Mengenal Berbagai Jenis Perangkat Keluaran (Output Device) pada Komputer

 

  1. “Apa Itu Output device

Output device adalah setiap bagian dari peralatan piranti keras komputer yang dapat mengubah informasi menjadi bentuk yang dapat dilihat oleh manusia atau, secara historis menjadi berbentuk fisik yang dapat dibaca mesin agar dapat digunakan dengan peralatan non-komputer lainnya.  Iniyang dapat berupa grafik, teks, sentuhan, audio, atau video. Contohnya termasuk monitor, printer, speaker, headphone, proyektor, perangkat GPS, pembaca tanda optik, dan pembaca braille.

Perangkat output (Output Device) Difungsikan untuk dapat menampilkan atau memberi informasi dari hasil olah proses data kepada penggunanya. Informasi yang diproses oleh komputer melalui output device dapat berupa tampilan di layar, hasil cetakan, suara, dan lain sebagainya.”

  1. Apa Saja Macam – Macam Jenis Output Device

Dibawah ini adalah contoh dan penjelasan beberapa macam jenis dari perangkat Output Device beserta fungsinya:

  1. Monitor

Monitor atau Video Display Unit (VDU) merupakan perangkat output yang menghasilkan informasi pada layar monitor sebagai medianya. Bentuk Video Display Unit (VDU) terlihat seperti layar televisi. Monitor (Chatode Ray Tube) merupakan media yang dapat dikatakan sebagai piranti masukan dan keluaran yang bentuknya mirip dengan televisi dan output monitor ini dapat menghasilkan informasi berupa gambar.  Hal itu bergantung pada jenis alat atau program yang dimiliki. Alat ini dapat juga digunakan untuk teleprocessing. Adapun jenis monitor yang dapat dikenal adalah sebagai berikut:

  • Monitor monochrome (monitor yang hanya memiliki satu warna saja, bisa warna hijau, orange, atau warna putih)
  • Monitor Colour Graphics Adapter (CGA) memiliki empat sampai enam belas wama.
  • Monitor EGA ( Enhanched Graphics Adapter ) adalah jenis yang memiliki enam belas sampai enam puluh empat warna.
  • Monitor Video Graphics Array (VGA) memiliki dua ratus lima-puluh enam warna atau lebih.

Monitor dilengkapi tombol pengaturan yang dapat digunakan untuk mengatur tampilan monitor. Jenis dan jumlah tombol-tombol tersebut sangat bervariasi, bergantung pada jenis dan merek monitor yang digunakan. Pengaturan yang ada pada sebuah monitor biasanya adalah mengatur pencahayaan, kekontrasan, posisi layar (horizontal atau vertikal), dan ukuran tampilan pada layar.

Pixel adalah satuan untuk mengukur Tampilan pada layar monitor. Monitor yang memiliki resolusi rendah pada umumnya hanya dapat menampilkan tampilan pada ukuran 640 x 480 pixel, sehingga item – item yang ditampilkan terlihat terlalu besar dan kurang begitu tajam.  Sedangkan pada sebuah monitor yang memiliki resolusi tinggi, pada umumnya dapat menampilkan Ukuran 1024 x 768 pixel dan terlhat item – item berukuran kecil, namun item – item tersebut dapat terlihat secara kesulurahan dengan tajam dan jelas.

Saat ini monitor komputer telah berkembang begitu pesat. Dengan hadirnya teknologi seperti LED, LCD dan Plasma yang telah mengubah secara signifikan sebuah monitor secara tampilan, berat, ketebalan dan yang lebih mengesankan resolusi serta ketajaman warna meningkat sangat drastis.

 

  1. Printer

Adalah Output Device yang bisa menampilkan data dan informasi berupa cetakan pada kertas sebagai medianya. Alat ini dapat mencetak hasil pengolahan program pada output, yaitu pada kertas, baik berupa single sheet (kertas tunggal) ataupun continuous form (kertas bersambung). Printer mampu membuat cetakan pada kertas dengan berbagai model, ukuran dan kualitas yang dapat kita atur sesuai dengan keinginan.

 

Media Printer dapat dikelompokan berdasarkan cara kerjanya,  yaitu impact printer dan nonimpact printer.

  • Impact printer adalah salah satu jenis printer dimana dalam proses mencetak nya menggunakan ketukan secara fisik.Dalam kategori ini ada 2 macam jenisnya, yaitu jenis dot matrix dan jenis daisy wheel.
  • Non-impact printer adalah salah salah satu jenis printer dimana proses dalam mencetaknya menggunakan toner sebagai tintanya. Hasil cetakan printer ini lebih halus daripada jenis daisy wheel atau dot matrik. Ada dua jenis nonimpact printer, yaitu printer yang memakai tinta atau disebut ink jet printer dan memakai toner atau disebut laser printer.

