Penting Kita Ketahui!!! Batas – Batas Benua Asia Menurut Letak Geografisnya

Batas – Batas Benua Asia Menurut Letak Geografis

  1. Bagian utara : Samudra Arktik dan Laut Bering
  2. Bagian selatan : Samudra Hindia
  3. Bagian timur : Samudra Pasifik
  4. Bagian barat : Laut Tengah dan Laut merah

 

PENJELASAN MENGENAI BENUA ASIA

  1. Karakteristik Benua Asia

Benua Asia merupakan benua terbesar dunia di antara benua-benua lain nya. Luas Benua Asia mencapai sepertiga dari luas daratan bumi, yaitu 44.6 juta km², yang memisahkan dua Benua antara Benua Asia dan Benua Eropa, adalah Laut Kaspia dan Pegunungan Urai.Benua Asia dan Eropa sebenar nya merupakan satu jazirah yang sangat luas, sering di sebut juga Benua Eurasia yaitu Eropa dan Asia.

  1. Letak Benua Asia

Letak Benua Asia secara astronomis, terletak antara 11° ( derajat ) 16´ ( menit ) LU ( lintang utara ) – 77° (derajat) 41´( menit ) LU ( lintang utara ) dan antara 26° ( derajat ) 04´ ( menit ) BT ( bujur timut ) – 169°( derajat ) 40´( menit )BT ( bujur timur ). dan itu merupakan letak Benua Asia secara astronomis.

  1. Tentang Alam Benua Asia

Di dalam Benua Asia mempunyai alam yang berbeda-beda dan bervariasi, secara geologis.

untuk wilayah Asia Timur, banyaknya pegunungan dan sungai-sungai, dimana gunung-gunung tersebut masih aktif sampai sekarang, bahkan gunung yang paling aktif di dunia, kawasan nya menghadap ke Samudra pasifik. Di Asia Timur juga terdapat sungai kuning (Sungai Huang Ho) dan sungai Yang Tze.

Untuk wilayah Asia Tengah, merupakan daerah paling bergunung-gunung didunia. kawasan ini juga jauh dari Pelabuhan semua wilayah Asia Tengah merupakan daratan, kawasan ini sangatlah jauh dari Samudra, pada umum nya wilayah Asia Tengah merupakan daerah kering.

Untuk wilayah  Asia Selatan, dapat di jumpai dataran rendah, terutama di India dan Bangladesh. Didaerah ini juga terdapat sungai-sungai yang besar, seperti Sungai Gangga dan Sungai Indus yang tidak kering-kering sepanjang tahun nya.

Untuk Kawasan Asia Barat, merupakan daratan luas berbatu, gurun pasir, dan pegunungan.Di kawasan Asia barat terdapat banyak gurun pasir seperti Gurun Rub’al Khali dan Gurun An nafud. Kenampakan alam lain di kawasan Asia Barat adalah Sungai Eufrat dan Sungai Tigris.

Di Benua Asia juga terdapat hutan-hutan yang cukup besar. sekitar 16 persen wilayah Benua Asia di tutupi oleh hutan dan Kawasan hutan terbesar di Benua Asia terdapat di Siberia, cina dan Asia Tenggara.

c.Negara-negara di Benua Asia dan pembagian nya

  1.Asia Tenggara

No Nama Negara Ibu Kota
1. Indonesia Jakarta
2. Malaysia Kuala Lumpur
3. Filipina Manila
4. Thailand Bangkok
5. Singapura Singapura
6. Brunei Darussalam Bandar Seri Bagawan
7. Kamboja Pnom Penh
8. Vietnam Hanoi
9. Laos Vientiane
10. Myanmar Naypidaw
11. Timor Leste Dili

 

  2.Asia Barat

No Nama Negara Ibu Kota
1. Afganistan Kabul
2. Iran Teheran
3. Irak Bagdad
4. Arab Saudi Riyad
5. Turki Ankara
6. Suriah Damaskus
7. Israel Tel Aviv
8. Yordania Amman
9. Lebanon Beirut
10. Kuwait Kuwait
11. Yaman Sana’a
12. Oman Muskat
13. Bahrain Al Manama
14. Siprus Nicosia
15. Qatar Doha
16. Palestina Jerussalem
17. UniEmirat Arab Abu Dhabi

