Tips Perawatan Kecantikan Mata

Mata adalah bagian wajah yang paling mengesankan.Mata yang sehat, mata yang jernih bersinar terang, akan segera mempesona bagi yang melihatnya. Tetapi sebaliknya, mata merah juga  meradang, mata yang sayu tidak terlihat bercahaya, akan segera tertangkap pada pandangan pertama.Dan kalau sudah demikian tata rias wajah sebaik atau sehebat apapun, tidak akan mampu menutupi kedukaan mata yang sedang sakit itu.

Kesehatan dan juga Perawatan mata.

Mata kita secara normal tidak memerlukan perawatan khusus sehari-hari, seperti halnya wanita merawat kuku jari tangan dan kaki yang membutuhkan perhatian tersendiri. Bagian mata yang tidak memerlukan perawatan khusus tersebut addalah mata yang tertutup oleh kelopak mata.Dengan memcuci wajah menggunakan air bersih ( yang sedikitnya dua kali sehari ) itu sudah berarti juga membersihkan kulit kelopak mata, bulu dan alis mata.Sedangkan bola mata sendiri tidak memerlukan perawatan khusus karena dengan adanya aliran air mata dan reflex mengedip dari kelopak mata yang terus-menerus.Bola mata kita tersebut sudah di bersihkan.Jika terjadi gangguan ringan, misalnya mata merah dan pedih terkena angin sewaktu mengendarai sepeda motor, atau kendaraan terbuka lainnya, maka mata bisa saja di bersihkan menggunakan cairan pembersih atau cairan pencuci mata lainnya.Tetapi bila kita hidup sehari-hari berada dalam lingkungan yang bersih , membersihkan mata secara khusus dengan tetes mata yang dapat di beli bebas, secara terus-menerus tidaklah perlu.

Wortel atau air perasan wortel seringkali di katakana sebagai obat sakit mata.Terutama bagi para pemakai kaca mata.Anggapan ini keliru.Yang sebenarnya, wortel atau air wortel tersebut menyehatkan tubuh secara menyeluruh, terutama untuk kesehatan mata, tetapi tidak untuk maksud mengurangi minus atau plus kaca mata seseorang.Begitu juga halnya dengan buah-buahan dan sayuran berwarna lainnya, seperti jagung, tomat , semangka, mangga, dan yang lainnya.

Bagi usia setengah baya, terutama wanita, di mana semua organ tubuh termasuk daerah mata sudah mulai mengendor “daya kerjanya “, maka melakukan perawatan baik  yang sedikit lebih mendalam.Misalnya dengan membubuhkan krem khusus untuk kulit sekitar mata, melakukan pijatan atau massase lembut pada daerah kulit sekitar mata.Karena ini dapat membantu memperlancar atau merangsang kerja pembuluh darah daerah sekitar mata yang hampir tidak mengandung kelenjar lemak .

Kontradiksinya jika terjadi kelainan pada mata atau keadaan sakit, maka segeralah menghubungi dokter kalau bisa seorang dokter mata.Karena sakit mata sangat khas sifatnya, maka perlu penanganan yang spesialistis , kendati pada mata normal tidak memerlukan perawatan khusus sehari-harinya.

Secara normal , selama kurun waktu hidup kita dari mulai di lahirkan sampai tua atau meninggal, idealnya kita memeriksa mata kita secara periodic, empat kali , yaitu :

  1. Pertama kali, sewaktu di lahirkan.Kini sudah mulai ada pemeriksaan khusus bagi bayi yang baru dilahirkan, untuk semua organ tubuhnya, mulai dari pemeriksaan keadaan mata, telinga, hidung, dan lain-lain anggota tubuh lainnya. ini di lakukan oleh seorang dokter anak.Selanjutnya jika di ketahui ada kelainan pada tubuh bayi,dapat di laporkan pada dokter ahli untuk pemeriksaan lebih teliti.Dengan demikian jika terjadi kelainan pada anggota tubuh bayi,dapat segera di tanggulangi dengan baik.
  2. pada usia pra sekolah,antara lima sampai enam tahun, pada usia pra sekolah ini perlu di ketahui keadaan mata anak apakah memungkinkan untuk dapat mengikuti pelajaran dengan baik.
  • pada usia sekitar emapt puluh tahun dimana pada usia menjelang senja ini, daya akomodasi mata mulai berkurang.Hingga untuk dapat melihat dengan jelas di perlukan bantuan kaca mata.Untuk inilah di perlukan pemeriksaan mata mutlak di perlukan.
  1. bagi orang-orang yang menderita penyakit-penyakit seperti kencing manis,darah tinggi , dan lain-lain, maka pemeriksaan mata mutlak di perlukan.

Pemakaian kaca mata.

Kaca mata adalah alat untuk menambah ketajaman penglihatan.Perlu atau tidaknya orang berkaca mata lebih banyak di tentukan oleh kebutuhan orang itu atas ketajaman penglihatannya.Seseorang akan hidup normal bila fungsi penglihatannya orang tersebut, yang merupakan salah satu panca indranya adalah normal.Kaca mata adalah alat bantu menormalkan ketajaman penglihatan pemakainya.