 

  • Printer dot matrix

Printer ini terbuat dan potongan baja yang akan mengenai kertas lewat pita bertinta untuk menciptakan pola titik-titik kecil atau persegi yang bergabung untuk mencetak grafis atau teks.  Hasil cetakan tergantung pada berapa jumlah potongan baja di dalam mesin printer tersebut. Kualitas cetakan akan lebih baik bila mesin menghasilkan 350 titik tiap inci.

 

  • Printer daisy wheel

Printer ini memiliki angka dan huruf yang bisa disusun dan dinaikkan pada roda. Roda tersebut berputar sampai huruf siap ditekankan pada pita yang bertinta.

 

  • Printer inkjet

Printer ink jet merupakan printer yang dapat mencetak gambar, huruf atau karakter dengan moncong kecil yang bisa mengeluarkan tinta pada media seperti kertas atau photo paper. Tinta printer ditampung dalam sebuah cartidge sesuai dengan jenis warnanya dan dinaikkan ke lima puluh ruang pemanasan di bawah moncong. Beberapa printer memiliki empat warna tinta yaitu CMYK (Cyan, Magenta, Yellow Key/black) yang dapat menghasilkan ratusan warna dangan pencampuran dari keempat warna tinta tersebut. Adapun cara kerja printer inkjet adalah sebagai berikut:

  • Aliran listrik mengalir sepanjang ruang pemanas bagian bawah, membuat tinta mendidih dan terbentuklah gelombang uap.
  • Gelembung uap tersebut memuai dan mengakibatkan terjadinya tekanan untuk tinta melalui moncong.
  • Tetesan tinta ditekan oleh gelembung uap , dan memancar ke media cetak kertas.

 

  • Printer laser

Printer laser adalah printer yang menggunakan sinar atau cahaya laser yang terfokus untuk mentransfer teks dan gambar ke kertas Dengan printer ini, kita dapat mencetak seluruh halaman per halaman dengan sangat cepat.

 

  1. Speaker

Speaker adalah perangkat keras yang dapat menghasikan menghasilkan suara. Kita dapat mendengarkan lagu atau musik yang diputar di komputer, jika komputer kita dipasang sebuah speaker. Speaker sangat penting jika Anda menginginkan suara yang lebih keras, suara surround, bass yang lebih penuh, atau mendengarkan audio berkualitas tinggi. Speaker komputer internal pertamakali dibuat pada tahun 1981 oleh perusahaan komputer bernama IBM. Speaker komputer eksternal mulai muncul di toko – toko pada awal 90-an dimana saat itu pesatnya permainan komputer, Digital musik dan bentuk media lainnya menjadi populer. Speaker komputer saat ini telah berteknologi nirkabel (wireless) melalui koneksi Bluetooth sebagai perantaranya.

 

  1. Headphone

Headphone mengeluarkan audio dari komputer melalui dua headphone individual untuk satu pendengar. Sama dengan earphone, dengan headphone Anda dapat mendengarkan audio tanpa mengganggu orang lain di sekitarnya. Selain menggunakan kabel, headphone saat ini telah mempunyai teknologi nirkabel (wireless) lewat peranti Bluetooth tanpa mengurangi kualitas suara yang dihasilkan.

 

  1. Proyektor

Proyektor atau proyektor gambar adalah perangkat optik yang dapat memproyeksikan objek (atau objek bergerak) ke permukaan, biasanya layar proyeksi. Proyektor dapat membuat objek dengan menyinari cahaya melalui lensa transparan yang kecil, tetapi jenis proyektor saat ini dapat memproyeksikan objek secara langsung, dengan menggunakan laser. Layar retina virtual, atau proyektor retina, adalah proyektor yang memproyeksikan gambar langsung pada retina daripada menggunakan layar proyeksi eksternal.

 

Jenis proyektor yang banyak digunakan saat ini disebut proyektor video. Proyektor video adalah pengganti digital untuk jenis proyektor sebelumnya seperti proyektor overhead atau proyektor slide. Jenis proyektor awal ini sebagian besar diganti dengan proyektor video digital sepanjang tahun 90-an dan awal 2000-an, akan tetapi di beberapa tempat proyektor analog lama masih ada yang menggunakannya. Jenis proyektor saat ini yang banyak digunakan adalah jenis proyektor genggam yang dapat memproyeksikan objek menggunakan laser atau LED.

 

 

  1. Perangkat GPS

GPS adalah sistem navigasi berbasis radio yang terdiri dari komputer pengirim dan penerima. Pengirim menyiarkan sinyal ke 24 satelit yang melakukan ping ke pengirim lokasi yang tepat dari komputer pengirim dalam bentuk koordinat lintang dan bujur. Satelit menggunakan sinyal.

 

Demikianlah penjelasan tentang berbagai jenis perangkat keluaran (output device) pada computer ini, semoga dengan artikel ini para pembaca dapat bertambah wawasan dan pengetahuannya tentang perangkat komputer pada umumunya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.