SEJARAH BERDIRINYA NEGARA ASEAN

Tau ga sich, apa yang Melatarbelakangi dibentuknya ASEAN?

Dibentuknya ASEAN dilatarbelakangi oleh pertentangan dua Negara adikuasa pasca perang dunia kedua yakni Uni Soviet dan Amerika Serikat, keduanya terlibat dalam perang dingin sejak 1947 dan berlangsung selama berpuluh-puluh tahun lamanya.

Kawasan Asia Tenggara dijadikan sebagai area persaingan ideologi dua Negara adikuasa dalam masa perang dingin tersebut, sebagai contoh perang saudara di Vietnam yang secara tidak langsung merupakan perang kepentingan blok timur atau Uni Soviet melawan blok barat atau Amerika Serikat, situasi yang dipenuhi dengan persaingan ideology serta kekuatan militer ini berpotensi mengganggu stabilitas dan keamanan Negara-negara di Asia Tenggara, oleh karena itu diperlukan sebuah lembaga yang diharapkan mampu melindungi, mengayomi, dan mempersatukan Negara-negara di kawasan ini, hal tersebutlah yang menjadi alasan utama para pemimpin dari negara ASEAN terdahulu untuk bekerja sama mewujudkan cita-cita bersama. Selain adanya persamaaan, baik dari kondisi alam, budaya, letak geografis dan persamaan nasib yang baru lepas dari jajahan kolonial (kecuali Thailand)., dari kejadian tersebut akhirnya dirumuskan untuk mendirikan “ASEAN”

Di Negara manakah ASEAN di Deklarasikan dan pada tahun berapa?

Berdirinya ASEAN diawali dari pertemuan Lima (5) menteri luar negeri perwakilan dari negara-negara Asia Tenggara. Pertemuan ini berlangsung di Bangkok, Thailand, pada tanggal 8 Agustus 1967. Pengesahan berdirinya ASEAN tertuang dalam Deklarasi Bangkok atau yang disebut juga sebagai Deklarasi ASEAN.

Siapakah tokoh-tokoh yang menandatangani deklarasi Bangkok sebagai dasar berdirinya ASEAN disertai Negaranya?

Tokoh-tokoh  yang menandatangani naskah deklarasi Bangkok adalah  para menteri luar negeri yaitu:

  1. Thanat Khoman dari Thailand

Thanat Khoman adalah seorang diplomat, di era perang dingin Khoman menjadi duta besar Amerika Serikat dan menjabat sebagai perdana menteri Thailand pada tahun 1959-1971

  1. Adam Malik dari Indonesia

Adam Malik memulai karirnya sebagai wartawan, pada tahun 1937 mendirikan Antara yang kelak menjadi kantor berita Nasional, Pada tahun 1959 menjadi duta besar Indonesia untuk Uni Soviet dan Polandia, di Era Pemerintahan Soekarto, Adam Malik juga sempat menjabat sebagai menteri perdagangan sebelum menjadi menko pelaksana ekonomi terpimpin. Adam malik yang juluki si kancil ini mendampingi presiden Soeharto pada periode 1978-1983.

3.Narciso Ramos dari Filipina

Sama seperti Adam Malik, Narciso Ramos juga memulai karirnya sebagai wartawan, ketika Filipina diduduki jepang pada tahun 1942 ramos bergabung bersama kelompok pejuang dan menolak kerja sama dengan Jepang, setelah Filipina merdeka pada tahun 1946 ramos diberi mandat menjadi Diplomat ia menduduki sebagai duta besar di Argentina, ramos juga bergabung bersama Indonesia untuk memperkuat gerakan Non Blok kemudian pada tahun 1965 ramos diangkat sebagai menteri sekertaris luar negeri.

  1. Sinnathamby Rajaratnam yang tinggal di Singapura

Rajaratnam adalah seorang politikus yang bergabung dengan Democratic Action Party, ia kemudian menjabat sebagai menteri kebudayaan pada tahun 1959,kemudian pada tahun 1965 Rajaratnam pernah diangkat menjadi menteri luar negeri, ditahun itu singapura memerdekakan diri dari inggris, Rajaratnam menulis Ikrar kebangsaan Singapura setelah setahun kemerdekaan.

  1. Tuan Abdul Razak dari Malaysia

Tun Haji Abdul Razak bin Datuk Haji Husein Alhaj memiliki karir cemerlang, pada tahun 1955 di usia 33 tahun diangkat menjadi menteri besar pahang, ia kemudian menjabat menteri pendididkan dan ikut memerdekan Malaysia pada tahun 1956 hingga 1957.

Sebutkan Negara-negara yang termasuk anggota ASEAN?

