Sejarah dan Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi

 

  1. Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

 

Pengolahan data telah dilakukan manusia dari masa ke masa dan dari generasi ke generasi. Telah banyak alat – alat mekanik dan elektronik yang ditemukan untuk memudahkan manusia dalam pengolahan data agar mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita gunakan saat ini adalah hasil dari penemuan – penemuan, inovasi dan pengembangan sejak jaman dahulu kala.

Sejarah komputer modern memang dianggap baru dimulai pada tahun 1942, akan tetapi penemuan – penemuan sebelum masa itu perannya sangat penting karena menjadi cikal – bakal terciptanya inovasi dan pengembangan komputer sampai saat ini.

 

Di bawah ini akan dijelaskan sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi dimulai dari alat komputasi perhitungan sederhana hingga perkembangan komputer era modern seperti yang kita kenal saat ini.

 

  1. Alat Penghitungan Tradisional dan Kalkulator Mekanik

 

Mesin komputasi yang dianggap pertama kali di buat oleh manusia adalah Abacus, ditemukan sekitar 5000 tahun yang lalu tepatnya di kawasan Asia kecil dan bahkan saat ini masih digunakan di beberapa tempat. Abacus menggunakan biji – bijian yang dapat digeser dan diatur pada sebuah rak. Pada saat itu Abacus digunakan untuk transaksi kegiatan perdagangan. Akan tetapi di kawasan eropa, Abacus mulai ditinggalkan setelah ditemukannya kertas dan pensil.

 

Blaise Pascal (1623-1662), adalah seorang ahli matematika, menciptakan sebuah alat kalkulator mekanik yang pertama berupa mesin numerical wheel calculator (kalkulator roda numerik) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Karena masih sederhana maka alat ini hanya dapat melakukan penjumlahan yang masih sangat terbatas.

 

Pada Tahun 1694, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646 1716) seorang ahli  matematika yang juga seorang filsuf Jerman memperbaiki dan mengembangkan Pascaline dengan mendesain sebuah mesin yang dapat mengoperasikan perkalian, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda – roda gerigi sama seperti pendahulunya. Leibniz dapat menyempurnakan alatnya dengan mempelajari gambar – gambar dan juga catatan yang dibuat oleh Blaise Pascal.

Charles Xavier Thomas de Colmar menciptakan sebuah alat yang dapat melakukan empat fungsi perhitungan aritmatika dasar. Kalkulator tersebut dapat menyajikan pendekatan yang lebih praktis dalam perhitungan karena alat tersebut dapat melakukan pengurangan, penjumlahan, pembagian dan perkalian.

Komputer pertama yang diciptakan adalah oleh Charles Babbage seorang ahli matematika asal Inggris. Penemuan ini kemudian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai jawaban atas permasalahan yang muncul dalam kebutuhan mesin mekanik. Babbage pun berusaha untuk menjawab masalah ini yang muncul pertama kali pada tahun 1822 dimana saat itu babage mengusulkan sebuah mesin yang dikenal dengan nama mesin Differensial yang dapat melakukan perhitungan persamaan differensial. Kelebihan dari Mesin ini adalah mampu menyimpan program dan melakukan kalkulasi yang hasilnya dapat dicetak secara otomatis.

Herman Hollerith menerapkan Prinsip kartu perforasi dalam melakukan kalkulasi. Oleh Biro Sensus Amerika Serikat, Herman Hollerith ditugaskan untuk menemukan cara yang lebih efektif dan efisien dalam melakukan kalkulasi. Hasilnya adalah sensus dapat di selesaikan hanya dalam waktu enam minggu saja. Padahal apabila dibandingkan Pada tahun 1880 Sensus yang pertama kali dilakukan di amerika serikat dibutuhkan waktu hampir 7 tahun untuk menyelesaikan perhitungan.

 

Vannevar Bush (1890-1974) pada tahun 1931 mengembangkan sebuah mesin penghitung (kalkulator) yang dapat melakukan penyelesaian perhitungan persamaan differensial. Persamaan differensial kompleks yang dianggap rumit oleh kalangan akademisi saat itu dapat diselesaikan dengan menggunakan mesin tersebut. Mesin yang diciptakan oleh Vanevar Bush itu sangat berat dan besar karena membutuhkan ratusan gerigi dan poros untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba menciptakan mesin komputer elektrik yang yang mampu menerapkan Aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Mesin ini diciptakan dengan dasar pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, dimana  bahwa semua persamaan matematika dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Pernyataan tersebut diaplikasikan ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, di tahun 1940 Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertamanya, akan tetapi proyek tersebut terpaksa berhenti karena pendanaan yang minim.

 

 

  1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

 

Seorang insinyur Jerman  yang bernama Konrad Zuse pada tahun 1941, menciptakan sebuah Komputer dengan nama Z3 yang digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Di tahun 1943, Inggris mampu menyelesaikan sebuah proyek komputer bernama Colussus yang fungsinya untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan pihak Jerman. Akan tetapi proyek ini ternyata tak begitu berpengaruh pada perkembangan industri komputer.

