Mengenal jenis Rambut dan cara Merawat Kecantikan Rambut

Rambut merupakan daya tarik tersendiri pada wanita, tata rambut yang serasi dapat melengkapi kecantikannya. Namun lebih penting dari itu semua, kesehatan rambutlah yang paling utama.Karena rambut yang indah adalah rambut yang subur dan sehat berkilat. Dan kita dapat itu dengan cara perawatan sehari-hari, dengan memberikan perhatian lebih banyak agar rambut tidak mudah rusak.

Rambut berminyak.

Rambut jenis ini biasanya cepat menjadi kotor, pada penataannya sulit mengembang.Dua hari atau bahkan sehari sesudah keramas, rambut kembali berminyak.Cuci rambut sedikitnya dua kali dalam seminggu.Pemilihan shampoo yang bebas untuk rambut minyak, jangan terlalu sering dan hindari pijatan Yang keras pada kulit kepala.Karena akan merangsang kelenjar minyak untuk berproduksi lebih giat lagi.Sesudah keramas bubuhkan conditioner mulai dari pertengahan batang rambut hingga ujung rambut.Untuk menghilangkan minyak yang berlebihan pada kulit kepala, seminggu sekali bersihkan kulit kepala dengan irisan jeruk nipis.

Rambut kering.

Tampak kusam tidak bercahaya, kasar, cenderung mudah patah atau rapuh.Penyebab umumnya terkena sinar matahari berlebihan, air kolam yang mengandung chlorine, penggunaan pengering listrik yang secara terus menerus, cat rambut ataupun obat kering rambut.Penyebab lain mungkin karena kelenjar minyak tidak bisa berproduksi secara wajar.

Perawatannya, cuci rambut jika di perlukan saja, misalnya seminggu sekali.Gunakan shampoo yang mengandung bahan pelembab, mengandung protein ataupun kuning telur.Sesudah keramas : bubuhkan conditioner yang kaya protein, mulai dari pangkal rambut hingga ke ujungnya.Lakukan juga cream bath atau perawatan rambut menyeluruh, seminggu atau dua minggu sekali.

Rambut normal.

Tidak berminyak tidak juga kering, melainkan tampak sedikit berkilat.Dalam penyisiran tidak mudah patah, karena rambut jenis ini biassanya sedikit lentur.Cuci rambut seperlunya saja menggunakan shampoo untuk rambut netral.Sesudah keramas bubuhi sedikit conditioner untuk mencegah rambut mudah patah dan agar rambut lebih mudah di tata.Cream bath dapat dilakukan sebulan sekali saja.

Yang penting dalam pencucian rambut adalah : Gunakan shampoo secukupnya saja dan bilas dengan air bersih sebanyak mungkin.Ini untuk menjaga agar sisa-sisa shampoo tidak tertinggal pada batang rambut maupun kulit kepala yang membuat rambut tampak kusam dan kulit kepala bersisik.

Mengeringkan secara alami memang paling baik, namun jika terpaksa harus menggunakan pengering listrik, keringkan lebih dahulu rambut dengan handuk, setelah rambut tidak terlalu basah baru gunakan pengering listrik.

Menyisir atau menyikat rambut selain menata juga menyehatkan rambut, membantu kelancaran jalannya minyak dari akar sampai ke ujung rambut.Selain itu menyisir atau menyikat ini juga membantu memperlancar kerja pembuluh darah.Pilih sisir atau sikat dengan ujung-ujungnya yang tumpul agar tidak melukai kulit kepala dan tidak membuat rambut patah.

Cara mencuci rambut,mengeringkan dan menyisir rambut.

Cara penggunaan shampoo.

Untuk mencuci rambut yang pendek atau panjang, cukup memakai shampoo sebanyak tutup botol shampoo (yang kecil) atau secukupnya ke telapak tangan.Bagi yang biasa mencuci rambut setiap hari atau setiap tiga hari sekali, cukup memberi shampoo pada rambutnya sekali saja setiap mencuci.Sedangkan bagi yang mencuci  rambut sekali seminggu dianjurkan untuk memakai shampoo dua kali setiap mencuci.Yang penting membilas rambut sebersih mungkin dengan air yang banyak.Sebab sisa shampoo yang tertinggal pada rambut dapat membuat rambut kehilangan sinarnya.Rambut sudah cukup bersih bila dalam keadaan basah bila diraba terasa “kesat”.