Dalam hal memilih kaca mata yang akan di pakai sebaiknya menyesuaikan bantuk atau model kaca mata dengan bentuk wajah pemakai.Bagi orang-orang yang mempunyai anomaly refraksi yang tinggi, baik “plus”ataupun”minus” bentuk model fram kaca mata yang dapat di pakai lebih terbatas, karena lensa yang akan di pakai cukup tebal.

Pada umumnya yang di maksud dengan sun-glass adalah kaca mata dengan lensa netral dan mempunyai warna.Kaca mata yang mempunyai ukuran juga dapat di jadikan sun-glass bila di beri warna atau lapisan berwarna.

Kosmetika rias warna.

penggunaan cosmetics buat wajah termasuk juga untuk merias mata, sejauh memakainya tidak “jorok” atau sembarangan, maka tidaklah berbahaya bagi mata.Itulah perlunya,sewaktu membersihkan wajah, termasuk rias mata, agar kulit sekitar mata juga bersih dan dapat bebas bernafas.Jaga agar sisa-sisa kosmetik tidak mengotori mata.Yang mungkin di bisa perhatikan dalam penggunaan kosmetika rias mata ini adalah penggunaan eyeliner untuk memperjelas garis mata.Eyeliner ini biasa di oleskan juga pada garis mata sebelah dalam, di mana terdapat juga muara-muara kelenjar yang menghasilkan zat untuk komposisi air mata.Jika ini tertutup,tentu menggangu kualitas air mata yang berguna untuk membersihkan kotoran mata.Mungkin akan timbul bisul-bisul kecil di mata (timbilan).Karena kulit sekitar mata ini halus dan peka, maka cara membersihkannya pun haruslah dengan cara halus, tidak dengan tekanan-tekanan, tetapi dengan usapan lembut, mulai dari sudut mata luar menuju sudut mata sebelah dalam.Antara lain dengan menggunakan kapas steril yang sudah di bubuhi dengan cairan pembersih khusus untuk mengangkat rias mata.

Demikian halnya juga dengan pemakaian lensa kontak, bahwa tidak perlu ragu menggunakan kosmetika rias mata.Yang penting, disini adalah letak lensa kontak itu harus pas di tempatnya pada mata pemakai, sebab jika tidak air mata akan banyak keluar ,dan mengganggu kosmetika yang berada pada kulit sekitar mata, hingga bisa saja kosmetika itu jadi melunturi kulit dan masuk ke mata.

Penggunaan tetes mata.

Tetes mata bila di gunakan untuk mengobati mata, misalnya untuk mata merah atau pedih yang disebabkan oleh angin besar, kurang tidur, terkena asap rokok.Tetes mata yang antara lain berisi zat yang komposisinya menyerupai komposisi air mata itu, dapat membuat mata merah jadi tampak jernih kembali seolah-olah mata yang sakit tersebut menjadi sembuh.

Messase mata.

Perasaan tegang ( stress ) dapat mempengaruhi keadaan mata.Otot-otot halus sekitar mata juga turut menjadi tegang, hingga kulit sekitar mata jadi tampak berkerut.Untuk mengurangi ketegangan ini, antara lain dapat di lakukan tekanan-tekanan ringan pada kulit sekitar mata.Caranya, sebelumnya kulit diolesi dengan krem khusus tipis-tipis .Dengan menggunakan jari tengah , tekan perlahan daerah-daerah pangkal alis, dekat pangkal hidung, bagian tengah pelipis, bagian tulang mata bawah.Sebelumnya, kulit mata di bersihkan terlebih dahulu, dan lakukan lah itu sambil istirahat.

Pada akan menjelang usia setengah baya pada umumnya, akan terjadi semacam kantung pada bagian bawah mata.Kantung mata ini bisa dating lebih awal ataupun lebih cepat.Untuk memperlambat terbentuknya kantung mata ini, baik di lakukan urutan atau massase pada kulit sekitar mata.Caranya, bubuhkan tipis-tipis krem mata pada kulit sekitar mata yang di bersihkan terlebih dahulu. menggunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk memijatnya.Gerakan di mulai dari sudut mata sebelah meluncur ke pelupuk mata atas dan bawah menuju sudut  mata dalam, kembali meluncur melalui pelupuk mata atas dan bawah ke sudut mata luar.Begitu seterusnya, hingga kurang dan lebih nya sepuluh kali.Secara berkala,seminggu sekali misalnya, pakailah masker khusus , yang pada umumnya mengandung zat yang dapat merangsang pembentukan sel kulit yang  tidak mulus lagi, tidak cepat menjadi berkerut.

Disamping perhatian pada mata, perhatikan juga alat-alat rias mata.Bersihkan semua peralatan rias mata dan segera pula keringkan, agar terbebas dari debu, debu atau kotoran yang menempel, yang dapat merusak mata kita.lakukan ini sebulan sekali misalnya.

Selamat mencoba  perawatan kecantikan mata dan semoga bermanfaat….

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.