 

Howard H. Aiken (1900-1973), adalah seorang insinyur universitas terkemuka Harvard dimana dia bekerja sama dengan  pihak IBM dan berhasil menciptakan mesin kalkulator elektronik untuk militer Amerika. Mesin tersebut berukuran sangat panjang yakni setengah lapangan bola dengan rentang kabel sepanjang 500 mil. Mesin tersebut dinamakan dengan sebutan Mark I kepanjangan dari The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, yang merupakan sebuah komputer relai elektronik yang menggunakan sinyal elektromagnetik guna menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beroperasi dengan lambat dibutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan dan tidak fleksibel karena urutan kalkulasi tidak dapat diubah. Kemampuan Kalkulator tersebut adalah mampu membuat perhitungan aritmatika dasar dan persamaan yang lebih rumit.

 

Pada masa ini juga ada penemuan lainnya yaitu terciptanya sebuah alat hasil dari kerja sama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania yang bernama ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) yang terdiri dari 5 juta titik solder,18.000 tabung vakum dan 70.000 resistor. Mesin komputer ini sangatlah besar dapat menghabiskan  daya sebesar 160 killo watt. Komputer ini didesain oleh John Presper Eckert dan juga John W. Mauchly. NIAC diciptakan sebagai komputer general purpose computer (Komputer serba guna) yang kerjanya lebih cepat 1000 kali daripada komputer Mark I.

 

Von Neumann menciptakan sebuah mesin komputer bernama EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) pada tahun 1945 dengan penyematan sebuah memori yang dapat menampung program ataupun data. Dengan teknik komputer dapat berhenti pada suatu saat dan lali dapat kembali melanjutkan pekerjaannya. Pada Tahun 1951, Remington Rand  membuat komputer dengan nama UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) hasil dari pengembangan model arsitektur von Neumann, dan mesin tersebut menjadi komputer komersial pertama.

 

Komputer generasi ke-1 hanya menjalankan perintah operasi yang spesifik dilakukan pada suatu tugas saja.Masing-masing perangkat memiliki program biner yang tidak sama yang disebut “Machine language”. Oleh karena hal ini maka komputer sulit untuk diprogram dan kecepatannya pun dibatasi. Ciri lain komputer generasi pertama adalah ukurannya yang sangat besar karena penggunaan tube vakum dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

 

Komputer generasi ke-1 memiliki ciri – ciri, seperti:

– Bahasa mesin Assembler digunakan untuk membuat programnya

– Berukuran sangat besar, membutuhkan area yang luas.

– Cepat panas.

– Proses kurang cepat.

– Kapasitas penyimpanan masih terbatas (kecil).

– Boros Listrik.

– Dapat disimpan pada magnetic disk dan magnetic tape.

 

jenis-jenis komputer generasi pertama. antara lain:

– UNIVAC II (dikembangkan oleh perusahaan Sperry Rand – Univac)

– Datamatic 1000 (dikembangkan oleh perusahaan Honeywell)

– Mark II, Mark III, IBM 702, IBM 704, IBM 709 (dikembangkan oleh perusahaan International Business Machine)

– CRC, NCR 102A, NCR 102D (dikembangkan oleh perusahaan National Cash Register)

– BIZMACI, BIZMAC II (dikembangkan oleh perusahaan RCA)

 

 

  1. Generasi Keduanya Komputer (1959-1965)

 

Pada awal tahun 1960-an, komputer generasi kedua mulai bermunculan, komputer ini banyak digunakan dibidang bisnis, universitas, dan pemerintahan. Komputer – komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor selain itu memiliki komponen – komponen yang mirip seperti yang digunakan komputer pada saat ini, seperti printer, penyimpanan dalam disket, memori, sistem operasi, dan program. Seperti komputer IBM 1401 yang digunakan secara luas di kalangan industri.

Komputer generasi ke-2 memiliki ciri – ciri, seperti:

– Program dibuat dengan bahasa COBOL, ALGOL, FORTRAN dan lain – lain.

– Memori utama memiliki kapasitas cukup besar.

– Memiliki transistor yang jauh lebih kecil dibanding generasi ke-1.

– Menggunakan magnetic disk dan magnetic tape yang bentuknya seperti removable disk.

– Proses pengoperasiannya lebih cepat.

– Fisik komputer berukuran lebih kecil.

– Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.

 

Komputer generasi ke-2 di antaranya adalah:

– Honeywell 400, Honeywell 800

– CDC 1604, CDC 160A

– GE 635, GE 645, GE 200

 

 

  1. Komputer Generasi Ke-3 (1965-1970)

 

Pada tahun 1958 seorang Insinyur yang bernama Jack Kilby dari Texas Instrument, Amerika Serikat mengembangkan integrated circuit (sirkuit terintegrasi IC). Para ilmuwan kemudian berhasil mengembangkan apa yang disebut dengan semikonduktor dimana komponen – komponen dapat dimasukan lebih banyak ke dalam suatu chip yang menjadikan komputer ukurannya semakin dapat diperkecil karena komponen – komponennya dapat dipadatkan dalam chip. Semakin majunya inovasi dalam komputer generasi ketiga ini adalah dimana digunakannya sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin dijalankan dengan berbagai macam program yang berbeda secara bersamaan dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk dapat mengkoordinasi dan memonitor kerja dari memori komputer.

