Mengenal Web Browser Sejarah, Fungsi dan Macamnya

 

  1. Apa itu Web Browser

 

Internet memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya untuk melakukan berbagai kegiatan dalam kehidupan sehari – hari, misalnya untuk memperoleh informasi. Suatu informasi dari internet dapat dibaca menggunakan aplikasi browser.

 

Web Browser atau Peramban web adalah program perangkat lunak yang dapat digunakan pengguna untuk mencari, mengakses dan menampilkan halaman web. Sebagian besar browser modern dapat menampilkan konten yang dibuat dengan menggunakan bahasa seperti HTML, XML, dan dapat menerjemahkan situs web yang dikirimkan dengan menggunakan protokol keamanan seperti Hypertext Transfer Protocol (HTTP), HTTPS, FTP ke dalam konten yang dapat dibaca manusia. Contoh browser yang paling umum dikenal adalah Firefox dari Mozilla, Chrome dari Google, Safari dari Apple, Internet Explorer dari Microsoft, dan Opera.

 

Tujuan pembuatan browser adalah pengguna internet mendapatkan akses ke sumber informasi. Penggunaan browser dilakukan dengan memasukkan Uniform Resource Identifier (URI) ke dalam browser. Web browser memungkinkan pengguna yang mengaksesnya untuk menampilkan dan berinteraksi dengan tulisan, gambar, video, musik, dan berbagai informasi lainnya. Web berada pada sebuah situs di internet atau di jaringan lokal. Tulisan dan gambar di halaman Web dapat dilengkapi oleh hyperlink ke halaman Web lain di mesin yang sama atau di situs web lainnya. Tulisan, gambar, video, musik, dan berbagai informasi lainnya dapat diunduh atau didownload ke komputer dengan mudah.

 

Browser menjadikan penggunanya dapat mengakses informasi yang ditampilkan oleh banyak situs Web dengan cara menjelajahi link secara cepat dan mudah. Browser akan memformat informasi HTML untuk ditampilkan. Oleh karena itu, tampilan halaman Web sedikit berbeda dari browser satu dengan browser yang lain.

 

 

  1. Beberapa jenis Web Browser diantaranya

 

  • Netscape Navigator

Muncul ketika dua orang pendiri Silicon Graphics, Jim Clark dan lulusan universitas Marc Andreessen bekerja sama dan memutuskan untuk mendirikan Mosaic Communications pada pertengahan 1994. lalu kemudian berganti nama menjadi Netscape Communications.

 

Netscape hadir saat penggunaan Internet masih dalam tahapan awal, tetapi Andreessen dan Clark menyadari besarnya potensi perangkat lunak Web Browser, dan Clark pun menyediakan pendanaan awal untuk pengembangan Web Browsernya. Dimulai sebagai proyek perangkat lunak universitas, akhirnya Web Browser Netscape dikenalkan ke masyarakat umum sebagai browser web yang lengkap. Netscape dengan cepat mencapai kesuksesan dan segera menikmati pangsa pasar yang luar biasa. Beberapa pengamat menyatakan bahwa Browser ini memiliki pangsa pasar 80 persen berkat promosinya oleh Penyedia Layanan Internet dan penerbit majalah. Namun, perlu diingat bahwa tahun 1996 adalah awal baru Internet, dan hanya sekitar 1 persen saja di dunia yang baru online. Saat itu koneksi internet masih sangat lambat dan hanya ada sedikit situs web yang dapat dipilih.

 

Netscape Navigator yang berbasis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA).

 

Netscape juga mengeluarkan paket suite internet yang dinamakan Netscape Communicator. Netscape Communicator menggabungkan Navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi.

 

  • Mozilla Firefox

 

Mozilla Firefox adalah Browser Web dengan sumber terbuka gratis yang dibuat oleh perusahaan perangkat lunak Amerika, Mozilla Corporation. Pada tahun 1998, perusahaan layanan Internet Amerika Netscape Communications Corp. memutuskan untuk menetapkan browser Navigator sebagai sumber terbuka bagi penggunanya, yang memulai pengembangan Mozilla Firefox. Tim Mozilla, yang dipimpin oleh pengembang Amerika Dave Hyatt dan Blake Ross, berusaha membuat peramban internet yang cepat dan ringan dimana hal ini akan menarik pengguna dalam hal efisiensinya. Pada tahun 2002 mereka merilis browser pertama mereka ke public yaitu Phoenix, yang segera menyertakan fitur seperti bookmark (untuk menyimpan alamat situs web) dan kemampuan untuk menambahkan ekstensi untuk memodifikasi atau menyesuaikan browser.

