Penjelasan Lima Usaha Pemanfaatan Laut Dalam Meningkatkan Perekonomian

Negara maritim  ialah Negara yang mempunyai hamparan lautan yang sangat luas dibandingkan dengan daerah daratan.  Biasanya Negara maritim yang mempunyai bentuk kepulauan,  sebagaimna Negara Republik Indonesia yang mempunyai begitu banyak pulau bahkan sampai belasan ribu pulau. Lima upaya pemanfaatan Laut dalam meningkatkan perekonomian diantaranya ialah.

  • Pengembangkan cara penangkapan ikan.

Sudah waktunya peranan pemerintah  memperhatikan nasib para penankap ikan atau nelayan dan kelestarian ekosistem laut dan pemerintah bisa membuat suatu peraturan yang sangat tegas tentang cara menangkap ikan dengan menggunakan cara seperti pukat harimau dan pemerintah harus bisa memberikan jalan keluar atau solusi yang sangat baik bagi para nelayan yang masih menggunakan teknik tersebut.

  • Pembudidayaan Kerang dan hasil laut yang lainnya

Sudah waktunya pula kelompok masyarakat nelayan dapat membudidayakan hasil tangkapaan dari laut diantaranya adalah kepiting, rumput laut, udang dan juga kerang laut agar tarap perekonomian para nelayan bisa membaik

  • Penigkatan Industri Garam

Dengan memiliki wilayah laut yang sangat luas produksi garam menjadi salah satu kesempatan terbesar yang dapat dimanfaatkan supaya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat

  • Meningkatkan Daerah Pariwisata

Memelihara daerah parawisata maritim seperti pantai bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun manca Negara dan begitu pula bisa menjadi salah satu yang dapat dilakukan agar meningkatkan perekonomian bagi warga setempat ataupun bagi pemerintahan daerahnya.

  • Penigkatan Industri Wisata Bawah Laut

Yang dimaksud dengan industry bawah laut ialah dengan menjadikan tempat penyelaman, diving seperti objek wisata. Akan tetapi perlu di ingat  juga supaya dapat mewujudkan hal seperti itu kelestarian dan keindahan bawah laut harus benar – benar dijaga dengan secara ekstra.

Demikian rangkuman penjelasan tentang Lima upaya pemanfaatan Laut dalam meningkatkan perekonomian. Dan kami mengucapkan banyak – banyak terimaksih atas kesediaannya saudara atau saudari, telah berkunjung ke halaman ini untuk membaca aritikel tentang penjelasan Lima upaya pemanfaatan Laut dalam meningkatkan perekonomian, adapun kekurangan dalam penulisan artikel ini kami sebagai penulis berharap anda sekalian memberikan saran dan keritik yang membangun supaya kami dapat mebuat artikel yang lebih sempurna lagi dan tidak lupa juga kami mengharapkan batuan dari anda sekalian agar dapat membagikan atau share halaman ini kepada sanak saudara anda, teman – teman dan kerabat anda sekalian. Dan di akhir kata kami mengucapkan Wassalamualaikum warohmatullahi wabarakatu. Salam sejahtra bagi kalian semua.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.