Tips Dan Trik Menanam Tanaman Hias

Banyak tukang kebun merasa senang menanam tanaman di dalam ruangan. Ada banyak jenis tanaman hias yang tumbuh dengan baik di dalam rumah. Tanaman hias terbaik yang tumbuh di dalam ruangan adalah anggrek, bugenvil, geranium wangi, begonia eksotis, pentas, dan gardenia. Tanaman hias tropis ini tidak hanya akan membuat rumah Anda menjadi hijau, tetapi juga menambah warna dan keharuman rumah Anda. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk menanam tanaman hias di dalam ruangan.

 

Tanah: Untuk tanaman dalam ruangan, tanah yang digunakan tergantung pada jenis tanaman. Tanaman seperti kaktus, sukulen, dan rosemary membutuhkan tanah yang dikeringkan dengan baik. Dan tanaman hias seperti violet Afrika dan pakis tumbuh subur di tanah dengan kandungan humus tinggi. Dan tanaman lain seperti anggrek membutuhkan batang cemara atau lumut sphagnum untuk tumbuh subur. Menggunakan campuran pot komersial sangat dianjurkan yang terdiri dari lumut gambut, vermikulit dan perlit. Tanah pot yang tidak dinodai sangat disarankan, tetapi tanah ini menyerap lebih banyak kelembapan dan membutuhkan pasokan air yang konstan.

 

Bahan Organik: Menambahkan bahan organik seperti jamur daun, kompos alami, gambut, kompos, atau tanah kebun yang kaya akan meningkatkan mikroorganisme dan nutrisi di dalam tanah.

 

Suhu: Untuk menjaga tanaman tetap sehat dan indah, Anda harus menjaga pengaturan suhu yang ideal. Kisaran suhu ini akan memaksimalkan pertumbuhan tanaman. Untuk sebagian besar tanaman hias semusim yang tumbuh cepat, kisaran suhu awal yang baik harus dipertahankan antara (21,1-26,6°C). Beberapa tanaman hias lebih menyukai suhu tinggi. Kisaran suhu ini akan menunjukkan dampak yang besar pada tahap mekar dan tumbuh.

 

Kelembaban: sebagian besar tanaman indoor menyukai kelembapan. Tanaman hias normal membutuhkan kelembapan 50 persen atau lebih tinggi dan bahkan dapat tumbuh subur pada kelembapan 30 hingga 40 persen di udara. Jika udara menjadi kering dan daun tidak mampu menyerap cukup air, daunnya menjadi pucat dan kuning. Di musim dingin tingkat kelembaban di udara turun rendah, dalam hal ini gunakan penyemprot udara atau pelembap lainnya untuk menyeimbangkan tingkat kelembaban. Atau dapat menempatkan tanaman Anda di atas nampan berisi kerikil yang berisi sekitar 1/4 inci air. Ini menjaga tingkat kelembaban di udara di sekitar tanaman.

 

Air: Tanaman dalam ruangan harus disiram secara berkala. Penyiraman tanaman yang berlebihan dapat membahayakan tanaman hias dalam ruangan atau bahkan beberapa tanaman mati karena penyiraman yang berlebihan. Tanaman dalam ruangan akan membutuhkan penyiraman yang sering selama cuaca cerah dan hangat dan mengurangi air selama musim dingin dan musim hujan.

 

Nutrisi: Tanaman hias dalam ruangan bukan pengumpan berat. Beri mereka makan sesekali. Formulasi standar 10-10-10 adalah pilihan terbaik sebagian besar tanaman indoor.

