Mengapa Disintegrasi Menjadi Sesuatu yang Menakutkan Bagi Segenap bangsa-bangsa di dunia?

MENGAPA DISINTEGRASI MENJADI MOMOK MENAKUTKAN BAGI SEGENAP BANGSA-BANGSA DI DUNIA?

Kenapa sich Disintegrasi Sosial bisa terjadi? Hal ini dikarenakan manusia punya keinginan dan mereka selalu merasa tidak  puas dengan apa yang telah dicapainya, oleh kerana itu manusia selalu berusaha mencari sesuatu yang baru dan berupaya untuk terus menerus mengubah keadaannya menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Hal ini mengakibatkan terjadinya perubahan social budaya dalam masyarakat yang menyangkut perubahan pola prilaku, nilai, organisasi social, norma, lapisan social, kekuasaan dan lain-lain sebagainya. Perubahan sosial yang dialami oleh masyarakat dapat berupa kemajuan atau kita sebut Progress dan kemunduran yang kita sebut juga Regress.

Perubahan yang terjadi pada Lembaga-lembaga ke masyarakatan dapat membuat pudarnya norma-norma dan nilai-nilai yang ada di masyarakat, hal ini menyebabkan terjadinya Disintegrasi Sosial. Apabila  terjadi Disintegrasi Sosial maka situasi dimasyarakat lama-kelamaan akan menjadi kacau atau kita sebut CHAOS, pada keadaan demikian maka akan dijumpai keadaan tanpa aturan yang kita dikenal dengan  nama ANOMIE  [Anomie adalah keadaan disaat masyarakat tidak mempunyai pegangan apa yang  baik dan apa yang buruk dan apa yang benar dan apa yang salah].

Disintegrasi menjadi salah satu permasalahan sosial yang menakutkan bagi segenap bangsa-bangsa di dunia termasuk Indonesia. Apalagi buat Indonesia yang dikenal dengan keanekaragaman dan kemajemukannya sehingga disintegrasi bangsa menjadi sesuatu hal yang paling menakutkan bagi bangsa kita.

Jadi apa yang dimaksud Disintegrasi itu?

Disintegrasi adalah sebuah situasi dimana persatuan dan kesatuan dalam masyarakat menjadi rusak karena adanya perbedaan kepentingan antara individu dengan masyarakat, masyarakat dengan pemerintah ataupun individu dengan individu lainnya sedangkan Disintegrasi bangsa adalah timbulnya perpecahan diantara masyarakat dalam suatu Negara berdaulat baik secara de facto maupun de jure, kondisi ini pastinya menjadi ancaman dalam pembangunan sekala nasional.

Berikut ini adalah ciri-ciri keadaan Disintegrasi Sosial?

  • Sebagian besar anggota masyarakat tidak lagi mematuhi norma-norma atau aturan yang berlaku didalam masyarakat.
  • Timbulnya ketidak sepahaman di antara anggota kelompok dalam hal tujuan sehingga hilang rasa kesatupaduan dan solidaritas dalam kelompok tersebut.
  • Sangsi yang diberikan pada pelanggar norma tidak dilaksanakan dengan konsekuen sehingga terkesan sangsi tidak berfungsi lagi.
  • Menurunya kewibawaan para tokoh masyarakat dan pimpinan masyarakat sehingga warga masyarakat bingung siapakah yang bisa dijadikan sosok panutan ataupun teladan.

Contoh Disintegrasi bangsa yang terjadi di Indonesia adalah

  • Peristiwa PKI (Partai kominis Indonesia) yang berniat mengganti dasar Negara kita PANCASILA menjadi komunisme
  • Tragedi 1998 yang mulanya bertujuan untuk menurunkan orde baru namun malah ditunggangi oleh provokator yang menyusupkan isu sara dimana sasaran kerusuhan adalah pertokoan, pasilitas umum, kantor pemerintah yang kemudian menimbulkan kerusakan berat termasuk pembakaran gedung, rumah, toko serta kendaraan motor umum dan pribadi, sasaran kerusuhan saat itu adalah kebanyakan Etnis Tionghoa.
  • Disaat Pemilu 2019 muncul paradigma #Ganti presiden 2019 dan #Tetap Jokowi, pada saat ini seolah-olah ada dua golongan besar dalam masyarakat yang kemudian memecah opini masyarakat menjadi dua bagian

Berikut ini adalah Dampak dari terjadinya Disintegrasi bangsa yaitu:

  • Ruksaknya integrasi Sosial

Hal ini disebabkan setiap orang lebih mementingkan kepentingan pribadi daripada kepentingan umum

  • Timbulnya konflik social

Kondisi ini dilakukan sebagai akibat ketidakpuasan antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lainnya

