Mengenal Perangkat Masukan (Input Device) dan Fungsinya pada Komputer

 

  1. Komputer dan Fungsinya

 

Pada saat ini, komputer banyak kita jumpai di berbagai tempat. Komputer menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia pada umum nya. Hal ini disebabkan karena fungsi atau manfaat komputer itu sendiri  Komputer banyak digunakan dalam berbagai aktivitas pekerjaan sehingga menjadi lebih ringan dan mepersingkat waktu pekerjaan. Tidak hanya untuk orang orang dewasa, anak – anak pun sudah banyak menggunakannya sebagai arena bermain dan belajar.

Komputer adalah serangkaian mesin elektronic yang terdiri dari ribuan atau jutaan komponen yang saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja sehingga mampu mengolah, menyimpan, dan menyajikan informasi.

Sistem ini kemudian digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis berdasar instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

Dalam perkembangannya, komputer telah berubah bentuk maupun kapasitasnya. Komputer pada saat ini lebih mudah dibawa sehingga lebih efisien, namun mempunyai kapasitas penyimpan data yang jauh lebih besar. Saat ini, perkembangan komputer dipusatkan pada pengembangan kecerdasan buatan di mana komputer mampu berpikir dan berinteraksi serta berkomunikasi dengan manusia. Selain itu komputer juga dapat memahami keadaan lingkungan sekitar berdasarkan pengalaman.

 

  1. Perangkat Keras (Hardware) Dalam Komputer

Terdiri dari dua bagian, yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (Software). Perangkat keras adalah semua bagian fisik dalam komputer yang dapat dilihat, dipegang dan dipindahkan. Beberapa contoh perangkat keras (hardware) dalam komputer yaitu : Monitor, Mouse, printer dan lain – lain.

Perangkat keras (Hardware) dalam komputer dibagi menjadi 5 bagian, yaitu :

  1. Perangkat Masukan (Input Device)
  2. Perangkat Pemroses (Process Divice)
  3. Penyimpanan Media Data (Backing Storage)
  4. Keluaran Perangkat (Output Device)
  5. Tambahan Perangkat (Peripheral Device)

Dibawah ini akan kita jelaskan satu – persatu bagian dari perangkat keras (Hardware) ini :

 

 

  1. Perangkat Masukan disebut juga ( Input Device )

 

Adalah perangkat yang digunakan komputer untuk mengubah suatu data yang dapat diterima di dalam mesin komputer. Adapun fungsi perangkat masukan adalah sebagai berikut :

 

  • Untuk memasukkan data dan program komputer.
  • Menerjemahkan kode yang dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yang dikenal komputer.
  • Mengirim data yang sudah berubah menjadi bit ke dalam media penyimpanan.

 

Berdasarkan sifatnya, perangkat masukan dibedakan menjadi dua :

 

  1. Peralatan masukan langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya keyboard, mouse, touch screen, light pen, dan scanner.
  2. Peralatan masukan tidak langsung, yaitu input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya disket atau hard disk.”

 

Beberapa perangkat masukan antara lain sebagai berikut :

  1. Papan Ketik (Keyboard)

 

  1. Definisi

Keyboard adalah suatu peralatan masukan yang menyerupai mesin ketik, merupakan alat untuk memasukkan data atau memberi perintah kepada komputer.

Keyboard yang digunakan saat ini adalah jenis QWERTY, yang bentuknya mirip tuts mesin tik. Qwerty Keyboard juga memiliki empat bagian, yaitu type writer key, numeric key, function key, dan special function key.

