Siapakah Penemu Benua Amerika

Penemu Benua Amerika Adalah :

Christophorus Colombus

Pada tanggal 3 agustus 1492, Colombus yang berlayar dari Palos ( Spanyol ), dengan 3 ( tiga ) kapal kecil dengan nama-nama kapal nya Santa Maria,Pinta dan Nina. kemudian pada tanggal 12 oktober, Mereka tiba di pulau Watling di Bahama dan mendarat dihari yang sama, mengklaim nya untuk Spanyol.

 

BENUA AMERIKA

1.Karakteristik Benua Amerika

Benua Amerika pertama kali di temukan oleh Christophorus Colombusdari Spanyol pada tahun 1492. Nama Amerika di ambil dari Nama Amerigo Vespucci yang mendarat di Brazil pada tahun 1500. Nama yang dipakai sebagai penghargaan kepada Amerigo Vespucci.Bahama yaitu kepulauan tempat medarat nya colombus dan Rombongan nya.

 

  1. Letak Benua Amerika

Luasnya Benua Amerika kurang lebih 42.188.568 km².Secara astronomis,Benua Amerika terletak antara 83°07´LU(Lintang Utara) – 56°LS(Lintang Selatan} dan antara 34°45’BB(Bujur Barat) – 172°27´BT(Bujur Timur).

Batas Benua Amerika;

  1. Bagian Utara : Laut Es dan Selat Davis
  2. Bagian Timur : Atlantik dan Laut Karibia
  3. Bagian Selatan : Laut Kutub Selatan
  4. Bagian Barat : Samudera Pacifik dan Laut Bering

 

  1. Penampakan Benua Amerika

Alam Benua Amerika di liputi dengan pegunungan,dataran rendah,dataran tinggi dan sungai.

Pegunungan Rocky dan pegunungan Andes adalah pegunungan yang utama di Benua Amerika,pegunungan Rocky berada di Amerika Utara sedangkan pegunungan Andes berada di Amerika Selatan yang membentang di tepi barat Amerika Selatan.

puncak pegunungan tertinggi di Benua Amerika adalah Gunung Aconcagua. sedangkan pegunungan Appalanchian yang membentang di bagian timur Amerika Utara.

Ketampakan alam berupa dataran tinggi antara lain Dataran tinggi Kolorado,Tanah tinggi Guyana, Tanah tinggi Brazil dan dataran tinggi Patagonia. ketampakan alam dataran rendah terdapat di semenanjung Yucatan dan juga amerika Selatan. Dataran rendah yang ada di Amerika adalah Lembah Amazon,Lembah orinoko dan Lembah Paraguai Parana merupakan dataran rendah.Lembah Amazon merupakan Kawasan hutan Tropis terbesar di dunia.

Sungai-sungai utama di Benua Amerika adalah Sungai Mississippi dan sungai Missouri.

Aliran sungai tersebut membentuk ngarai yang di sebut Grand Canyon di dataran tinggi Kolorado.

  1. Pembagian wilayah di Benua

Benua amerika di bagi menjadi tiga wilayah, yaitu : Amerika Utara,Amerika Tengah,dan amerika Selatan.

Nama Negara di Benua Amerika.

Amerika utara

No Nama Negara Ibu Kota
1. Kanada Ottawa
2. Amerika Serikat Washington DC
3. Meksiko Meksiko

 

Amerika Tengah

No Nama negara Ibu kota
1. Guatemala Guatemala
2. El Savador San Savador
3. Honduras Tegucigalpa
4. Nikaragua Managua
5. Kostarika San jose
6. Panama Panama
7. Kuba Havana
8. Haiti Port Prince
9. Dominika Roseau
10. Puerto Riko San juan
11. Jamaika Kingston

 

Amerika selatan

No Nama Negara Ibu Kota
1. Kolombia Bogota
2. Venezuela Karakas
3. Suriname Paramaribo
4. Guyana Georgetown
5. Guyana Prancis Cayenne
6. Ekuador Quito
7. Bolivia La Paz
8. Peru Lima
9. Brasil Brasilia
10. Paraguay Asuncion
11. Uruguay Montevideo
12. Cile Santiago
13. Argentina Buenos Aires

 

  1. Iklim

Iklim Benua amerika bervariasi.Dibagian Utara beriklim Tundra yang sangat dingin; di bagian selatan beriklim Sub tropis.Akibat perbedaan iklim menjadi pengaruh terhadap arus samudera yang ada di sekitarnya.Misalnya,ada arus hangat dan arus bersuhu rendah.Selain itu ,Wilayah Benua amerika bagian utara sering terjadi gangguan iklim,seperti ribut,badai salju,dan hujan es.

Wilayah Amerika bagian tengah Sebagian besar beriklim maritim(laut).Hujan banyak turun di wilayah ini.Wilayah Amerika bagian selatan iklim juga bervariasi.Suhu nya terpengaruh oleh letaknya yang dekat dengan garis khatulistiwa dan makin keselatan makin dingin.

