Penjelasan, Jenis – Jenis dan Fungsi Perangkat Lunak Komputer (Software)

 

  1. Apa Itu Perangkat Lunak Pada Komputer ?

 

Komputer merupakan alat elektronik otomatis yang berperan dalam proses pengolahan, penyimpanan, dan penyajian informasi. Agar dapat digunakan untuk memasukkan data, memproses data, dan menghasilkan informasi, maka komputer harus berisikan sebuah program atau software.

Suatu program atau software komputer yang berisi instruksi dibuat dengan menggunakan bahasa khusus yang akan memberi perintah kepada komputer untuk menjalankan berbagai pemrosesan atau pengoperasian terhadap data. Data itu dapat berupa data yang terdapat dalam program tersebut atau data yang dimasukkan oleh pengguna komputer sendiri.

Tanpa adanya program yang dimasukan kedalam sebuah komputer, maka komputer tersebut tidak dapat dijalankan. Program ini bisa berupa langkah prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya atau suatu langkah prosedur pengoperasian dari dalam komputer itu sendiri, bisa juga suatu langkah prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Program – program inilah yang kemudian disebut sebagai perangkat lunak komputer atau software. Dapat diibaratkan perangkat lunak (software) adalah ‘jiwa’ sedangkan perangkat keras (hardware) berfungsi sebagai ‘tubuh’ didalam sebuah komputer. Tanpa software mustahil komputer dapat kita gunakan.

Fungsi Software bagi mesin komputer dan pengguna komputer sangat banyak sekali. Fungsi-fungsi dari Software tersebut antara lain:

 

  • Mengidentifikasi masalah program.
  • Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja dari peralatan komputer dapat terkontrol.
  • Membuat dan mengatur pekerjaan lebih efisien.

Berdasarkan fungsinya dalam pengoperasian sistem teknologi informasi dan komunikasi, perangkat lunak dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu operating system, programming language, dan aplication packages.

 

  1. Operating System (Sistem Operasi)

Adalah merupakan kumpulan dari program rountine dan prosedur yang dibuat untuk meringankan peranan pengguna komputer dalam sebuah sistem komputer dan juga untuk menambah atau memperbesar efisiensi dari sistem tersebut. Sistem operasi adalah media yang menjembatani komunikasi antara perangkat keras komputer dan manusia sebagai pengguna (user). Semakin canggih sistem operasi maka utilitas komputer akan semakin tinggi, hal ini tergantung juga pada penggunanya.

Sistem Operasi merupakan sistem software yang berfungsi untuk mengatur cara kerja komputer secara mendasar, seperti mengatur media – media input-proses-output, mengatur tabel pengkodean, mengatur memori, mengatur penjadwalan processor, dan lain sebagainya.

 

 

 

  1. Jenis – jenis dari sistem operasi komputer

Jenis – jenis dari sistem operasi komputer adalah sebagai berikut:

 

  • Windows

Microsoft windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh microsoft corporation yang menggunakan interface berbasis Graphical User Interface (GUI) atau tampilan antarmuka bergrafis.

 

  • DOS

DOS merupakan sistem operasi buatan Microsoft yang digunakan pada komputer – komputer versi lama. DOS adalah sebuah sistem operasi dasar pada sistem operasi Windows bahkan samapi saat ini masih digunakan. Sistem operasi DOS dapat digunakan untuk recovery sistem komputer, terutama jika suatu saat data – datanya mengalami masalah pada sistem operasi Windows.

 

Perkembangan dari sistem operasi Windows adalah sebagai berikut.

  1. Windows graphic environment (versi 1x hingga versi 3x).
  2. Windows 9x dengan sistem operasi hibrida 16 bit/32-bit (Windows 95, Windows 98, Windows ME).
  3. Windows NT (Windows 2000, Windows XP, Windows server 2003, Windows Vista, Windows server 2008, Windows 7).
  4. Windows 8 yang digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media.

 

  • UNIX

UNIX adalah sistem operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie dikembangkan oleh Atet Bill Labs. diciptakannya sebagai pengoperasian sistem yang multi tasking, multi user dan bersifat portabel. Sistem operasi UNIX lebih menekankan diri pada workstation dan server, UNIX ditulis dalam bahasa C sehingga mirip dengan Dos, yaitu Line/Text command based. Selain itu, setiap file, direktori, user, dan group dalam sistem operasi UNIX memiliki set izin tersendiri untuk diakses.

 

  • Linux

Linux dikembangkan oleh Linus Torvalds yang pada mulanya sekadar emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server UNIX.

Sistem untuk Pengoperasian  Linux menyediakan interface baris perintah melalui sebuah shell (konole). Linux dapat didistribusikan tanpa harus memberikan. royalti pada seseorang. Ada beberapa distro Linux. seperti Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Unux-Mandrake, Red Hat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, dan Ubuntu.