ASEAN awalnya hanya memiliki 5 (lima) Negara yang bergabung didalamnya yaitu Negara-negara pendirinya saja yaitu: Thailand (8 Agustus 1967),  Malaysia (8 Agustus 1967), Indonesia (8 Agustus 1967), Singapura (8 Agustus 1967)  dan Filipina (8 Agustus 1967)

Dalam perjalanannya, ASEAN kemudian melakukan perluasan dengan bergabungnya negara-negara lain di Asia Tenggara, sehingga Brunei Darussalam menjadi anggota pertama ASEAN di luar lima Negara pemrakarsa , Brunei Darussalam bergabung menjadi anggota ASEAN  pada tanggal 7 Januari 1984 (tepat seminngu  setelah memeperingati  hari kemerdekaanya).

Sebelas tahun kemudian ASEAN menerima kembali anggota baru, yaitu Vietnam pada tanggal 28 juli 1995  dan menjadi anggota ketujuh. Dua tahun berikutnya  Laos dan Myanmar menyusul masuk menjadi anggota ASEAN  pada tanggal 23 juli 1997. Dua Tahun kemudian disusul oleh kamboja yang bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 16 desember 1998 menjadi anggota kesepuluh.

Apa yang menjadi tujuan dibentuknya ASEAN?

Pada hakekatnya, tujuan utama didirikan perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) ialah untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil dan sejahtera. Bilamana merujuk pada Deklarasi ASEAN yang dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 1967, tujuan dibentuknya ASEAN adalah sebagai berikut:

  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, serta pengembangan kebudayaan di kawasan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN)
  2. Meningkatkan stabilitas dan perdamaian regional dengan menghormati keadilan dan tertib hukum di kawasan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN)
  3. Meningkatkan kerja sama dan memecahkan masalah yang menyangkut kepentingan bersama di bidang ekonomi, social, budaya, Tekhnik, ilmu pengetahuan dan administrasi.
  4. Saling memberikan bantuan dalam bentuk sarana latihan dan penelitian di bidang pendididkan dan profesi.
  5. Bekerja sama dalam mendayagunakan pertanian dan industri, perluasan perdagangan, komoditas international, perbaikan sarana distribusi  dan komunikasi, serta perbaikan taraf hidup penduduk.

Kerjasama dan Interaksi antar Negara-negara ASEAN semakin berkembang dengan seiring meningkatnya kebutuhan setiap Negara anggota. Kerjasama ASEAN yang semula di titik beratkan dalam bidang ekonomi, social, dan budaya, namun dalam perkembangannya juga menjalin kerja sama di bidang politik. Karena sebagaimana kita ketahui bersama, globalisasi yang sudah sedemikian luas ini maka kita perlu adanya kerjasama dalam menjaga perdamaian dan keamanan Negara-negara di kawasan ASEAN sehingga dibangunlah kerjasama politik dan pertahanan.

Apa Sajakah Bentuk Kerjasama ASEAN? Serta berikan contohnya?

Bentuk-bentuk Kerjasama ASEAN antara lain:

  1. Bidang Ekonomi

Tujuan di bentuknya kerja sama di Bidang Ekonomi adalah mendorong pertumbuhan ekonomi dan daya saing ekonomi Negara-negara ASEAN di tingkat internasional, contoh bentuk kerja samanya ialah kawasan perdagangan bebas ASEAN atau yang biasa disebut dengan AFTA (ASEAN free Trade Area), ASEAN Cooperative Organization (ACO)

  1. Bidang politik dan pertahanan

di bentuknya kerja sama di Bidang politik dan pertahanan adalah menciptakan keamanan, stabilitas dan perdamaian antar Negara-negara di kawasan ASEAN, contoh bentuk kerja samanya ialah Traktat bantuan hokum timbal balik di bidang pidana (Treaty on mutual assistance in criminal masters/MLAT, konvensi ASEAN tentang pemberantasan terorisme (ASEAN convention on counter terrorism/ACCT), pertemuan para menteri pertahanan (Defense ministers meeting/ADMM) yang bertujuan untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas kawasan serta kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan

 

  1. Bidang Sosial Budaya

Tujuan di bentuknya kerja sama di bidang social dan budaya adalah menciptakan kerukunan dan kemajuan bersama antar Negara-negara di kawasan ASEAN, contoh bentuk kerjasamanya adalah penyelenggaraan pesta olah raga dua tahunan sekali yaitu SEA GAMES, penandatanganan kesepakatan di bidang pariwisata ASEAN ( ASEAN Tourism Agreement (ATA), dan pertukaran budaya dan seni juga Fesrival film ASEAN

  1. Bidang pendididkan

Tujuan di bentuknya kerja sama di bidang pendidikan adalah meningkatkan kualitas pendidikan di Asia Tenggara dan meningkatkan daya saing international contoh bentuk kerjasamanya ialah penawaran beasiswa pendidikan antara negara anggota ASEAN, Olimpiade di bidang pendidikan antara Negara ASEAN pertamina pernah menyelenggarakan olimpiade Sainn Nasional (OSN)

Asean adalah persatuan negara asia tenggara yang kebanyakan negaranya masih berkembang, jadi majunya suatu negara balik lagi kepada masyarakat negara tersebut. Mari bersama sama kita memajukan daratan asean ini agar lebih maju dan setara dengan negara negara eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.