awal untuk melindungi tubuh. Melakukannya secara bergantian antara tangan kanan dan tangan kiri.

Pukulan Melingkar

Tujuan dan sasaran pukulan melingkar biasanya pinggang lawan. Seperti namanya, pukulan ini dilakukan dengan menggerakkan tangan secara melingkar. Pergerakan bahu dan pinggang yang searah dengan pukulan dapat mempengaruhi keunggulan suatu pukulan.

Pukulan Depan

Metode ini merupakan pukulan yang lintasannya lurus kearah depan. Pukulan ini dapat dilakukan dengan 2 (dua ) macam sikap yang berbeda. Pertama posisi kaki di depan, tetapi tangan sejajar. Kedua, posisi kaki di depan, tetapi tangan tidak sejajar. Banyak kesalahan yang sering kali dilakukan oleh seorang pesilat ialah badan kaku, kekuatan kaki kurang, tangan kurang mengepal, pukulan kurang kuat, dan badan tidak seimbang.

Demikianlah penjelasan tentangt seni bela diri pencak silat semoga penjelasan diatas dapat menambah wawasan dan ilmu bagi para siswa kelas VII agar tidak ketinggalan artikel terbaru dari kami jangan lupa di LIKE & SHARE ke semuan teman teman kalian ya.  Dari kami mengucapkan Terima kasih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.