 

Komputer generasi ke-3 memiliki ciri – ciri sebagai berikut:

– Komponen yang dipakai adalah IC (Integrated Circuits) yang terdiri atas ratusan atau ribuan transistor berbentuk hybrid integrated circuits dan monolithic circuits.

– lebih hemat listrik dan Ukuran lebih kecil.

– Mampu melakukan multiprogramming dan multiprocessing.

– Dapat berkomunikasi antar komputer lainnya.

 

Komputer generasi ke-3 di antaranya:

– UNIVAC 9000, UNIVAC 1109

– Burroughs 5700 – 7700

– GE 600

– GE 235

– CDC 3000 – 7000

 

 

  1. Komputer Generasi Ke-4 (Sejak Tahun 1970)

 

VLSI (Very Large Scale Integration) mulai dikenal pada tahun 1980-an, yang dapat memuat ribuan komponen hanya dalam sebuah chip tunggal. Pengembangan berlanjut dengan adanya ULSI (Ultra Large Scale Integration) yang mampu meningkatkan jumlah komponen yang dapat dimuat dalam chip menjadi jutaan. Dengan adanya kemajuan tersebut mendorong turunnya harga dan ukuran komputer secara drastis. Selain itu juga meningkatkan efisiensi ,daya kerja dan juga meningkatkan kehandalan komputer. Pada tahun 1971, dibuat Chip Intel 4004 yang membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan hampir seluruh komponen dari sebuah komputer (memori, CPU, dan kendali input/output) ke dalam sebuah chip yang sangat kecil.

 

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM kompatibel dengan pemakaian CPU: IBM PC/ 486, Pentium I, II, III dan IV buatan Intel. Selain itu ada dari AMD seperti serie k6, Athlon, dan lain sebagainya. Semua CPU ini masuk ke dalam golongan komputer generasi ke-4. Seiring dengan pesatnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensi terus dikembangkan, Komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi informasi, memori, software dan juga untuk dapat saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Dengan menggunakan Local Area Network (LAN), atau kabel telepon Jaringan ini dapat berkembang menjadi lebih besar.

 

Komputer generasi keempat saat ini mempunyai ciri – ciri, seperti:

  • Menggunakan LSI (Large Scale integration)
  • Menggunakan Chip semikonduktor dan mikroprosesor untuk memori komputer.

Contoh komputer generasi ke-4, yaitu:

  • IBM PS/2, IBM PC/386, JBM PC/486 IBM PC/XT, IBM PC/AT
  • IBM 370 Apple II
  • IBM Pentium II

 

 

 

 

  1. Generasi Komputer K-5 (Sejak 1990-an)

 

Pada komputer generasi ke-5, AI (Artificial Intelegence) mulai dikembangkan, dimana komputer dapat belajar seperti manusia. Komponen yang digunakan yaitu Very Large Scale Integration (VLSI)  yang mulai dikembangkan oleh Josephson Function yang digadang –gadang akan mulai mengganti keberadaan chip. Dengan bantuan Artificial Intellegence ini komputer dapat menyelesaikan masalahnya sendiri. Artificial Intelegent ini dapat diaplikasikan untuk mengoperasikan robot.

Model von Neumann yang banyak digunakan saat ini akan digantikan dengan sistem yang mampu mengatur banyak CPU untuk bekerja secara bersamaan.

 

 

 

  1. Generasi Komputer Ke-6 (Komputer Masa Depan)

 

Komputer pada saat ini sudah begitu canggih dan kemajuannya pun sangat pesat, pengembangan demi pengembangan dilakukan demi inovasi di masa depan. Para ilmuwan komputer saat ini meyakini akan terciptanya teknologi biochip yang dibuat dari bahan protein sintetis. Dengan bahan ini robot akan mirip atau menyerupai seorang manusia. Para ahli sains komputer saat ini juga sedang melakukan perancangan komputer yang mandiri tanpa tergantung oleh program yang dibuat oleh manusia. Programless computer (komputer tanpa program) ini nantinya akan menjadi cikal – bakal komputer di masa depan.

 

Secara prinsip ciri – ciri komputer di masa depan yang pasti akan lebih canggih, efisien dan lebih murah serta memiliki kemampuan seperti layaknya seorang manusia yaitu mendengar, berbicara, melihat, dan mampu berpikir sendiri serta mampu membuat konklusi atas sebuah masalah. Bisa saja di masa depan komputer memiliki kecerdasan untuk memprediksi peristiwa atau kejadian di masa yang akan datang, mampu berinteraksi dengan manusia dan ukuran nyapun akan semakin kecil.

Terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca bahasan ini, semoga dengan bertambahnya pemahan kita tentang ilmu komputer ini dapat membuat kita bisa lebih pandai menggunakan perangkat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.