Pengertian Perubahan Sosial Dalam Masyarakat Yang Harus Kita Pahami

Perubahan Sosial menurut Robert Macivera dalah perubahan pada Lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya ada nilai-nilai sikap dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

PENGERTIAN SOSIAL DAN BUDAYA DALAM PENGERTIAN PERUBAHAN

Setiap masyarakat dalam kehidupan nya senan tiasa mengalami perubahan sosial budaya. Hal itu disebabkan masyarakat mempunyai kegiatan yang tidak akan pernah berhenti sehingga perubahan sosial budaya nya juga berlangsung terus-menerus.

  1. Pengertian perubahan Sosial dan Budaya

Adalah Perubahan Lembaga Pemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial,  termasuk di dalam nya ada nilai-nilai sikap dan pola prilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Terjadi nya perubahan sosial di dalam masyarakat yang terjadi adalah perubahan struktur dan fungsi sosial. Contoh perubahan dalam struktur sosial adalah perubahan jumlah penduduk, perubahan status sosial dan perubahan lapisan sosial. Sedangkan contoh dari perubahan dalam fungsi sosial, antara lain adalah ayah berada di rumah sedangkan ibu yang bekerja. Perubahan yang terjadi dalam masyarakat, akan menyangkut pada perubahan kebudayaan.

Perubahan kebudayaan adalah ketidak sesuaian nya unsur-unsur kebudayaan yang berbeda-beda,  sehingga terjadi ketidak serasian fungsi bagi kehidupan masyarakat,  perubahan kebudayaan menyakut semua bagian kebudayaan. Bagian-bagian yang turut mengalami proses perubahan kebudayaan antara lain kesenian,  ilmu pengetahuan,  teknologi, dan filsafat termasuk bentuk serta aturan organisasi sosial yang perubahan kebudayaannya berjalan terus-menerus.

  1. Terjadinya Penyebab Perubahan Sosial dan Budaya

Faktor penyebab terjadinya perubahan sosial dan kebudayaan di golongkan menjadi 2 (dua) golongan yaitu Faktor dari dalam dan Faktor dari luar masyarakat.

  1. Faktor dari Dalam Masyarakat
  2. Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk akan menyebabkan perubahan dalam pola tempatt inggal. Mereka yang semula nya terpusat pada lingkungan kerabat,  berubah terpencar dengan berorientasi pada pekerjaan atau mata pencaharian penduduk.

  1. Berkurang Nya Penduduk

Semakin berkurang nya penduduk,  pertumbuhan masyarakat secara keseluruhan akan terhambat. Contohnya perpindahan penduduk dari desa ke kota atau Urbanisasi menyebabkan sulitnya untuk mendapatkan tenaga muda di desa yang membawa dampak terhambat nya program modernisasi desa.

  1. Terjadi Pemberontakan atau Revolusi

Pemberontakan akan membawa dan menyebabkan pada perubahan peta politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Contoh nya pemberontakan G30S/pki pada tahun 1965 membawa perubahan pada system politik Indonesia dan dilarang nya ajaran komunis di Indonesia.

  1. Peranan Nilai yang Diubah

Nilai yang di ubah membawa perubahan dalam masyarakat, misalnya pembudayaan keluarga berencana(KB) di Indonesia mampu mencegah nya pertambahan penduduk.

  1. Peranan TokohKharismatik

Tokoh kharismatik membawa pengaruh dalam membawa perubahan masyarakat misalnya pengaruh Nabi Muhammad saw terhadap umat islam yang ada di seluruh dunia.

  1. Penemuan Baru atau Inovasi

Suatu proses sosial dan kebudayaan yang besar terjadi dalam jangka waktu tertentu dan tidak terlalu lama disebut penemuan baru. penyebab penemuan baru dalam perubahan di bedakan menjadi dua bagian yaitu Discovery dan Invention. Discovery adalah perubahan suatu penemuan unsure kebudayaan yang baru, baik alat maupun ide yang diciptakan oleh idividu atau kelompok. sedangkan Invention adalah perubahan suatu penemuan baru yang sudah diakui, diterima dan di pakai atau di gunakan oleh masyarakat secara luas.

  1. Pertentangan Dalam Masyarakat atau Konflik

Konflik antar kelompok sosial atau golongan dalam masyarakat akan menyebabkan perubahan masyarakat yang bersangkutan. Contoh nya Konflik yang berlatar belakang sara pada masyarakat Heterogen yang menyebab kanretak nya persatuan dan kesatuan bangsa.

  1. Faktor Di Luar Masyarakat

Perubahan faktor sosial dan kebudayaan yang berasal dari luar masyarakatan dalah

  1. Pengaruh Lingkuan Alam

Tanah yang subur atau pun tanah dalam keadaan tandus membawa pengaruh yang berbeda alam tingkat kemakmuran masyarakat. Contoh nya pengaruh tanah pertanian yang subur di suatu daerah tertentu,  hasilnya akan berbeda bila di bandingkan dengan tanah yang gersang di daerah gurun, terhadap pengolahan dan pendapatan bagi petani tersebut.