Jangan menggosok rambut dalam keadaan yang basah.Karena rambut yang basah sangat peka, mudah patah : rontok dan janganlah di gosok-gosok.Dianjurkan agar untuk mengeringkannya dengan handuk dan menekan-nekan secara lembut.

Bungkus dengan penutup kepala yang jenisnya plastik.

Pakailah selembar plastik untuk membungkus rambut selagi basah dan sudah disisir.letakan di atas plastik tersebut handuk yang panas (handuk yang di rendam air panas lalu diperas).Cara ini membuat rambut yang biasanya mudah kusut, akan menjadi mudah diatur dan lemas.

Pemakaian conditioner.

Membuat permukaan rambut yang kasar menjadi agak halus sehingga rambut tidak mudah kusut dan di sisir dapat dengan mudah meluncur di sela-sela rambut.Conditioner ini dikenakan pada rambut setelah rambut bersih di cuci dengan shampoo.Bilaslah lagi conditioner tersebut dari rambut, kemudian keringkan.

Shampo yang bagus selain mengandung zat pembersih, juga mengandung zat untuk mengembalikan lemak pada rambut sehingga rambut tidak gugur dengan mudah.Zat-zat ini dapat menghindarkan terjadinya lubang-lubang pada permukaan rambut dan menghaluskan permukaan rambut serta mengilangkan kemungkinan tumbuh ketombe pada kulit kepala.

Oleh karena itu, sangatlah penting menggunakan shampoo yang baik : karena kalau tidak, sia-sialah perawatan yang selama ini di lakukan.

 

 

Agar rambut tampak terlihat tebal.

Agar rambut terlihat tebal, maka sebaiknya pada waktu mengeringkan rambut, arah kan pengering rambut tersebut berlawanan dengan arah jatuhnya rambut.Hal ini terutama penting bagi pemilik rambut panjang.

Manfaat lotion khusus rambut.

Dengan memakai lotion rambut pada waktu mengeringkan rambut, telah melindungi rambut helai demi helai sehingga sisir atau sikat dapat meluncur dengan mudahnya pada saat pembentukan rambut.

Cara menata dan mengeringkan rambut panjang.

Sebelum mengeringkan rambut, gulunglah rambut yang basah dengan sedikit mungkin rambut pada tiap gulungan.Keringkanlah menggunakan alat pengering.Setelah rambut kering, barulah disisir sambil di bentuk menggunakan sisir yang besar dan jarang-jarang giginya.

Busa penataan rambut (styling foam ).

Busa penataan rambut ini dapat di usapkan baik pada rambut basah maupun pada rambut kering baru rambut di tata.

Cara menggulung rambut.

Rambut yang di gulung sambil di keringkan dapat membuat bentuk rambut lebih indah.Namun sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut pada saat menggunakannya.Ujung rambut harus terletak rata pada permukaan gulungan tersebut, karena kalau tidak maka rambut akan mudah patah.Gulungan yang mempunyai duri-duri tidak baik digunakan, karena kemungkinan rambut tersangkut dan sulit melepaskannya tanpa mematahkan rambut.Apabila bermaksud menggulung rambut sepanjang malam pakailah gulungan yang terbuat dari spons.

Tonik rambut.

Cara memakai tonik rambut selalu harus langsung di usapkan pada kulit kepala dan kemudian seluruh kulit kepala di pijat agar tonik meresap, sehingga rambut kembali segar.

Sikat plastik baik bagi perawatan rambut.

Setiap malam atau pagi hari kalau akan mengurai rambut, pergunakanlah selalu sikat rambut yang terbuat dari plastik, karena biasanya jarak duri-durinya tidak terlalu sempit sehingga rambut dapat dengan mudah meluncur di antaranya,Sikat rambut yang lain pun baik assalkan pilih sikat yang jarak duri-durinya cukup jauh satu dengan yang lainnya.

Cara cream bath.

Buatlah persiapan sebelum memulai melakukan cream bath seperti menyiapkan krem, sisir bergigi jarang, handuk kecil dan air panas.

Setelah rambut di cuci bersih , bubuhkan krem yang telah tersedia.Lakukan pembubuhan krem mulai dari pelipis kea rah puncak kepala (ubun-ubun) dilanjutkan dari leher kea rah puncak kepala kemudian akhiri dengan pemijitan menyeluruh pada punggung guna melancarkan peredaran darah.

Setelah selesai pemijatan, kumpulkan rambut dengan sisir bergigi jarang.Dengan handuk yang telah dip eras setelah di celupkan dalam air panas, tutuplah seluruh rambut dan diamkan kurang lebih lima menit, kemudian ulangi sekali lagi.