 

Karena sengketa merek dagang dengan perusahaan perangkat lunak Amerika Phoenix Technologies, Phoenix berganti nama menjadi Firebird. Kemudian pada tahun 2004 Firebird berganti nama menjadi Firefox untuk menghindari kebingungan dengan proyek pengembangan sumber terbuka dengan nama yang sama.

 

Firefox versi pertama (versi 0.8) menyertakan penginstal untuk Sistem Operasi Windows milik Microsoft Corporation dan mamakai Google sebagai satu-satunya mesin pencari default (pengguna harus menambahkan yang lain secara manual). Segera setelah rilis Firefox 1.0 pada November 2004, browser mulai mengambil porsi yang signifikan dari pangsa pasar dari Microsoft Internet Explorer. Mozilla kemudian memperluas pasar Firefox di seluruh dunia dengan menambahkan dukungan untuk 31 bahasa. Dalam beberapa minggu setelah rilis Firefox 1.0, Mozilla juga memperkenalkan Thunderbird, klien email sumber terbuka yang dikembangkan untuk bekerja bersama-sama dengan Firefox.

 

 

  • Safari

 

Safari adalah Web browser yang dikembangkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat, Apple Inc. Web Browser ini merupakan browser default dari sistem operasi yang digunakan dalam lini produknya seperti OS X untuk komputer Mac, MacBook dan iOS untuk perangkat seluler iPhone dan iPad. Safari awalnya dikembangkan untuk OS X dan dirilis sebagai beta publik pada 7 Januari 2003, dengan pembaruan besar di Safari 4 yang dirilis pada Februari 2009.

  • Internet Explorer

 

Internet Explorer adalah Web Browser gratis yang dikenal dengan sebutan IE atau MSIE, Web Browser ini memungkinkan para penggunanya dapat untuk melihat halaman web, mengakses perbankan online, pemasaran online melalui internet, mendengarkan dan menonton video streaming, dan lain – lain. Browser ini dikembangkan perusahaan Microsoft pada tahun 1995. Browser ini buat sebagai pesaing dari browser ternama yaitu Netscape Navigator.

 

Microsoft Internet Explorer adalah browser web yang lebih populer selama bertahun – tahun dari 1999 hingga 2012 karena dapat bekerja lebih baik dari Web Browser pertama yaitu Netscape Navigator. Kelebihan dari Browser adalah fitur berbagi file jaringan, pilihan koneksi internet, Scripting aktif dan pengaturan keamanan. Selain itu Browser ini menyediakan fitur lain seperti:

 

  • Remote administration
  • Proxy server configuration
  • VPN dan FTP client capabilities

 

  • Opera

 

Opera merupakan Web browser yang memberikan beberapa keunggulan dibandingkan browser lain dari Mozilla atau Internet Explorer. Selain ukuran File nya yang kecil Opera juga dikenal cepat dan stabil. Opera tersedia untuk sejumlah sistem operasi, termasuk BeOS, Symbian OS, Linux, Mac OS, OS/2, Solaris, dan Windows. Browser ini menawarkan kemampuan yang sama dari browser yang lebih populer sebelumnya termasuk pencarian terintegrasi dan pesan instan, dukungan untuk JavaScript, cascading style sheets, dan E-mail. Karena Opera sangat ringkas, Opera telah dipromosikan untuk digunakan di perangkat Internet mobile , termasuk smartphone yang menggunakan sistem operasi Windows Mobile.

 

Opera mulai dikembangkan pada tahun 1994 sebagai projek penelitian untuk perusahaan telepon nasional di Norwegia, Telenor. Web Browser Opera dapat kita dapatkan dengan gratis untuk diunduh ke semua platform yang didukung.

 

  • Google Chrome

 

Google Chrome adalah browser web gratis yang dikembangkan oleh Google, digunakan untuk mengakses halaman web di internet. Pada Maret 2022, Google Chrome merupakan pilihan paling populer di seluruh dunia, dengan lebih dari 62% pangsa pasar browser web.

 

Google Chrome juga merupakan browser lintas platform, artinya ada versi yang berfungsi di komputer, perangkat seluler, dan sistem operasi yang berbeda. Menurut Statistik, Google Chrome untuk Android adalah versi yang paling banyak digunakan, memegang lebih dari 36% pangsa pasar browser web global pada Januari 2022.

 

 

Semoga artikel yang kami tulis diatas dapat memberikan manfaat dan ilmu pengetahuan bagi para pembacanya, apabila ada kata-kata yang kurang baik dalam penulisan artikel kami mohon dimaklum karena setiap manusia pasti ada kesalahan, jangan lupa di like & share artikel nya ke teman-teman yang lain agar dapat ilmu dan manfaat yang sama..TERIMA KASIH.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.