  1. Pengaruh Kebudayaan Dengan Masyarakat Yang Lain

Kontak kebudayaan dengan masyarakat yang lain akan menyebabkan pengaruh positif dan negatif. Contoh nya adalah kontak kebudayaan Indonesia dengan kontak kebudayaan Barat(Eropa). pengaruh positif berupa transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi sedangkan pengaruh negative berupa sikap kebarat-baratan. (westernis).

  1. Peperangan

Peperangan akan menyebabkan perubahan negative bagi seluruh kehidupan aspek masyarakat, misalnya perang irak yang membawa derita berkepanjangan bagi masyarakat irak. akibat serangan Amerika dan sekutunya.

  1. Contoh Perubahan Positif dan Perubahan Negatif di masyarakat

Contoh Perubahan Positif adalah sebagai berikut :

  1. Perubahan bercocok tanam dengan menggunakan perkembangan teknologi pertanian
  2. Perubahan memasak dengan menggunakan peralatan dan teknologi memasak.
  3. Perubahan transportasi dengan diciptakan nya alat-alat transportasi dan makin maju nya teknologi transportasi.
  4. Perubahan komunikasi dengan alat teknologi komunikasi.

Contoh perubahan Negatif yang di pengaruhi oleh perubahan sosial budaya adalah sebagai berikut:

  1. Polusi udara disebabkan oleh kemajuan industry berupa gas-gas beracun yang berasal dari asap pabrik-           pabrik, kendaraan, penggunaan zat-zat kimia yang berlebihan sehingga mengganggu Kesehatan manusia dan    merusak lapisan ozon di atmosfer.
  2. Rusak nya lingkungan akibat penebangan pohon-pohon yang ada di hutan secara berlebihan untuk kepentingan industri.
  3. Bencana banjir yang di akibatkan rusak nya hutan lindung dan daerah resapan.
  4. Kemacetan lalulintas akibat menggunakan kendaraan bermotor dan mobil yang berlebihan sehingga makin banyak nya jumlah kendaraan yang ada.
  5. macam – macam Perubahan sosial

Proses perubahan sosial yang melanda kehidupan manusia dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk yaitu:

  1. Berdasarkan sifatnya
  2. Perubahan Progresif yaitu Perubahan yang mengarah pada keadaan yang lebih baik dan menuju pada kemajuan seperti perbaikan tingkat kesehatan, keberhasilan pembangunan, dan kemajuan teknologi.
  3. Perubahan Regresif yaitu Perubahan yang mengarah pada keadaan yang lebih buruk dibandingkan sebelum nya seperti kerusakan bencana alam tsunami, gempa bumi, menurun nya moralitas bangsa dan merosotnya semangat kerja masyarakat.
  4. Berdasarkan Kesadarannya
  5. Perubahan disengaja (intended) yaitu Suatu perubahan yang dilakukan secara sadar demi kemajuan masyarakat, seperti meningkatkan sumber daya manusia dengan memberikan kesempatan memperoleh peningkatan biaya atau anggaran pendidikan dan peningkatan standar mutu pendidikan.
  6. Perubahan Tidak disengaja (unintended) yaitu Suatu perubahan yang terjadi secara kebetulan, seperti masyarakat pinggir pantai yang mendapatkan rezeki ikan yang terdampar atau peternak ayam yang merugi karena ayam nya keserang virus flu burung, tanah petani menjadi subur karena dampak gunung berapi yang yang meletus
  7. Berdasarkan percepatan
  8. Perubahan yang terjadi secara lambat atau evolusioner yaitu Suatu perubahan yang terjadi secara perlahan-lahan tidak terasa. seperti tingkat kedewasaan masyarakat dan tingkat perubahan pengetahuan masyarakat.
  9. Suatu perubahan yang terjadi secara singkat dalam wujud yang nyata dan terlihat biasanya di artikan Perubahan yang terjadi secara cepat atau radikal seperti revolusi dan reformasi.
  10. Bentuk-Bentuk Perubahan Kebudayaan

Kebudayaan juga memiliki bentuk-bentuk, seperti :

  1. Inovasi ialah Proses perubahan suatu kebudayaannya yang terjadi dalam waktu yang tidak lama.
  2. Difusi adalah Merupakan suatu proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari satu individu ke individu lain.
  3. Akulturasi adalah Pertemuan antara dua kebudayaan dari bangsa yang berbeda satu sama lain dan harus saling mempengaruhi sehingga membentuk kebudayaan baru yang bertemu tersebut.

Terima Kasih sudah meluangkan sudah membaca artikel ini, semoga bisa menambah wawasan kalian dan menjadi manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.