 

3.Asia Timur

no Nama Negara Ibu kota
1. Jepang Tokyo
2. korea selatan seoul
3. Korea utara Pyongyang
4. Republic Rakyat Tiongkok Beijing
5. Taiwan Taipei
6. Macow Macau
7. Mongolia Ulan Bator
8. Hongkong Hongkong

 

4.Asia tengah

no Nama Negara Ibu kota
1. Afganistan Kabul
2. kirgiztan Bishek
3. Tajikistan Dushambe
4. Uzbekistan Tashkent
5. Turkmenistan Ashabad

 

5.Asia Selatan

no Nama Negara Ibu kota
1. India New Delhi
2. Pakistan Islamabad
3. Banglades Dhaka
4. Srilanka SriJayawardenepura Kotte
5. Nepal Kathmandu
6. Butan Thimphu
7. Maladewa Male

 

d.Tentang Iklim

Iklim di Benua Asia ini berdasarkan garis lintang nya terbagi dari beberapa macam, Asia Tenggara beriklim Tropis yang artinya dengan suhu rata-rata diatas 18° ( derajat celcius ) kemungkinan curah hujan nya cukup besar dalam waktu sekurang-kurang nya 6 ( enam ) bulan lama nya. Asia Tenggara wilayahnya dilalui oleh garis khatulistiwa  dengan dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau.

Semenanjung Arab dan Asia Selatan juga mempunyai iklim tropis yang dimana suhunya cukup tinggi dan lembab. sedangkan negara-negara yang berada di pantai laut tengah mempunyai iklim subtropis yang artinya iklim yang mempunyai 4 ( empat ) macam musim yaitu musim panas, musim dingin, musim gugur dan musim semi.seperti negara jepang, negara korea selatan, negara korea utara dan negara tiongkok. sedangkan daerah Siberia di Asia Utara mempunyai iklim yang dingin.

Benua Asia yang daerah nya sangat luas menyebabkan bagian pedalaman beriklim darat.iklim darat bersifat kering dan perbedaan suhu siang dan malam hari sangatlah mencolok.wilayah-wilayah nya meliputi Gurun Arab, Gurun thar ( Pakistan ), Gurun Sinai, dan Gurun Gobi.

 

 

 

e.Jumlah penduduk

Penduduk Benua Asia pada tahun 2017 berjumlah kurang lebih 4.949 miliar jiwa menurut world population data sheet ( Population Reperence Bureau ). Daerah-daerah yang terpadat penduduknya adalah dataran rendah Cina, Jepang, lembah Sungai Indus, lembah Sungai Gangga dan pulau Jawa.

Daerah-daerah yang jarang penduduk nya adalah Siberia, Pegunungan Kawasan di Asia Tengah, Dataran Tinggi Tibet, daerah Gurun dan Stepa. Di Benua Asia terdapat 4 ( empat ) macam induk bangsa yaitu

1.Induk Bangsa Melayu

Induk Bangsa melayu menempati daerah-daerah kepulauan Indonesia, Kepulauan Filipina dan Jazirah Malaka.

2.Induk Bangsa Mongoloid

adalahTiongkok, Jepang, Mongolia, Korea, Tibet, Mancuria,

Kirgis, Myanmar, Thailand, dan Indocina.

3.Induk Bangsa Dravida

Induk Bangsa Dravida menempati daerah-daerah di Sri Lanka dan di India bagian selatan

4.Induk Bangsa Kulit Putih

tinggal dikawasan Asia Kecil yaitu bangsa-bangsa arab , iran, yahudi, Armenia, dan Hindu yang Sebagian bertempat tinggal di Kawasan Pakistan dan India.

  1. Kualitas penduduk nya

Negara-negara Asia umumnya memiliki potensi untuk mengembangkan perekonomian nya.

