Pewarisan Sifat Mahluk Hidup Yang Jarang Diketahui Banyak Manusia

Sebagai mahluk hidup kita semua manusia, tumbuhan, dan hewan pasti selalu memiliki garis turunan dari induk kita. Sebenarnya cara penurunan pewarisan sifat dari mahluk hidup itu bisa terjadi.

Pewarisan sifat atau dengan bahasa lainnya hereditas ialah pewarisan sifat dari induk atau orang tua terhadap keturunannya. Saat tahun 1868 seorang yang bernama Ernst Haeckel pakar ahli zoology menyatakan sebagian besar sel sperma berasal dari substansi yang bertanggung jawab terhadap sifat menurun dari jenis organism. Kurang lebih 20 tahun setelah itu tepatnya sesudah proses mitosis, meiosis, dan fertilisasi dimengerti, pada waktu itulah didapatkan petunjuk bahwa sebagian dari inti, kromosomlah yang paling banyak berperan penting terhadap proses pewarisan keturunan dari induk. Pada diri kromosom itu ada gen yang mempunyai peran khusu terhadap sifat pewarisan.

  • Gen dan Kromosom
  • Gen sebagai substansi hereditas, ahli genetika dari amerika yaitu Thomas Hunt Morgan menemukan faktor pembawa sifat keturunan yang bernama gen, tersimpan di dalam lokus yang khusus yaitu kromosom. Pada kromosom tersebut , gen-gen ini tersusun secara rapih dalam deretan serta mempunyai 2 fungsi pokok.
  1. Mengatur Perkembangan dan Metabolisme individu
  2. Menyampaikan informasi genetika terhadap generasi selanjutnya

Dengan menggunakan symbol, kromosom ini bias dijelaskan sebagai garis yang panjang vertical dengan gen sebagai garis pendek berbentuk vertikal. Karena gen ini terletak linier serta lurus berurutan, oleh sebab itu secara simbolis bias di gambarkan juga garis pendek horizontal berderetan. Dari banyaknya gen yang berjejer dengan teratur  di benang kromosom, maka setiap gen memiliki tugas khusus dan waktu beraksi yang khusus juga. Ada gen yang aktivitasnya melihatkan embrio, lainnya waktu kanak-kanak maupun gen lain sesudah spesies telah beranjak dewasa.

  • Kromosom Pembawa sifat Individu, di dalam nucleus terdapat kromosomyang mempunyai susunan halus berbentuk batang pendek dan batang panjang, lurus, dan bengkok. Pada dalam nucleus ada substansi yang bentuknya seperti benang-benang halus, layaknya jala yang bias meresap zat warna. Benang benang halus ini di beri nama reticulum kromatin. Kromosom dapat terlihat dengan menggunakan mikroskop,kromosom-kromosom memanjang serta tidak tampak. Namun mendekati sel mengalami pembelahan, kromosom tersebut jadi menebal dan memendek serta gampang untuk menyerap zat warna.

Setiap organisme memiliki kromosom dengan jumlah tertentu.ada yang memiliki jumlah sedikit tapi ada pula yang jumlahnya banyak. Manusia memiliki jumlah kromosom 46 di setiap inti selnya, 23 dari kromosom ibunya serta dari ayah 23 kromosom juga. Seorang manusia memulai perjalanan hidupnya dari sebuah sel yang bernama sel telur lalu dibuahi oleh sel sperma. Masing-masing dari sel telur dan sperma memiliki 23 kromosom lalu sel telur yang tadi sudah dibuahi akan berubah menjadi zigot. Zigot yang sudah jadi memiliki 46 kromosom. Berdasarkan jenisnya kromosom ini ada 3 bagian yaitu kromosom homolog, kromosomhaploid,dan kromosom diploid.

Kromosom homolog ialah kromosom yang memiliki bentuk, fungsi, dan komposisinya yang sama. Pada tubuh seorang manusia ada 46 kromosom, 23 kromosom homolog. Di setiap pasangan homolog ada satu macam. Jadi kromosom sel tubuh manusia terdapat 23 jenis.

Kromosom haploid ini adalah sebuah kromosom yang tidak mempunyai pasangan, dengan arti kata lain hanya seperangkat saja. Pada saat pembentukan sel kelamin, sel induknya membelah dengan proses meiosis sehingga sel kelamin mempunyai kromosom yang jumlahnya separuh dari kromosom induknya.

Kromosom diploid 2n adalah jumlah perangkat yang jadi diploid adalah dua alat kromosom. Kromosom diploid terjadi akibat kromosom selalu berhomolog, oleh karena itu pada setiap sel inti yang di dalam terdapat dua pasang atau dua alat kromosom atau diploid.