 

  1. Tombol – tombol yang ada pada keyboard adalah

Tombol – tombol pada keyboard secara lebih rinci dapat dijelaskan sebagai berikut :

 

  • Tombol ESC (Escape) berfungsi sebagai membatal perintah.
  • Tombol (F1, F2, F12) pada setiap program aplikasi berbeda fungsi.
  • Tombol karakter huruf, angka, dan simbol berfungsi untuk menginput hunut, angka (opera for matematik), dan symbol.
  • Tombol Tab (tabulasi) untuk memindahkan kursor ke tanda tab stop.
  • Tombol Caps Lock jika aktif (on) pengetikan akan menghasilkan huruf kapital (besar), demikian juga sebaliknya untuk mengubah huruf besar menjadi huruf kecil dengan cara menekan ulang tombol Caps Lock.
  • Tombol Shift, digunakan bersama tombol lain untuk mengetik karakter simbol yang ada pada tombol dan atau huruf kapital. Shift dengan tombol lain seperti dengan anak panah (→ T 1) akan membuat blok sesuai dengan keinginan.
  • Tombol Ctrl (Control) digunakan bersama tombol lain untuk menjalankan suatu perintah.
  • Tombol Keypad untuk pengetikan data angka (bila tombol Num Lock aktif).
  • Tombol anak panah (T) untuk meng gerakkan insertion point/kursor sesuai dengan keinginan.
  • Tombol Enter digunakan untuk membuat paragraf (alinea baru/baris baru), dan memberikan ruang kosong untuk maksud tertentu, serta memberikan perintah untuk mencetak data selain menekan ikon OK.
  • Tombol Backspace untuk menghapus karakter, spasi, ataupun paragraf setelah dilakukan blocking di sebelah kiri kursor secara cepat.
  • Tombol Delete (Del) untuk menghapus karakter, spasi di sebelah kanan kursor (lihat Back space).
  • Tombol Ins (Insert) mengatur mode sisip atau mode timpa (OVR) pada saat melakukan penyuntingan naskah/data.
  • Tombol Page Up (PgUp)/Page Down (PgDn) bersama Ctrl untuk menggulung naik turun satu layar/halaman pada layar monitor awal kata.
  • Tombol Home digunakan untuk mengarahkan kursor pada awal baris.
  • Tombol Home dengan tombol Ctrl secara bersamaan secara otomatis kursor akan menuju pada awal halaman.
  • Tombol End digunakan untuk mengarahkan kursor pada akhir baris.
  • Tombol End dengan tombol Ctrl secara bersamaan secara otomatis kursor akan menuju pada awal halaman.

 

 

 

  1. Mouse

 

Adalah alat yang dipergunakan untuk menempatkan insertsion point/kursor dengan cepat pada teks atau naskah. Selain itu mouse juga digunakan untuk memilih ikon – ikon (menu) dalam menjalankan perintah – perintah.

 

Peralatan mouse yang merupakan standar sistem dari komputer, seperti halnya pemakaian keyboard. Pemakaian mouse begitu luas kegunaannya sehingga diperlukan standar tertentu.

 

Fungsi mouse antara lain sebagai berikut :

 

  1. Menginput dan memasukkan perintah pada komputer.
  2. Sebagai penggerak pada pointer atau kursor ke layar komputer.
  3. Digunakan untuk beberapa kegiatan seperti double klik, drag, klik, geser, drag drop, dan klik kanan.
  4. Digunakan untuk memperbesar dan memperkecil tampilan layar.
  5. Untuk melakukan scrolling pada layar dengan menggunakan roda scroll tengah pada mouse.
  6. Mendeteksi beberapa gerakan 2D atau 3D secara relatif ke posisinya.
  7. Mengaktifkan tombol suatu perintah dan melakukan sebuah eksekusi pada sebuah aplikasi.
  8. Digunakan untuk pengaturan dan memperbesar tampilan sebuah objek.

 

Jenis-jenis mouse antara lain sebagai berikut :

 

  1. Mouse mekanik

Mouse jenis ini sering juga disebut mouse ball, di mana pergerakannya menggunakan bola. Mouse jenis ini sekarang sudah jarang digunakan.

 

  1. Mouse optic

Mouse optik menggunakan optik untuk menggerakkan pointer pada layar monitor. Letak dari optik ini berada pada bagian bawah mouse.

 

Adapun dalam berdasarkan portnya, mouse dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.

 

  1. Mouse serial

Mouse jenis ini berbentuk port serial yang mempunyai beberapa pin pada ujung portnya, Mouse jenis ini banyak ditemui pada era pentium 1 dan pentium 3 dengan berjenis AT.

