Pengertian, Fungsi dan Keuntungan dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi

 

  1. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

 

Merupakan segala sesuatu hasil budaya (daya kreasi dan inovasi) yang dapat mempermudah proses manusia. Secara mendasar  informasi berarti data bermanfaat bagi pihak yang membutuhkannya, sedangkan data ialah segala bentuk fakta atau pengamatan yang mewakili juga menggambarkan keadaan objek. bisa menyerupai tempat, orang, benda, dan yang lainnya. Data dinyatakan dengan nilai (deretan karakter, symbol dan angka) tetapi yang universal adalah yang berupa data dan angka dapat juga berupa hal – hal yang sulit untuk diukur misalnya sifat, situasi, kondisi, ide, dan lain – lain. informasi data merupakan yang telah diorganisasikan sesuai ke dalam bentuk dengan kebutuhan penggunanya. Pada masa lalu teknologi informasi yang digunakan berupa tanda, gambar/goresan, telegraf, arsip, dan lain sebagainya.

Tujuan dari teknologi informasi ialah sebagai pemecahan masalah, membuka kreativitas, efektivitas, dan efisiensi. Fungsi teknologi informasi:

  • Menangkap (capture).
  • Memproses (processing).
  • Menghasilkan (generating).
  • Menyimpan (storage).
  • Mencari kembali (retrieval).
  • Melakukan transmisi (transmission).

Keuntungan teknologi informasi:

  • Kecepatan
  • Konsistensi
  • Presisi

Berikut ini adalah beberapa pengertian teknologi informasi dan komunikasi menurut tokoh dan ahli:

  1. Menurut pengetahuan Eric Deeson, UK: kebutuhan manusia didalam mengambil,memindahkan, mengolah dan memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara menyeluruh. Bagaimana implikasinya agar dapat menguntungkan secara perseorangan/individual dan masyarakat secara keseluruhan tidak didefinisikan secara lebih khusus.
  2. Menurut Puskur Diknas Indonesia:
  3. Ada dua aspek dalam Teknologi informasi dan komunikasi, yaitu:
  • Teknologi informasi

Teknologi informasi adalah semua hal yang berhubungan dengan proses, manipulasi, penggunaan sebagai alat bantu dan pengelolaan informasi

  • Teknologi komunikasi.

Teknologi komunikasi adalah segala hal yang berhubungan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat lainnya.

 

  1. Teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua hal sulit untuk dipisahkan karena memiliki pengertian yang luas dalam segala kegiatan yang berhubungan dengan pemrosesan, pengelolaan, manipulasi dan transfer/pemindahan informasi antarmedia.

 

  1. Menurut Anatta Sannai, Indonesia: teknologi informasi dan komunikasi adalah sebuah media atau alat bantu untuk mendapatkan pengetahuan antara individu kepada orang lain.
  2. Oxford English Dictionary (OED2) edisi ke-2: mendefinisikan teknologi informasi adalah hard ware dan software, juga bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha.
  3. Menurut Haag dan Keen (1996): teknologi informasi ialah alat yang bisa membantu kita untuk bekerja dengan informasi hingga melakukan tugas dan kewajiban yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
  4. Menurut Martin (1999): teknologi informasi tidak terbatas pada teknologi komputer saja (Hardware dan software) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim arkan informasi.
  5. Williams dan Sawyer (2003): mengungkapkan bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, video dan suara.

 

Teknologi informasi dan komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana caranya mendapatkan pengetahuan berupa informasi melalui komunikasi dengan lebih mudah dengan menggunakan peralatan dan media yang baru, sehingga hadirnya  teknologi informasi dan komunikasi manusia mampu menciptakan dan berinovasi  berbagai peralatan teknologi yang membuat manusia lebih mudah dalam pekerjaan sehari – hari. Contohnya:

  • Dengan televisi, manusia dapat menjadi saksi peristiwa yang terjadi di tempat lainnya.
  • Dengan telepon, manusia mampu untuk berkomunikasi dalam jarak dekat atau jauh.
  • Dengan komputer, manusia dapat memperoleh dan menyimpan data sebagai informasi.
  • Dengan internet, manusia dapat berkomunikasi langsung dengan wajah (teleconference).

Kita dapat menyimpulkan bahwa contoh di atas dapat peralatan teknologi berperan sebagai jembatan (media) antara manusia dengan informasi.

