Penyebab Dan Penghambat Perubahan Sosial Budaya Dalam Masyarakat

Apakah kalian paham tentang pengertian serta bentuk-bentuk perubahan dan penghambat perubahan sosial budaya?disini kita akan membahas tentang itu semua dan beberapa penjelasannya sebagai berikut :

Penyebab terjadinya Perubahan Budaya dan Sosial.

  1. Berkurangnya dan Bertambah penduduk
  2. Penemuan baru
  3. Konflik
  4. Terjadinya pemberontakan atau Revolusi
  5. Perubahan lingkungan
  6. Peperangan
  7. Pengaruh budaya lain

Penghambat terjadinya Perubahan Sosial Budaya.

  1. Kehidupan masyarakat yang terasingkan
  2. Ilmu pengetahuan yang terlambat perkembangannya
  3. Sikap Tradisional dalam Masyarakat
  4. Adanya prasangka terhadap hal-hal yang baru atau asing
  5. kebiasaan atau Adat istiadat

Dibawah ini berikut penjelasan-penjelasan tentang hal hal di atas, yang pertama akan kita awali dari faktor penyebab perubahan sosial dan budaya terlebih dahulu. Pada dasarnya perubahan sosial budaya dalam masyarakatterjadi karena adanya hal-hal yang dianggap sudah tidak memuaskan, kebosanan pada masyarakat terhadap suatu hal yang ada. Atau bisa juga masyarakat ini harus menyesuaikan diri dengan faktor yang baru.

  • Bertambah Dan Berkurangnya Penduduk

Indonesia adalah negara yang jumlah penduduknya termasuk sangat besar. Penduduk indonesia menduduki ribuan pulau yang terhampar dari sabang hingga merauke. Pulau jawa adalah pulau yang memiliki tingkat kepadatan yang tinggi, ini dikarenakan pulau jawa menjadi tempat pusat pemerintahan dan perekonomian negara, sehingga jadi banyak penduduk yang tergoda untuk datang dan tinggal di wilayah tersebut. Kepadatan penduduk di pulau ini dapat dilihat dari faktor geografis, khususnya dari faktor fisik berupa tanah subur dan faktor sejarahnya. Lalu mengapa perubahan jumlah penduduk ini dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial dan budaya. Ini dikarenakan jumlah penduduk di setiap wilayah berbeda-beda. Jumlah penduduk yang besar di negara kita ini menjadi permasalahan yang serius khususnya di daerah perkotaan. Semakin besar jumlah penduduk semakin banyak pula permasalahan yang akan di hadapi. Maka hal ini lah yang memicu faktor penyebab terjadinya perubahan sosial dan budaya di dalam masyarakat.

  • Penemuan Baru

Handphone adalah salah satu dari banyaknya penemuan-penemuan baru di era masa kini. Kecanggihan aplikasi handphone adalah sebuah perangkat yang berkembang saat ini yang kecanggihannya sudah tidak diragukan lagi. Yang awalnya hadnphone hanya sebagai saranan untuk bertukar suara saja, tapi seiring dengan berkembangnya zaman. Saat ini handphone sudah banyak dilengkapi dengan fitur-fitur canggih sserti kamera dan lainnya. Jadi penemuan-penemuan bari ini menjadi faktor penyebabnya perubahan sosial dan  budaya bisa terjadi , karena ketidak puasan masyarakat terhadap suatu hal serta kesadaran akan kekurangan dalam masyarakat akan menjadikan mereka terus menerus menggali hal baru yang dapat memuaskan keadaan mereka. Penemuan yang baru memang tidak terlalu banyak berpengaruh dalam kehidupan bermasyarakat. Tapi ketika pertama kalinya listrik di temukan pada tahun 1821, kehidupan dunia bnyak mengalami perubahan termasuk rangkaian-rangkain penemuan sesudahnya.

  • Konflik

Kita harus banyak bersukur telah menjadi bagian dari negara Indonesia, karena negara ini di karuniai berbagai keanekaragaman baik suku, agama, bangsa, dan ras yang bisa membawa proses multikultural. Namun disisi lain aneka ragam pun bisa menjadi sisi negatif dan berujung pada suatu konflik. Konflik bisa terjadi akibat adanya faktor, penyebab terjadinya konflik pada dasarnya karena adanya perbedaan, baik perbedaan kepentingan, kebudayaan, pendapat. Ataupun antar individu. Kemudian dari konflik itulah bisa menyebabkan terjadinya perubahan dalam masyarakat. Perubahan sosial dan konflik sebenarnya adalah suatu hal yang sangat berdekatan ketika dalam masyarakat ada perubahan sosial budaya yang cepat hl ini-dapat mengubah nilai-nilai dalam masyarakat, sebaliknya konflik yang terjadi dalam masyarakat juga dapat memunculkan terjadinya perubahan sosial. Contoh konflik yang pernah terjadi  di indonesia  diantarannya adalah ketika pemerintah RI dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Konflik tersebut terjadi karena perbedaan keinginan dan pendapat yang telah terjadi semenjak tahun 1976

  • Terjadinya Pemberontakan atau Revolusi

Pemberontakan atau Revolusi bisa menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya di kalangan masyarakat. Banyak sekali contohnya di dunia ini yang sudah terjadi. Gelombang revolusi unjuk rasa serta proses unjuk rasa yang telah terjadi di dunia Arab sebagai rangkaian dari the Arab Spring ialah contoh yang terjadi. misalnya pada tahun 2011 sudah terjadi revolusi di mesir, Demontrasi besar besar di negara mesir pada saat ini menuntut agar Presiden saat itu yakni Hosni Mubarak untuk melepaskan jabatannya setelah ia berkuasa selama 30 tahun.