Pada saat proses pembuahan, sel kelamin bersatu dalam zigot. Kromosom yang di berikan ialah jenis haploid lalu setelah itu kromosom tersebut berpasangan menjadi kromosom homolog, kemudian zigot berubah jadi diploid. Seterusnya zigot membelah mitosis dengan berulang-ulang sehingga jadilah tubuh manusia. Pada periode pubertas, kelenjar kelamin membentuk sel kelamin yang mengandung sepaket kromosom. Berdasarkan kerjanya dan fungsinya, kromosom dalam tubuh terbagi menjadi dua bagian. Yaitu, kromosom tubuh disebut juga autosom dan kromosom kelamin/gonosom.

Secara garis besar struktur Kromosom ada yang namanaya sentrometer dan lengan sentrometer atau kinektor ialah bagian kromosom tempat melekatnya benang spidel yang berfungsi menggerakan kromosom selama pembelahan terjadi. Potongan ini berbentuk bulat serta tidak ada kandungan sel. Jika sentrometer biasa disebut pusatnya kromosom. Berdasarkan letaknya sentrometer ini, kromosom di pisahkan jadi empat bagian yaitu.

  1. Metaristik
  2. Submetaristik
  3. Akrosentrik
  4. Telesentrik

Lengan atau badan kromosom merupakan komponen kromosom yang mengandung pita berbentuk spiral (kromonema) dan gen. selongsong pembungkus kromonema di sebut matrix. Serta gen merupakan bagian kimia yang ada didalam kromosom yang mengandung genetic atau pembawa sifat. Kromosom sendiri terbentuk dari protein serta asam nukleat.

  • Macam-macam Sifat yang Diturunkan Mahluk Hidup

Jenis sifat yang diturunkan mahluk hidup dibedakan menjadi dua, yang antara lain.

  1. Sifat yang dapat Terlihat dari Luar

Sifat ini biasanya bisa dilihat secara langsung, sifat ini biasanya di sebut fenotipe.

Pada Manusia Pada Hewan Pada Tumbuhan
Lidah Warna rambut/Bulu Warna
ketebalan rambut Panjang telinga Kondisi biji
dagu belah   Warna biji
  1. Sifat yang tak nampan dari luar

Genotip adalah sifat yang tidak bisa dicermati secara langsung. Individu genotip di jelaskan dengan symbol huruf. Masing-masing huruf menjelaskan sifat tertentu. Symbol ini tidak saja menggunakan huruf kapital saja, tapi sebagian ada juga yang berhuruf kecil. Pada huruf besar memperlihatkan sifat dominan dan huruf kecil memperlihatkan resesif.

  • Percobaan Mendel

Peneliti pertama yang mempelajari sifat pewarisan lewat persilangan ialah Gregor Johann Mendel, dia sebenarnya adalah seorang biarawan di burn Australia. Metode ini ia pelajari tersendiri dalam genetikanya. Genetika adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari sifat pewarisan. Pada percobaannya mendel menggunakan sekitar 28.000 jenis tanaman kacang ercis lalu menunjukan hasil kerja silang monohybrid fase pertama semua biji yang diperoleh berbentuk halus. Setahun setelah percobaan pertama ia membiarkan tanaman tadi untuk berkawin secara sendiri dan menghasilkan generasi ke 2 tanpa proses persilangan.

Ada dua jenis persilangan, yakni persilingan monohybrid dan dihibrid. Persilangan monohybrid adalah persilangan antar dua individu dengan satu jenis sifat beda. Persilangan monohybrid di bedakan dengan 2 macam metode, persilangan monohybrid dominan penuh dan persilangan monohybrid dominan tak penuh. Sedangkan pengertian dari persilangan dihibrid adalah persilangan antara dua jenis individu dengan memperhatikan sifat yang berbeda.

  • Perapan genetika

Prinsip dasar genetika sering digunakan dalam beberapa kasus dan usaha untuk kesenjangan manusia. Hal yang harus di perhatikan dalam penerapan genetika tersebut adalah :

  1. Penemuan bibit unggul
  2. Penentuan sifat terkait kelamin
  3. Buta warna
  4. Alela Ganda
  5. Hemophilia

Dalam penerapan sifat pemuliaan tanaman ada beberapa faktor yang harus di perhatikan. Contohnya penerapan warisan sifat agar memperoleh tanaman dan hewan jenis terbaik. alam dan  Mahluk hidup adalah sesuatu yang saling berhubungan. Karena mahluk hidup memerlukan lingkungan yang tepat agar bisa bertahan dengan baik. Tapi di sisi lain lingkungan pun tidak akan selalu mendukung, jadi semakin baik beradaptasi dengan alam dan lingkungan sekitar, maka akan baik pula hasil yang di peroleh nantinya.

Jadi bagaimana sampai disini, apakah kalian sudah paham tentang sifat pewarisan ini?? Tentunya semakin baik kita beradaptasi dengan alam sekitar, makan akan baik pula hasil yang di dapat.

Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.