 

  1. Flora dan Fauna

Semasa zaman Tersier 11-70 ( sebelas – tujuh puluh juta tahun yang lalu ), Amerika Selatan yang terpisah dari Amerika Utara. akibatnya, berkembanglah spesies monyet dan satwa lain yang tidak di temukan di tempat lain,seperti si pemalas berjari tiga (Sloth-bradipus Tridactylus),pemakan semut,dan Armadilo.pada masa terbentuknya tanah genting di Amerika Tengah,banyak binatang dari Amerika Utara yang punah.satwa liar yang kini ada,antara lain:Alpaka,guanaco,Jaguar,Puma,Oselot,Monyet,Tapir,Armadilo,Ular,Burung kondor di pegunungan Andes,burung Kolibri,dan burung Rhea di hutan tropis.

f.Pertumbuhan penduduk

Benua Amerika terbagi menjadi tiga wilayah,yaitu :amerika utara,amerika Timur,da Amerika Selatan.Jumlah penduduk tiap-tiap wilayah berbeda.

Suku asli Amerika adalah suku Eskimo dan suku Indian,sedangkan yang menempati Amerika saat ini adalah penduduk asli Amerikan,pendatang,dan penduduk campuran.penduduk pendatang berasal dari seluruh Benua terdiri dari beberapa Ras utama diantara  nya Ras Kaukasoid yaitu Ras yang berkulit putih dari Eropa,Ras Negroid dari Afrika yaitu Ras yang mempunyai kulit hitam,Ras Mongolia dari Asia.Seiring nya waktu dalam perkembangan nya penduduk pendatang dan penduduk asli saling berbaur,maka terbentuk nya penduduk campuran hingga sekarang.

Agama yang dianut oleh penduduk Amerika beragam-ragam Agama.sedangkan agama terbanyak yang dipeluk oleh penduduk Amerika adalah Agama Katolik Roma,yang pemeluk nya paling banyak di Amerika Selatan.penduduk menganut Agama Kristen Prostestan paling banyak berada di Amerika Utara.

Sedangkan Agama lain yang dipeluk oleh penduduk Amerika adalah Yahudi,Islam,Hindu,Buddha,Kong Hucu,serta kepercayaan animisme yang masih dianut oleh suku asli Amerika yaitu Indian.

 

 

  1. Kualitas penduduk

Amerika Utara adalah negara yang tergolong perekonomian nya maju.Perekonomian yang di jalankan oleh Amerika Utara adalah perdagangan dan perindustrian mempunyai peran penting dalam menopang perekonomian Amerika Utara.Dalam suatu kegiatan Agraris seperti Peternakan,Pertanian dan Perikanan mempunyai konsep dan peralatan yang modern.kegiatan pertambangan dan pengolahan nya sudah memakai peralatan yang modern,sedangkan beberapa di negara Amerika Selatan cenderung masih tergolong negara berkembang.perekonomian nya didukung oleh kegiatan pertanian,perikanan dan pertambangan.

  1. Negara-Negara yang berkembang di Benua Amerika

Beberapa negara besar yang ada di Benua Amerika seperti : Amerika Serikat,Kanada,Argentina, dan Brazil.

  • Amerika Serikat

 

Amerika Serikat adalah suatu negara yang mempunyai pengaruh besar di seluruh dunia.Batas-batas negara Amerika Serikat,di sebelah utara berbatasan dengan Kanada;di sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik;di sebelah selatan berbatasan dengan teluk Meksiko dan meksiko;di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik.Luas negara Amerika Serikat yaitu:9.529.063 km2.

 

  • Kanada

 

Kanada adalah negara yang terletak di amerika utara.negara Kanada merupakan negara terbesar kedua di dunia setelah Rusia.Disebelah utara Kanada berbatasan dengan Samudra Arktik; sebelah selatan berbatasan dengan Amerika Serikat; sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pacifik; sebelah timur berbatasan dengan SamudraAtlantik,Selat Davis dan Teluk Baffin. Luas wilayah Kanada 9.922.330 km2.

 

Ketampakan alam kanada dapat di bagi sebagai berikut :

  • Daerah Perisai Kanada meliputi sepanjang teluk Hudson dan danau-danau besar.
  • Daerah dataran rendah st.Lawrence dan danau-danau besar lainnya.
  • Daerah Appalachia Kanada yang meliputi daerah perbatasan timur Quebec.
  • Daerah dataran luas yang mencakup daerah perbatasan dengan amerika Serikat.
  • Daerah pegunungan rocky diantara Samudra Pasifik dan daerah dataran luas.

 

 

  • Argentina Batas wilayah negara Argentina : sebelah utara berbatasan dengan Bolivia dan Paraguay sebelah timur berbatasan dengan Brazil,Uruguay dan Samudra Atlantik. Sebelah barat dan selatan berbatasan dengan Cile. Yang mana negara Argentina memiliki luas wilayah 2.766.889 km2. Ibu kota nya Buenos aires.

Demikian penjelasan tentang Benua Amerika,Semoga bermanfaat untuk para pembaca Artikel ini agar dapat mengikuti berita dari kami.Mohon bantuan nya untuk di share ke semua kerabat anda semua dan kami ucapkan terima kasih sebanyak-banyak nya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.