Mengenal Berbagai Jenis dan Fungsi dari Perangkat Lunak Pengolah Kata

Berbagai Jenis dan Fungsi dari Perangkat Lunak Pengolah Kata yang perlu anda ketahui diantara nya :

  1. Apa arti dari Perangkat lunak/Software pengolah kata

 

Perangkat lunak atau software pengolah kata atau biasa disebut Word Processing merupakan kelompok perangkat lunak yang berfungsi untuk membuat dokumen, seperti surat, menulis buku, membuat skripsi, proposal, tesis, dan lain-lain. Dengan software ini kita dapat dengan mudah dan praktis dalam menyusun dan memformat teks. Selain itu, kita juga dapat melengkapinya dengan memasukan foto atau gambar ke dalam dokumen yang akan kita buat.

 

Saat ini perangkat lunak pengolah kata sangat bervariasi jenisnya, dengan banyaknya fitur yang ditawarkan untuk pengguna, aplikasi pengolah kata membuat pekerjaan kita menjadi sangat mudah dan efisien. Tentunya hal ini tidak terlepas dari pengembangan – pengembangan yang terus dilakukan oleh para perusahaan – perusahaan pembuat aplikasi yang terus menyesuaikan dengan tuntutan pengguna untuk mendukung pekerjaannya.

 

Agar pengetahuanmu bertambah, marilah pelajari uraian materi di bawah ini dengan seksama. Berikut beberapa jenis dan fungsi perangkat lunak pengolah kata.

 

 

  • Chiwriter

Chiwriter adalah software pengolah kata yang digunakan di Ms. DOS. Chiwriter diciptakan oleh Cay Horstmann pada tahun 1986. Penggunaan perangkat lunak ini lebih mengarah pada kecepatan dan aspek interaktif pengolahan kata dan bukan pada tampilan visual hasil. Chiwriter cukup mudah dalam menulis teks matematika.

 

Kelebihan dari Chiwriter antara lain cukup andal dalam penulisan rumus, mempunyai fasilitas lebih andal sehingga dapat berkreasi dengan mudah, mampu memperlebar kolom hingga 254, serta dapat mengatur tampilan warna pada monitor VGA dan EGA.

 

Kelemahan dari perangkat lunak ini antara lain tampilan kurang menarik, pengolahan kata lebih mementingkan kecepatan dan bukan pada tampilan hasilnya, pada saat Windows muncul, aplikasi ini dihentikan.

 

  • KWord

 

KWord merupakan salah satu software pengolah kata, untuk lingkunagan desktop KDE yang dikembangkan KOffice. Walaupun mirip namanya dengan Microsoft Word, KOffice berbeda dengan software milik Microsoft tersebut. Dalam software KWord Skema tata letak teks mengikuti konsep frame. Kita dapat dengan bebas meletakan frame di mana saja dalam sebuah halaman, dan mencakup teks, grafik, dan objek. Setiap halaman baru dalam KWord adalah frame, teks dapat disusun dalam frame ini karena kelebihan KWord untuk menghubungkan antara satu frame dengan yang lainnya. Dengan memanfaatkan frame di KWord memudahkan kita untuk menyusun teks dan grafik yang rumit sekalipun.

 

  • Lotus Word Pro

 

IBM telah mengenalkan aplikasi pengolah kata yaitu Lotus Word Pro atau disebut ( LWP ). Software ini di keluarkan bersama dalam satu paket aplikasi office Lotus SmartSuite. Kemampuan lebih dari aplikasi Lotus Word Pro yaitu, aplikasi ini sangat kompatibel dengan aplikasi Microsoft Word. Apabila kita mempunyai file dokumen yang dibuat di Word dapat juga dibuka dan diedit di Lotus Word Pro, dan begitupun sebaliknya. Selain Aplikasi Word, Lotus Word Pro juga kompatibel dengan file – file pengolah kata yang lain.

 

Fitur – fitur baru yang terdapat di Lotus Word Pro memungkinkan penggunanya meningkatkan produktivitas, ada fitur Text to Speech yaitu mendiktekan secara langsung teks yang akan kita ketik. Fitur lainnya adalah hadirnya fitur Helpfull Menu Finder yang dapat membantu kita untuk dapat menemukan perintah – perintah yang sesuai dengan perintah aplikasi Word dan WordPerfect. Lotus Word Pro juga dilengkapi fasilitas e-mail, dengan fasilitas tersebut kita dapat langsung mengirimkan dokumen melalui email langsung dari aplikasinya. Selain itu, ada juga fitur file HTML, yang sangat berguna untuk pembuatan Web.

