POS Indonesia Kembali Ditunjuk Kemensos Untuk Menyalurkan BLT. Berikut Mekanismenya Penyalurannya

Untuk para warga masyarakat yang sebelumnya menerima Bansos, ada kabar gembira. Pemerintah kembali memberikan BLT atau bantuan langsung tunai senilai Rp 600 ribu yang akan diberikan pada masing-masing penerima di bulan September 2022 ini.

Bantuan langsung tunai senilai Rp 600 ribu ini merupakan bantuan sosial atau bansos untuk mengalihkan subsidi BBM atau bahan bakar minyak agar lebih tepat sasaran. BLT Rp 600 ribu atau bansos BBM ini akan diberikan pada 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Bantuan ini diberikan oleh Kemensos dengan total anggaran senilai Rp12,4 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebagai bantuan sosial tambahan atas pengalihan subsidi BBM tersebut. Adapun mekanismnya bansos BBM ini akan disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) melalui PT Pos Indonesia.

BLT Rp 600 ribu ini tidak akan dibayarkan sebesar Rp 150 ribu selama empat kali akan tetapi dibayarkan dua kali sekaligus, yakni Rp 300 ribu pertama dan Rp 300 ribu kedua. Jadi dari 20,65 juta kelompok atau keluarga penerima manfaat yang akan mendapatkan anggaran sebesar Rp12,4 triliun yang akan mulai dibayarkan oleh Ibu Mentri Sosial Rp150 ribu selama empat kali. dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kantor Presiden. Jadi dalam hal ini Ibu Mensos Tri Rismaharini akan membayarkan nya secara dua tahap. Menteri Sosial Tri Rismaharini menambahkan, BLT Rp 600 ribu atau bansos BBM ini bisa digunakan untuk membeli kebutuhan pokok. Risma berpesan agar BLT Rp 600 ribu yang cair mulai September 2022 ini tidak digunakan untuk membeli rokok maupun minuman keras. “Yang jelas tidak boleh untuk rokok, nggak boleh untuk minuman keras. Untuk kebutuhan pokok saja ungkap Risma.

Dilansir dari ANTARA, Risma menjelaskan mekanisme penyaluran bansos BBM dari Kemensos oleh PT Pos Indonesia ini adalah sebagai berikut:

  1. PT Pos wajib mengantarkan bantuan hingga ke rumah masyarakat
  2. PT Pos wajib lapor ke Kemensos setelah menyalurkan BLT Rp 600 ribu
  3. PT Pos wajib memotret atau memberikan foto rumah dan foto penerima dan dilaporkan menjadi dokumen lengkap, Dokumen tersebut berisi data rumah, kondisi rumah, dan penerima, bukan hanya by address dan by name saja.
  4. BLT Rp 600 ribu ini cair dua kali, yakni Rp 300 ribu pertama dan Rp 300 ribu kedua

Baca Juga : Cara Mendapatkan BLT Subsidi Gaji Melalui Smartphone

Sebagai tambahan informasi, selain BLT Rp 600 ribu atau bansos BBM ini, Kemensos juga akan menyalurkan sejumlah bantuan lainnya pada bulan September 2022 ini, di antaranya adalah sebagai berikut

– BPNT (Bantuan Pangan Non-Tunai ) atau bansos sembako Rp 200 ribu per bulan

– PKH (Bansos Program Keluarga Harapan) dengan nilai hingga Rp 750 ribu

Selain menyalurkan BLT Rp 600 ribu atau bansos BBM, untuk mengalihkan subsidi BBM, pemerintah juga memberikan BSU Rp 600 ribu dan BLT transportasi.

Demikianlah informasi tentang Bantuan langsung tunai sebesar Rp 600 ribu yang cair pada bulan September 2022 beserta  mekanisme penyaluran bansos BBM dari Kementrian Sosial, jadi bagi para warganet yang menerima harap menggunakan bantuan ini sesuai kebutuhannya ya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.