 

  1. Mouse PS2

Mouse jenis ini masih banyak digunakan dan mempunyai ciri khas berwarna hijau di bagian ujungnya. Mouse ini banyak digunakan pada era komputer pentium 3 dan pentium 4. Mouse USB

 

  1. Mouse USB merupakan yang paling umum digunakan pada saat ini. Mouse ini sangat kompatibel dengan komputer zaman sekarang.

 

  1. Mouse wireless

Mouse wireless menggunakan teknologi wireless/tanpa kabel. Dengan memanfaatkan sinyal wireless yang dapat dicolokkan pada port komputer. Dengan teknologi ini menjadikan mouse tersebut lebih praktis dan fleksibel.

 

Selain itu, untuk beberapa program, misalnya program aplikasi game, mouse mempunyai fungsi yang berbeda dan sangat spesifik, bergantung dari jenis game yang dijalankan. Umumnya, fungsi-fungsi tersebut bisa kita tentukan sendiri sesuai dengan pengaturan jenis input yang ingin kita gunakan.

 

  1. Touchpad dan Touchcreen

 

Touchpad atau biasa disebut trackpad adalah perangkat penunjuk (pointer) yang terdiri atas permukaan khusus yang bisa menerjemahkan gerakan dari posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpad digunakan untuk menggantikan mouse.

 

Tujuan diciptakannya touchpad adalah untuk kenyamanan pemakaian mouse, yang sebelumnya pemakaian mouse memerlukan area tersendiri. Ukuran touchpad di pasaran berbeda beda. Pada umumnya tidak lebih dari 40 cm². Teknologi yang diterapkan dalam touchpad, yaitu kapasitif sensor terhadap sentuhan jari. Jika menggunakan selain jari bisa dipastikan kursor tidak bergerak.

 

Selain pada notebook, touchpad ini juga dapat dijumpai pada beberapa perangkat seperti handphone atau PDA (Personal Data Assistant) dan juga pada beberapa media player portabel.

 

Adapun layar sentuh atau touchscreen adalah sebuah perangkat input komputer yang  dapat disentuh oleh jari atau pena digital sebagai pengganti mouse. Penggunaan teknologi layar sentuh ini sekarang sudah merambah ke berbagai bidang, seperti sistem informasi publik, restoran, ritel, atau industri manufaktur yang membutuhkan tingkat akurasi, sensitivitas terhadap sentuhan, dan durabilitas yang sangat tinggi.

 

  1. Scanner

 

Scanner digunakan untuk memindai foto dan gambar yang sudah dicetak. Hasilnya dapat berupa file berbentuk gambar yang dapat disimpan atau diedit kembali menggunakan aplikasi pengolah gambar.

Saat ini scanner tidak hanya digunakan untuk memindai foto atau gambar saja. Tetapi digunakan juga untuk memindai teks, kemudian dengan program Omni pages, kita dapat mengubah file gambar yang dihasilkan scanner menjadi file dokumen, hasil dari scan tersebut kita dapat mengedit dan menyimpan file tersebut menjadi text dokumen seperti .txt, pdf, dan lain –lain sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. Peralatan Multimedia

 

Kemajuan teknologi multimedia saat ini memungkinkan kita menghubungkan peralatan –peralatan multimedia dengan komputer. Bebrapa peralatan multimedia yang dapat dihubungkan dengan komputer, antara lain, mikrofon (suara), kamera (gambar) dan video (gambar dan suara).

 

Umumnya, peralatan multimedia dilengakapi media penyimpana yang dapat menyimpan data dalam bentuk digital. Data – data tersebut kemudian dapat dipindah dengan menggunakan peralatan multimedia dengan komputer melalui kabel – kabel.

 

Kartu memori (memory card) adalah Kartu yang dapat kita gunakan untuk menyimpan data – data yang dapat dibaca oleh komputer. Komputer membaca data – data yang ada di kartu memori dengan menggunakan perangkat tambahan (slot) yang terdapat di komputer. Perangkat tambahan tersebut di sebut Card Reader.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.