Langkah akhir adalah membilas rambut dengan air hangat untuk menghilangkan sisa krem.Setelah bersih, bilas dengan air dingin agar pori-pori kembali menutup.

Rambut ikal.

Cara merawat.

  • Gunting rambut dengan teratur, minimum sekali sebulan.jika ingin mengubah model rambut dari pendek menjadi panjang.Karena setiap pertumbuhan batang rambut tidak sama.Ini di lakuka untuk menjaga agar susunan rambut tetap sesuai dengan wajah.
  • Aujung-ujung rambut yang dan bercabang segera di potong sebelum merambat ke atas.
  • Setiap kali akan mencuci rambut, sikat dengan sisir sikat.Lakukan perlahan-lahan dan berikan tekanan-tekanan pada kulit kepala.
  • Keramas tidak perlu tergesa-gesa.Pertama-tama basahi seluruh rambut,oleskan shampoo pada seluruh permukaan kepala.Dengan ujung-ujung jari gosoklah secara lembut.Kemudian bilas sampai bersih dari busa shampoo.Ulangi lagi seperti pada penyampoan pertama.
  • Rambut bila dalam keadaan basah atau kusut, jangan di tarik-tarik dengan sisir.Gunakan sisir yang bergigi jarang untuk melepaskan kekusutan tersebut, agar mudah melaju dari pangkal ke ujung rambut.
  • Apabila rambut kering dan mudah rusak : Setelah penyampoan, ratakan dengan menggunakan conditioner, Sebelum membilas , tutup dengan handuk panas selama sepuluh sampai lima belas menit.
  • Jika mengeringkan dengan pengering rambut listrik, lakukan dalam keadaan bersih beberapa saat setelah keramas.
  • Menggulung rambut dengan mempergunakan gulungan jangan terlalu ketat.Pada waktu pergi tidur rambut di bebaskan dari gulungan atau ikatan karet.
  • Mencoba model rambut yang baru tidak perlu ragu atau takut.Untuk mengubah model yang sudah bertahun-tahun di pakai dapat dilihat dari panjang dan trapnya.Tetapi jangan pula di paksakan bila rambut memang tidak mungkin di ubah untuk model mutakhir.
  • Pilih hairspray nya yang lembut untuk mempertahankan susunan rambut.Hairspray yang memberi kesan mengkilap dapat melindungi batang rambut dari pengaruh alam sekitar kita.Misalnya angin, kaabut atau sinar matahari.

Bentuk wajah berambut ikal.

Wajahnya berbentuk bulat.

Kesan bulat dapat didapat dari tulang pipi yang tidak menonjol, datar saja.Gelombang rambut pada bagian puncak kepala dipertebal dangan member kesan menambah panjang wajah.Biasanya bagian poni dan cambang di bentuk guntingan agar dapat membantu menutupi kesan bulat.

Wajah berbentuk oval.

Wajah dengan bentuk oval atau lonjong merupakan idaman setiap wanita, bentuk yang sangat sempurna.Semua bentuk wajah selalu di usahakan agar tampak lonjong dengan mempergunakan berbagai teknik.Kesempurnaan di pertahankan dengan tidak memberikan aksen pada bagian-bagian rambut.Boarkan wajah terbuka tanpa gangguan poni atau cambang.

Wajah berbentuk persegi.

Wajah yang berbentuk persegi dapat langsung dilihat dari penonjolan tulang rahang.banyaknya rambut pada bagian atas kepala tidak memerlukan ketipisan tertentu.Malah sebaliknya tetap dipertahankan tebalnya pada sisi kiri dan kanan.Antara ujung alis dan bibir di tutup dengan riak rambut yang akan menutupi tulang rahang.

Wajah berbentuk panjang.

Kesan panjang harus dapat dilihat dengan teknik pengguntingan.Biarkan rambut menebal pada sisi-sisi yang sejajar dengan telinga.Tetapi pada bagian wajah di depan telinga biarkan terbuka, sedangkan rambut yang tumbuh pada bagian belakang kepala di usahakan sepanjang dagu bila dilihat dari depan.Hal ini mengurangi kesan wajah memanjang ke dagu.Volume rambut pada puncak kepala atau bagian atas rambut ditipiskan.

Sekian pembahasan tentang kecantikan rambut semoga para pembaca artikel ini, dan semoga menambah pengetahuan bagi pembacanya, jangan lupa tolong di share kesemua rekan – rekan anda dan dari kami sekian dan terimaksih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.