 

  • IBM OS/2

Sistem operasi IBM OS/2 ini dibuat secara bersama oleh IBM  Corporation dan Microsoft Corporation khusus untuk sistem operasi pada IBM yang sebelumnya menggunakan DOS. Sistem operasi ini didesain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari microprocessor intel 80286, termasuk di antaranya protected mode, mampu menjalankan tugas secara bersamaan (simultan), serta didukung oleh memori virtual, dengan konsisten mempertahankan kompatibilitas dengan berbagai macam perangkat lunak MS-DOS yang beredar pada saat itu.

 

 

  • Mac OS/Macintosh

Mac OS atau Macintosh operating system adalah sistem operasi yang dibuat Apple Computer, khusus untuk komputer Macintosh. Mac OS atau macintosh merupakan sistem operasi pertama yang telah menggunakan Graphical User Interface (GUI). Sistem operasi Macintosh ada dua jenis, yaitu Mac OS klasik dan Mac OS X.

Kelebihan cara penggunaan dari sistem operasi Macintosh, antara lain:

  • Stabil karena menggunakan UNIX.
  • Tampilan sangat bagus.
  • Aman dari malware.

 

  • Chrome OS

Chrome OS adalah sistem operasional dari google yang ringan, berbasis Linux, dan standar web untuk personal komputer, Google Chrome bekerja dengan metode windowing atau switching (multitasking)

 

  • Android

Android juga merupakan sistem operasi dari google, di mana pada awalnya android hanya ditujukan untuk perangkat smartphone. Pada perkembangannya, android juga dapat diimplementasikan pada personal computer (PC).

 

 

  1. Fungsi Sistem Operasi

Secara umum fungsi utama sistem operasi sebagai berikut:

 

  • Sebagai manajemen proses yang mencakup penjadwalan, penyiapan dan pemantauan proses program yang sedang berjalan.
  • Sebagai manajemen sumber daya yang berkaitan dengan kontrol pada sistem/perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan.
  • Sebagai manajemen data, yaitu berupa pengendalian terhadap data input/output dan sarana untuk mengelola keamanan.

 

  1. Bahasa Pemrograman

 

Bahasa pemrograman adalah software bahasa – bahasa yang digunakan oleh para pembuat sebuah program/software untuk menuliskan berbagai macam instruksi atau program. Software ini sangat  membantu para programmer tersebut dalam menciptakan sebuah program atau software tertentu. Sistem software ini juga berfungsi sebagai pengatur komunikasi komputer dengan komputer atau komputer dengan user (pengguna).

Beberapa contoh software bahasa pemrograman adalah sebagai berikut:

 

  • BASIC (Beginners All Purpose Simbolic Instruction Code)

Bahasa program paling sederhana untuk pemula.

 

  • PASCAL

Bahasa program yang termasuk dalam kategori bahasa tingkat tinggi (HLL atau high level lan guage).

 

  • COBOL

Bahasa program yang digunakan khusus untuk menyelesaikan masalah-masalah bisnis.

 

  • FORTRAN (Formula Translator)

Bahasa program yang digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah perhitungan yang melibatkan karakteristik matematika dan kalkulus.

 

  • C

Bahasa program yang universal C digunakan untuk segala macam kebutuhan pembuatan program aplikasi.

 

  • C++

Bahasa program berbasis bahasa C yang dikembangkan dan spesifikasi di bidang program berbasis objek (Object Oriented Program).

 

  • Visual Delphi

Bahasa program visual berbasis bahasa Pascal yang dikembangkan dan telah dilengkapi program berbasis objek (Objek Oriented Program).

 

  • Visual Basic

Bahasa program visual berbasis bahasa BASIC yang dikembangkan dan telah dilengkapi program berbasis objek (Object Oriented Program).

 

  • Visual C++

Bahasa program visual berbasis bahasa C++ yang dikembangkan dan spesifikasi di bidang program berbasis objek (Object Oriented Program).

 

  • Assembler

Bahasa tingkat rendah, khusus untuk perintah bahasa mesin.

Ada tiga tingkatan dalam bahasa pemrograman, yaitu:

  1. Low level language

Biasa disebut untuk kode atau bahasa mesin. ini adalah bahasa pemprograman generasi pertama. Kode yang digunakan adalah kumpulan angka yang terdiri atas angka 1 dan 0 yang diatur sehingga membuat sinyal elektronik dan memberitahu komputer tugas apa saja yang harus dilakukan.

  1. Middle Language

Hampir sama dengan bahasa mesin tetapi perintah atau instruksinya telah mendekati bahasa sehari – hari. Hal ini semakin memudahkan programmer untuk membuat program karena kodenya adalah huruf bukan angka.

  1. High level language

Bahasa ini sangat mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari – hari

  1. Program Bantu (Utility)

Program bantu (Utility) merupakan program yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang berhubungan dengan komputer. Misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak, mengatur ulang isi hard disk (partisi, defrag).

 

 

Demikianlah artikel mengenai jenis – jenis dan fungsi perangkat lunak pada komputer, semoga dengan artikel ini para pembaca dapat mengenal dan mengerti tentang fungsi serta manfaat dari berbagai jenis perangkat lunak yang ada pada komputer.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.