 

 

  • Corel WordPerfect

 

Aplikasi pengolah kata lainya adalah Corel WordPerfect yang dikembangkan oleh Corel yang terkenal dengan aplikasi pengolah gambarnya yaitu Coreldraw. Versi terbaru dari aplikasi ini adalah WordPerfect Office X3.

 

WordPerfect Office X3 dilengkapi kemampuan untuk membaca file – file yang dikerjakan di Software Office lainya seperti Word, Excel, dan PowerPoint. Karena sifatnya yang kompatibel dengan MS Office kita dapat dengan mudah saling bertukar file walaupun berbeda aplikasi. Harga yang ditawarkan WordPerfect Office X3 setengah lebih murah dari harga yang ditawarkan MS Word, tentu saja ini menjadi kelebihan dari aplikasi tersebut. Sayangnya WordPerfect Office X3 kurang begitu optimal dari segi kompabilitas hardware karena membutuhkan perangkat minimal berprosesor Pentium III.

 

 

  • StarOffice Writer

 

StarOffice Writer adalah software pengolah kata yang sangat kompatibel dengan sistem operasi manapun baik di Windows, Solaris, Linux atau Unix sekalipun. Selain itu StarOffice Writer dapat membuka file pengolah kata yang dibuat di aplikasi yang lain. StarOffice Writer dapat mengubah jenis file dokumen dari MS Word dan WordPerfect, mengeditnya, dan jika dapat diinginkan kita dapat merubah jenis file nya kembali ke file dokumen Word ataupun WordPerfect.

 

Kelebihan dari StarOffice Writer adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai banyak template memo, faks, surat, resume, dan dokumen.
  • Harganya sangat ekonomis dan mudah penggunaannya.

 

 

 

 

  • WordStar

 

Wordstar adalah aplikasi pengolah kata komersial massal pertama dengan antarmuka WYSIWYG (what-you-see-is-what-you-get). Inovasi perintis lainnya termasuk perintah cut-and-paste, dan mail merge. Program ini mengandalkan seperangkat perintah keyboard unik yang dihafal oleh jutaan pengguna dan terus memengaruhi tata letak pintasan keyboard hingga tahun 1980-an. Pengaruh tetap dari set perintah keyboard ini dibuktikan dengan ketersediaan lanjutan program tambahan Microsoft Word yang mengemulasi perintah keyboard. Dirilis pada tahun 1978 untuk sistem operasi CP/M dan tersedia dalam versi MS-DOS di tahun 1982. Versi 16-bit dari aplikasi ini telah tersedia untuk Microsoft Windows 3.0 pada tahun 1999. Namun program ini menghadapi persaingan ketat dari WordPerfect yang dengan cepat mendominasi pasar.

 

  • Microsoft Word

 

Microsoft Corp mengeluarkan aplikasi pengolah kata paling sukses di dunia yaitu Microsoft Word atau atau lebih dikenal dengan sebutan Word saja. MS Word merupakan salah satu aplikasi dari paket MS Office lainnya yaitu seperti MS Excel, MS Access, dan PowerPoint. Kelebihan dari Word adalah tampilannya yang user friendly sangat praktis dan lengkap sekali fiturnya.

 

Kelebihan lain nya adalah kemampuannya untuk memasukan objek atau file – file dari aplikasi lain seperti PowerPoint, Excel, Corel Draw, Photo Paint, Photoshop, dan lain – lain.

 

Tapi dibalik itu semua sayangnya Word dibandrol dengan harganya yang lumayan cukup  mahal jika kita bandingkan dengan aplikasi – aplikasi pengolah kata lainnya. Walupun begitu Aplikasi ini tetap saja menjadi andalan bagi pengguna individu atau untuk pengunaan kantoran, perbankan dan pemerintahan.

 

MS word dapat berjalan di sistem operasi berbasis Windows, MS Word kompatibel dengan windows versi terdahulu atau terbaru sekalipun.

 

 

  • OpenOffice Writer

 

OpenOffice Writer adalah aplikasi pengolah kata yang bersifat open source, artinya kamu dapat mendownloadnya dari internet dan menggunakan OpenOffice secara gratis. kelebihan lain dari aplikasi ini sangat kompatibel dengan hampir semua platform sistem operasi, seperti Linux, Solaris Windows dan Mac OS.

 

Writer merupakan aplikasi yang lumayan lengkap fiturnya. Anda dapat membuat memo sederhana dengan cara yang cepat dan efektif. Selain itu, writer juga digunakan untuk membuat dokumen-dokumen yang besar seperti buku yang dilengkapi dengan daftar isi, teks isi, diagram, indeks, dan sebagainya.

Semoga artikel yang kami bahas dapat memberikan ilmu pengetahuan baru kepada pembacanya, jangan lupa di share ke yang lain juga agar mendapatkan pengetahuan yang sama..kami ucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.