Di bidang produksi pertanian, seperti gandum, beras, dan berbagai bahan tambang, Asia memegang peranan penting di dalam bidang ini.walaupun ada beberapa faktor yang menimbulkan hambatan terhadap perekonomian Negara-negara Asia.

Rencana untuk kerja sama ekonomi regional di Kawasan wilayah Asia Tenggara dengan alasan sebagi berikut di antara nya ;

  1. Economic of scale menghasilkan manfaat yang lebih besar bagi bangsa nya jika mereka bergabung dalam aktivitas ekonomi yang besar.

2.Sebagai respons terhadap pengelompokan regional lain nya.

3.Sebagai alternatif kemungkinan gagalnya upaya menciptakan ekonomi dan perdagangan global yang terbuka, nondiskriminatif yang adil khusus nya pada pasar, MEE, NAFTA, AFTA, dan merupakan Blok ekonomi perdagangan yang tertutup.

Sejumlah negara industri Asia, seperti Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Indonesia, Malaysia, Singapur dan Thailand sebagai negara industri baru sangat dinamis tingkat pertumbuhan ekonomi nya.akan tetapi banyak juga negara yang perekonomian nya kurang berkembang akibat komplik yang berkepanjangan seperti Vietnam, Laos, Kamboja, Sri Langka dan Fhilipina.

 

  1. flora dan fauna

Di daerah-daerah yang banyak menerima curah hujan, seperti Asia Tenggara, Asia Selatan dan Asia timur, banyak kita dapati hutan yang lebat.Asia juga kaya akan hewan nya, terutama hewan yang menyusui.Di Asia Utara juga banyak terdapat beruang kutub, binatang pelza dan rusa kutub.

Di daerah yang beriklim monsun didapati gajah, ular, buaya dan badak sedangkan di daerah gurun dan stepa didapati kuda, unta, keledai, dan srigala.

 

  1. Pekembangan Negara-Negara di Benua Asia
  2. Jepang

Teknologi di jepang telah maju sehingga Industrinya juga maju dalam Bidang Pertanian masyarakat Jepang telah mengunakan peralatan teknologi modern. Perikanan dilakukan dengan tujuan untuk menambah gizi dan penghasilan masyarakat Jepang. kekayaan laut nya banyak sekali yang telah di manfaatkan, antara lain berbagai jenis Ikan ( Tuna dan Salmon ), Udang, Tiram dan Kerang yang merupakan bahan perdagangan penting.Perternakan di Jepang tidak begitu di utamakan di karnakan tanah nya sempit.

  1. Korea Selatan

Hasil pertanian di Korea Selatan yang penting adalah Padi, Kentang, Ubi, Selada, Sawi Putih, Lobak dan Bawang Bombay.Sektor Perikanan nya adalah Ikan Laut, Cumi-cumi, Kepiting dan Udang.

Pertambangan di Korea Selatan antara lain Batu Bara, Biji Logam, Emas dan grafit.Perindustrian nya Korea Selatan sangat maju terutama Industri Tekstil, Sepatu, Mobil, Besi, mesin dan Alat-alat Listrik.hubungan dagang nya dilakukan dengan Negara Amerika.

  1. Republic Tiongkok

Perekonomian Tiongkok mengandalkan pada sektor Pertanian, hasil utama nya yaitu Beras, Gandum, Ubi-ubian, Kedelai, Kapas, Kacang Tanah, Wijen dan Biji-bijian untuk pembuatan Minyak.

Perikanan di Tiongkok berkembang maju dengan menggunakan kapal penangkapan ikan yang modern.

Hasil Pertambangan di Negara Tiongkok antara lain Batu-bara, Besi, Minyak Bumi, Gas Bumi, Timah dan Tungsten/Wolfram( Kawat pijar listrik ). Tungsten/Wolfram merupakan hasil tambang terbesar di dunia.

 

Semoga Artikel Ini Bermanfaat Dan Memberikan Ilmu Pengetahuan Yang Baru Bagi Pembaca nya, Terima Kasih Telah Meluangkan Waktu nya. Jangan Lupa Share kepada teman lainnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.