  • Tidak tercapainya Pembangunan Nasional
  • Terkendalanya Interaksi Sosial

Keadaan ini muncul lantaran masyarakat seperti terbagi kedalam kelompok-kelompok atau golongan dalam melakukan proses komunikasi

  • Terganggunya Hubungan antar Sosial

Penomena ini terjadi dengan serangkaiaan akibat yang menjadi penyebab setiap golongan atau kelompok mementingkan peran dan kekuasaannya masing-masing

Bentuk-bentuk Disintegrasi social yaitu:

  • Pergolakan daerah

Pergolakan daerah muncul akibat dari konsekuensi tebentuknya Negara kesatuan republik Indonesia yang bersifat majemuk yang rentan terjadinya konflik, dalam perjalan bangsa Indonesia ini tercatat dalam sejarah Indonesia bahwa Pergolakan daerah tersebut bisa terjadi akibat dari kesenjangan ekonomi, ketidakadilan, kebijakan ekonomi yang tidak diterima oleh lapisan masyarakat lainnya kemudian juga etnis, agama dan lain-lainya. Contohnya di Indonesia pernah terjadi pergolakan dareah yang pernah terjadi adalah GAM, DITII

  • Demonstrasi

Diera reformasi seperti sekarang ini tentunya kalian tidak asing lagi dengan phenomena demonstrasi. Hal ini terjadi karena perubahan ke tatanegaraan yang bergulir begitu cepat dan dari perubahan ke tatanegaraan tersebut akan mengakibatkan perubahan perilaku masyarakat dan juga harus merubah drastis mengikuti perubahan ke tatanegaraan yang ada, contohnya sebagiamana diketahui pada masa sebelum era reformasi yaitu orde baru tentunya masyarakat sangat susah untuk mengeluarkan aspirasi atau pendapatnya, beda halnya sekarang di era masa reformasi demontrasi menjadi hal yang lazim, ketika mengeluarkan aspirasi itu sangat mudah dikeluarkan dalam bentuk protes ataupun demonstrasi.

  • Kriminalitas

Kriminalitas bisa tejadi karena adanya kesempatan. Kemajuan zaman dan kemajuan tekhnogi tentunya juga akan memberikan dampak atau bentuk kejahatan baru contohnya kejahatan bisa terjadi dengan bantuan alat tekhnologi seperti SMS atau telepon yang mengatakan “selamat anda mendapatkan undian” ketika anda meladeni telpon tersebut pelaku ternyata meminta sejumlah uang untuk dikirimkan terlebih dahulu baru mereka menjanjikan akan mengirimkan hadiah, seandainya kalian termakan dengan janji mereka tentunya kegiatan mengirim uang itu akan terjadi setelah kalian mengirimkan uang maka mereka akan lari begitu saja dan tidak mengirimkan hadiah seperti yang mereka janjikan sebelumnya.

  • Kenakalan Remaja

Kenakalan Remaja adalah perilaku atau pebuatan yang menyimpang dari norma-norma masyarakat yang melampaui batas toleransi atau kegiatan suatu tindakan anti social yang dilakukan oleh remaja, namun apabila anti social itu berubah menjadi tindak kejahatan biasanya dilakukan oleh orang  yang lebih dewasa, orang dewasa yang melakukan tindak kejatan itu disebut Crime jadi kita harus bisa menbedakan antara kenakalan remaja dan Crime.

Contoh kenakalan remaja yang sering terjadi dimasyarakat yaitu tawuran sesama pelajar, penyalahgunaan jenis obat terlarang, bolos sekolah dan lainsebagainya.

Melalui pemaparan tadi sudah seharusnyalah kita menyadari bahwa kemajukan yang Indonesia miliki sering kali menjadi penyebab bagi terjadinya  Disintegrasi Bangsa, sebagai warga masyarakat yang baik mari kita cerdas dalam menghadapi berbagai kemajemukan yang Indonesia miliki. semua orang boleh punya opini, boleh punya keinginan dan boleh punya persepsi masing-masing, tapi jangan jadikan perbedaan-perbedaan tersebut sebagai alat pemecah belah bangsa. Sebagai generasi muda bangsa Indonesia hendaklah kita bawa semua kemajemukan yang Indonesia miliki untuk membangun Indonesia. Tidak lagi ada yang berdiri berdasarkan suku bangsa, agama dan golongannya. Mari kita bersatu dan jaga kesatuan NKRI harga mati.

Mudah-mudahan materi ini dapat memberikan pemahaman dan mampu memahi hakekat disintegrasi soisial yang terjadi di masyarakat dan mampu mengidentifikasi tanda atau gejala disintegrasi soisial dalam masyarakat sehingga bangsa Indonesia dapat terhidar dan tidak lagi mudah untuk dipecah belah terutama masalah isu SARA. Jangan lupa like, subscribe, coment and share ataupun saran dan kritik supaya penulis ini bisa berinovasi kedepanya lebih baik……………….semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.