Apakah Pernah negara Indonesia mengalami revolusi? ya pernah, contonya revolusi yang pernah terjadi di negara kita ini adalah  ketika indonesia mendapatkan kemerdekaannya pada tahun 1945. Dengan di ucapkannya proklamasi, rakyat indonesia menjadi bangsa yang merdeka, bebas dari cengkraman penjajah, serta telah mengubah struktur pemerintahan kolonial menjadi pemerintahan nasional. Bermacam-macam perubahan telah mengikuti seperti, Sistem sosial, lembaga keluarga, sistem politik dan sistem ekonomi.

  • Perubahan Dilingkungan Alam

Alam atau Lingkungan adalah lingkungan yang sudah ada tanpa harus dibuat oleh manusia. Lingkungan alam diantaranya tanah (daratan), peraiaran, dan udara. Alam pun mempunyai peranan penting bagi kehidupan semua umat manusia. Alam adalah penyedia bahan-bahan  makanan dan pakaian, penghasil sumber kesehatan dan keindahan. Lantas bagaimana jika keadaan alam lingkungan kita rusak?. Perubahan lingkungannya dapat terjadi karena faktor alam dan faktor manusia. Banyak contohnya, sementara penyebab perubahan lingkungan alam karena faktor manusia yang dapat menyebabkan perubahan pada lingkungan alam antara lain penggunaan teknologi dalam mengelola alam tersebut. Penggunaannya secara berlebihan. Pembuangan limbah ke lingkungan alam dan sebagainya.

  • Peperangan

Terjadinya peperangan di suatu wilayah akan sangat berpengaruh terhadap perubahan suatu masyarakat. Itu terjadi pada cara berprilaku, pola pikir ataupun kepribadian nya. Karena perang akan membawa perubahan yang sangat besar terutama kepada warga yang terlibat langsung terhadap peperangan tersebut. • Pengaruh Kebudayaan Masyarakat Lain Kebudayaan dalam bermasyarakat cenderung untuk saling mempengaruhi satu sama lainnya. Seperti halnya kalian bersama teman-temanmu. Contohnya kalian dapat mempengaruhi mereka dalam berbagai hal. Contohnya, cara berpakaian, perilaku, ataupun gaya rambut sekali pun. Dan begitu juga sebaliknya teman-temanmu bisa meberikan dampak perubahan terhadap kalian dengan cara yang sama. Dalam masyarakat pengaruh kebudayaan dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial dan budaya pada masyarakat lain dan hubungannya yang terjadi dapat menimbulkan pengaruh timbal-balik.

Selain faktor penyebab terjadinya perubahan sosial budaya dalam masyarakat ada pula faktor yang dapat menghalanginya. beberapa penghambat terjadinya perubahan sosial budaya dalam masyarakat :

  • Kehidupan masyarakat Terpencil

Kondisi masyarakat yang seperti ini belum tentu keinginan mereka sendiri. Hal ini bisa terjadi karena keadaan daerah mereka yang terisolir dari dunia luar yang memungkinkan mereka tertinggal dari informasi-informasi tentang perkembangan zaman. Tentu hal ini lah yang dapat menghambat perubahan sosial di tempat atau daerah yang terasing.

  • Perkembangan Ilmu Pengetahuannya Yang Terlambat

Ilmu pengetahuan adalah pintu bagi perubahan sosial dan budaya, jadi ketika ilmu pengetahuan berkembang dengan baik jadi sudah pasti masyarakat tersebut akan mengalami perubahan sosial budaya dengan sangat baik pula. Namun jika sebaliknya apabila ilmu pengetahuan dalam masyarakat tidak berjalan dengan sangat baik atau lambat maka hal inilah yang dapat menghambat perubahan sosial dan budaya didalam lingkungan masyarakat.

  • Sikap Masyarakat Yang Masih Tradisional

Pernahkah mendengar suku Baduy?.  Mereka adalah satu suku suatu daerah yang masih sangat menjaga sikap tradisional warisan nenek moyang mereka. Mereka lebih memilih untuk mengisolir dari dunia modern dan perkembangan zaman. Kehidupan masyarakat seperti ini yang masih menjunjung nilai tradisional dapat menghambat perubahan sosial budaya di kalangan mereka, namun ini adalah pilihan hidup bagi mereka sehingga tidak boleh di persalahkan karena setiap kehidupan pun harus ada yang bisa menjaga warisan leluhurnya.

  • Berprasangka Terhadap Hal Baru atau yang berbau kebarat-baratan

Pernah merasakan hidup di masa penjajahan membuat bangsa indonesia banyak mengalami trauma khusus nya mereka yang terlibat. Mereka terkadang merasakan kecurigaan terhadap budaya asing atau hal baru yang berasal dari barat. Perasaan ini yang menimbulkan sikap acuh, antipati terhadap suatu yang baru di dalam kehidupan bermasyarakat.

  • Adat Istiadat atau Kebiasaannya

Adat merupakan pola prilaku bagi anggota masyarakat yang di kerjakan secara berulang-ulang. Adat biasanya muncul dari nilai-nilai tradisional yang telah mengakar dan mendarah daging pada kehidupan, selanjutnya jika ada hal baru yang akan menggantikan adat lama belum tentu hal itu akan diterima begitu saja. Ini bisa saja menjadi penghambat untuk perubahan sosial dan budaya di kalangan masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.