 

Cahaya untuk Tanaman Hias dalam ruangan: setiap tanaman memiliki kebutuhan cahaya yang berbeda. Beberapa tumbuh dengan baik di tempat teduh penuh dan beberapa membutuhkan cahaya 12 jam penuh. Tergantung pada kebutuhan cahaya tanaman menggunakan lampu tumbuh atau menyimpannya di dekat jendela di mana mereka mendapatkan cahaya yang diperlukan. Sebagian besar tanaman berbunga, dan tanaman dedaunan menyukai sinar matahari, jadi letakkan di dekat jendela yang cerah dan menghadap ke selatan. Selama bulan-bulan musim dingin, pindahkan semua tanaman lebih dekat ke jendela untuk mengimbangi penurunan cahaya. Sebagian besar tanaman tumbuh subur dengan baik dalam 12 hingga 16 jam cahaya per hari. Untuk menambah tanaman Anda perlu memberikan ketentuan pencahayaan tambahan.

 

Tanaman hias terbaik untuk disimpan dalam ruangan

Ingin menambahkan sentuhan hijau di rumah Anda? Menanam tanaman dalam ruangan di rumah Anda memiliki banyak keuntungan – tanaman ini dapat memberi Anda udara segar dan memperkaya rumah kita dengan keindahannya dan aroma yang luar biasa akan meningkatkan kualitas hidup kita dan taman dalam ruangan ini akan menjaga suasana hati dan pikiran kita tetap damai. Untuk menanam tanaman hias di dalam ruangan langkah pertama adalah memilih tanaman yang tepat yang sesuai dengan lingkungan rumah Anda. Dan tidak semua tanaman hias tumbuh subur di iklim dalam ruangan dan seharusnya mereka membutuhkan perawatan dan penyiraman dasar.

Berikut daftar tanaman indoor perawatan yang dapat Anda pilih.

 