 

  1. Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

 

Peralatan telekomunikasi dapat mengubah informasi ke dalam wujud, bentuk dan tipe yang berlainan. Informasi dalam bentuk suara, teks dan video diubah menjadi sinyal listrik/optic yang mana dengan teknologi ini memungkinkan informasi tadi dikirimkan ke tempat yang jauh. Pada saat sinyal – sinyal tersebut sampai dan diterima, peralatan di penerima akan mengubah lagi sinyal yang diterima menjadi pesan yang dapat dimengerti atau rubah kembali ke bentuk awalnya.

Pesan – pesan dalam telekomunikasi dapat dikirim dengan berbagai macam peralatan dan dengan berbagai cara. Pesan-pesan yang dapat dikirim oleh satu pengirim ke satu penerima, yang dikenal dengan istilah point to point, bisa juga dari satu pengirim ke banyak penerima, yang dikenal dengan istilah point to multipoint. Komunikasi personal seperti percakapan melalui telepon atau pengiriman faksimili merupakan contoh transmisi point to point. Sedangkan contoh dalam telekomunikasi point to multipoint atau dapat juga disebut broadcast adalah televisi dan radio.

Berikut beberapa peralatan teknologi informasi dan komunikasi.

 

 

  • Telegraf

Telegraf adalah sebuah alat komunikasi yang dapat mengirim atau menerima pesan dari jarak dekat atau jauh. yang menemukan telegraf adalah Samuel F.B Morse dan  asistennya yang bernama Alexander Bain. Dahulu penggunaan telegram sangat popular hingga akhirnya penggunaannya diganti telepon jarak jauh (interlokal), dahulu telegram sangat banyak pemakaiannya untuk pengiriman dokumen yang resmi. Meski perkembangan alat komunikasi telah  canggih, ternyata penggunaan telegraf masih dipakai untuk keperluan pesawat udara, navigasi pelayaran dan dibidang militer.

 

  • Telepon

Telepon adalah alat komunikasi yang dapat mengirim pesan suara terutama pesan yang berbentuk percakapan. Telepon beroperasi melalui transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

 

  • Telepon Genggam

Atau ponsel juga bisa disebut handphone (HP) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang fungsinya sama dengan telepon konvensional, namun telepon  ini dapat dibawa kemana – mana (mobile, portabel) tanpa menggunakan kabel (nirkabel,wireless).

 

  • Televisi

Televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang digunakan untuk menerima siaran berupa gambar bergerak dan biasanya dilengkapi suara, gambar bergerak diterima dalam bentuk monokrom (hitam putih) maupun warna.

 

  • Faksimili

Atau dikenal dengan Faks, berasal dari kata “Fac smimile”(make smiliar) dalam bahasa latin, yang artinya membuat salinan yang sama dengan aslinya. dalam bidang yang lain mesin faks dikenal dengan nama telecopier.

 

  • Radio

Adalah teknologi yang dipergunakan agar pengeriman sinyal caranya dengan modulasi dan radiasi elektromagnetik ( gelombang elektromagnetik ). Gelombang ini melintas dan merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengankut (seperti molekul udara). Adapun jenis –jenis radio adalah:

  • Radio AM (Amplitudo Modulasi)

Yang memodulasikan prinsip dasar cara kerjanya suatu gelombang radio dan gelombang audio. Keduanya ini sama – sama memiliki amplitudo yang konstan, namun prosesnya modulasi ini kemudian mengubah amplitudo gelombang penghantar (radio) sesuai dengan amplitude gelombang radio.

  • Radio FM (Modulasi Frekuensi)

Radio yang bekerja dengan prinsip yang serupa dengan radio AM, yaitu dengan memodulasi gelombang radio (penghantar) dengan gelombang audio. Bisa saja pada radio FM proses modulasi ini menyebabkan perubahan pada frekuensi.

 

 

  • Wakie talkie

Adalah sebuah alat komunikasi genggam yang dapat mengkomunikasikan oleh dua orang atau lebih dengan menggunakan gelombang radio. dikenal juga dengan sebutan Two Way Radio atau radio dua arah, yang dapat melakukan pembicaraan dua arah berbicara tau mendengar lawan bicara secara bergantian.

 

  • Internet

Ialah merupakan hubungannya berbagai jenis komputer dengan jaringan di dunia yang berbeda dalam sistem operasinya ataupun aplikasinya. Penghubungan tersebut bisa memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan juga satelit) yang menggunakan protocol standar dalam berkomunikasi yaitu TCP/IP yang berisikan suatu informasi sebagai sarana komunikasi yang berupa data suara, gambar, video dan juga teks.

 

Demikianlah artikel mengenai pengertian, fungsi dan keuntungan dalam teknologi informasi dan komunikasi yang telah kami buat. Semoga isi dalam artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda lebih baik lagi. Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk share bila anda suka.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.