  1. Tanaman ular: tanaman hias dalam ruangan ini adalah tanaman rumah terbaik yang dapat menjernihkan udara. Dan tanaman ini mudah dirawat dan dapat tumbuh subur di tempat teduh dan dapat menghirup racun berat dan bahan kimia di udara dan meningkatkan kadar oksigen di udara.
  2. Tanaman uang: Tanaman ini adalah tanaman indoor paling populer yang terlihat di setiap rumah. Dan tanaman ini bisa tumbuh di tanah dan air dan bisa tumbuh di dalam dan di luar ruangan. Tanaman uang adalah pembersih udara terbaik dan juga dianggap sebagai tanda terbaik untuk mendapatkan kedamaian dan kemakmuran sesuai dengan prinsip FengShui.
  3. Tanaman bambu keberuntungan: Ini adalah tanaman terbaik yang terlihat di hampir semua ruang keluarga. Tanaman ini tumbuh baik di dekat jendela di bawah sinar matahari tidak langsung, pohon bambu ini dapat tumbuh baik di air maupun di tanah. Jika menanamnya di air, air harus diganti terus-menerus. Tanaman ini membutuhkan pemangkasan yang konstan dan tanaman ini dapat diberi banyak bentuk. Ini adalah jenis tanaman hias terbaik.
  4. Lidah Buaya : Lidah Buaya Merupakan tanaman hias paling umum yang tidak hanya digunakan untuk mempercantik rumah tetapi tanaman ini juga fungsional. Tanaman ini memiliki banyak khasiat obat. Tanaman ini tidak membutuhkan perawatan apapun dan dapat ditanam dimana saja di dalam rumah. Tanaman ini juga disebut tanaman ajaib karena manfaat kesehatannya yang luar biasa. Jendela yang cerah adalah tempat terbaik untuk menanam tanaman hias ini.
  5. Peace Lily: tanaman hias dalam ruangan ini tidak hanya memiliki dedaunan yang bagus, tetapi juga memiliki bau yang luar biasa, bunga lili perdamaian dapat meningkatkan keindahan rumah dan meningkatkan kualitas udara dan menambah aroma manis di dalam rumah. Tanaman hias dalam ruangan ini membutuhkan sinar matahari sedang, mudah perawatannya dan hanya membutuhkan sedikit perawatan. Tanaman ini membutuhkan tingkat penyiraman sedang dan tanaman ini menghasilkan bunga yang indah sepanjang tahun.
  6. Dracaena reflexa: tanaman hias dalam ruangan ini terbaik untuk dekorasi rumah. Sangat cocok untuk mendekorasi meja samping atau mental-piece. Tanaman ini adalah tanaman hias yang tumbuh lambat memberi rumah Anda tampilan yang menakjubkan dengan daunnya yang berwarna hijau cerah, limau dan kuning.
  7. Pakis: ini adalah tanaman dedaunan dengan kanopi daun hijau menghijau, pakis adalah tanaman dalam ruangan yang paling disukai di seluruh dunia. Dan tanaman membutuhkan sinar matahari tingkat sedang dan tingkat kelembaban tanah untuk berkembang. Penyiraman tanaman setiap hari dan pengkabutan daun akan menjaga tanaman tetap sehat dan hijau.
  8. Grape Ivy: Ini adalah wadah tanaman hias terbaik yang ditanam, tanaman merambat seperti grape ivy dapat memberikan tampilan yang indah dan menakjubkan secara estetika ke rumah Anda. Tanaman ini mudah dirawat dan tidak memerlukan perawatan apa pun, hanya tumbuh di mana saja di rumah, dan tumbuh subur bahkan dalam kondisi cahaya redup. Dan tanaman ini membutuhkan kebutuhan air sedang dan bertindak sebagai pembersih udara yang bagus dengan tampilan yang menakjubkan.
  9. Anthurium: Ini adalah tanaman hias dalam ruangan yang indah yang mekar hampir sepanjang tahun dan mudah ditanam di dalam ruangan dengan perawatan yang sangat rendah. Tanaman ini datang dalam beragam warna dan memeliharanya di dalam ruangan sangat mudah. Tanaman membutuhkan sinar matahari tidak langsung dan penyiraman sedang tetapi teratur.
  10. Pinang: Tanaman rumah ini datang dengan hijau subur, pelepah yang menarik, pohon Pinang tanaman hias terbaik untuk interior rumah. Tanaman ini tumbuh subur dengan baik di bawah sinar matahari tidak langsung hingga teduh sedang, tempat yang ideal untuk tanaman ini adalah jendela yang menghadap ke selatan atau barat. Tanaman ini membutuhkan penyiraman secara teratur dan pot ulang setiap tahun, tanaman ini tumbuh hingga 7 kaki.
  11. Violet Afrika: Violet Afrika adalah tanaman rumah berbunga terbaik yang kompak yang mekar berbagai macam bentuk bunga dalam banyak warna. Dan tanaman ini membutuhkan penyiraman yang baik, kelembaban tinggi, dan cahaya terang untuk melengkapi naungan dan menghasilkan beberapa bunga setiap tahun. Tanaman ini mekar sepanjang tahun.
  12. Poinsettia: Poinsettia adalah tanaman hias terbaik dan paling populer, dan tanaman ini terutama bunga selama Natal. Ada banyak varietas poinsettia, dan tanaman ini menghasilkan bunga dalam warna pink dan putih, dan poinsettia merah standar masih menjadi raja tanaman Natal.
  13. Peperomia: Ini adalah tanaman hias lilin yang paling baik untuk tumbuh, dan tanaman ini tumbuh subur dalam kondisi yang lebih lembab. Dan spesies tanaman ini juga dapat tumbuh subur di bawah lampu neon.
  14. Pohon Naga: Tanaman ini dapat tumbuh di ambang jendela Anda dan dapat tumbuh subur dalam cahaya rendah di sudut yang tidak disukai. Tumbuhan ini beracun bagi hewan.

 

Demikian Tips & Trik  Cara Menanam Tanaman Hias Didalam Ruangan, Semoga dapat memberikan ilmu pengetahuan yang baru bagi para pembaca artikel nya, jangan lupa LIKE & SHARE..Terima Kasih…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.