Tips Sehat Ketika Musim Pancaroba Serta Penyakit Yang Biasa Menyerang Tubuh pada Musim Hujan

Halo teman semuanya. Sudah mau musim hujan lagi ini. Musim pancaroba identik dengan berbagai serangan penyakit terhadap tubuh kita. Sebut saja flu, diare, demam berdarah, dan tifus. Pada musim pancaroba ini cuaca setiap harinya tidak menentu. Pada waktu siang hari ketika panas matahari sedang terik-teriknya, tiba-tiba bisa langsung berubah menjadi mendung dan di ikuti hujan lebat. Terlebih lagi kadang ada intensitas hembusan angin yang melebihi dari biasanya. Terjadinya perubahan iklim dan suhu akan menjadikan kelembaban udara yang cukup signifikan, jadi biasa menimbukan berbagai penyakit, ini dikarenakan bakteri dan virus-virus akan mudah berkembang biak pada sudu yang memiliki kelembaban tinggi. Hal ini tentunya membuat kita harus memutar otak agar tubuh kita harus mempunyai daya tahan yang maksimal, jika hal ini tidak bisa kita capai maka banyak kemungkinan tubuh kita akan sulit beradaptasi dengan baik terhadap perubahan cuaca.

Ada beberapa tips yang biasanya banyak dilakukan banyak orang untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh pada saat musim pancaroba ini. Bahasan ini bisa jadi pengetahuan baru bagi kalian untuk tetap sehat saat musim penghujan. Langsung saja kita bahas ke tips yang pertama.

Selalu konsumsi Vitamin C

Vitamin c baik dari sumber alami ataupun dari sumber makanan dan suplemen dapat membantu mempercepat pemulihan dari penyakit flu. Asupan sehat yang banyak mengandung vitamin C dapat membantu memperkuat antibody dan mengurangi gejala flu. Biasanya sumber vitamin C alami yang bisa dicampurkan pada setiap menu makanan sehari-hari kita adalah Paprika, nanas dan pepaya. Karena buah-buah tersebut merupakan sumber vitamin C yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Minum Air dengan Teratur

Minum air putih pada saat musim hujan bagi kebanyakan orang mungkin dirasa tidak terlalu penting, tenggorokan kita tidak terlalu haus mungkin hal ini disebabkan karena cuaca pada saat hujan selalu dingin. Tapi perilaku itu harus dihindari dan sebenarnya harus mendapat perhatian yang lebih karena pada umumnya saat musim hujan manusia termasuk kita tidak menyadari bahwa dirinya sedang dehidrasi, dengan kita minum air yang cukup tubuh kita akan terhidrasi dengan sangat cukup, sehingga akan membantu untuk mengeluarkan racun dalam tubuh kita. Karena frekuensi buang air kita akan semakin sering pada waktu cuaca dingin.

Pola makan yang baik

Pada saat musim pancaroba perhatikan pola makan kalian dan sebisa mungkin hindari makanan yang tidak higienis. Kebersihan makanan juga sangat penting untuk diperhatikan. Mengapa ini harus dilakukan?. Karena bukan tidak mungkin virus atau bakteri bisa menyebar lewat makanan, jadi lebih baik untuk mengolah makan sendiri, pertahankan dapur yang bersih dan higienis agar kebersihan masakan untuk keluarga tetap terjaga kesehatannya sepanjang musim hujan.

Hangatkan Tubuh dengan Minuman atau Makanan

Cara menghangatkan tubuh dengan meminum minuman atau memakan makanan hangat bisa menjadi salah satu cara juga. Minuman teh hijau hangat dan coklat panas bisa jadi pilihan yang tepat. Selain itu bukan ide yang buruk juga untuk menyajikan sup panas bagi menghangatkan tubuh. Karena cara-cara ini membantu untuk mencegah masuk angin atau infeksi-infeksi lain yang terjadi pada perubahan suhu tubuh.

                Sediakan Jas Hujan serta Payung

Para ilmuwan dan peneliti menemukan bahwa ketika tubuh kedinginan khususnya pada bagian kaki kita rentan terkena serangan gejala flu. Salah satu tips atau cara untuk selalu menjaga kehangatan tubuh ialah dengan sedia jas hujan dan payung ini yang bertujuan untuk mengurangi aliiran darah pada kaki sehingga penggunaan kedua alat tadi akan sangat membantu.

Bila terkena air Hujan Segeralah Mandi

Selalu menjadi pertanyaan dari dulu, mengapa setiap kita kehujanan harus mandi dengan segera, terlebih menggunakan air panas. Mandi menggunakan air hangat atau panas adalah salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh dan melindungi diri dari berbagai kuman yang muncul dan disebabkan oleh baktri yang tersebar pada saat musim hujan.

Selalu Menjaga Kebersihand Disetiap Lingkungan Tempat Tinggal

Saat musim hujan kebanyakan dari kita cenderung lebih banyak tinggal di rumah serta menutup rapat-rapat jendela agar selalu terasa hangat. Tapi ingat yah saat suhu ruangan lembab kuman dan bakteri lebih cenderung menyebar dengan mudah, maka kunci utama adalah harus selalu menjaga kebersihan rumah tinggal kita dan lingkungannya. Kalian bisa lakukan dengan rutin mencuci tangan secara teratur.

Waktu Tidur Cukup

Menurut salah satu ilmuwan. Cukup Tidur ialah salah satu cara yang paling efektif untuk membuat tubuh tetap sehat. Itu yang artinya kalian harus tidur dengan waktu yang cukup antara 7 smpai delapan jam setiap malam. Ketika kalian tidur, tubuh kalian akan melakukan pemulihan kritis dan tentunya perbaikan fungsi-fungsi penting dari dalam tubuh termasuk sistem imun tubuh. Ada penelitian menemukan, ketika seseorang tidak tidur dengan cukup selama satu malam saja bisa berkurang kekebalan tubuhnya sampai 70 persen.

Olah raga

Olah raga bertujuan untuk tetap menjaga fungsi tubuh agar tetap baik. Karena dengan olah raga akan membantu mengurangi peradangan dan mendukung sel-sel yang melawan infeksi. Jika kamu bekerja dari rumah bisa banyak cara dilakukan dengan olah raga. Olah raga ringan saja bisa membantu oto-otot dan fungsi tubuh lainnya tetap terjaga. Selain itu endorfin dari berolah raga akan membantu menghilangkan stres.

Selain melakukan hal-hal di atas tadi juga. Kalian harus tau penjelasan tentang penyakit-penyakit yang biasa menyerang  pada musim hujan.

  1. Diare

Diare adalah penyakit yang sudah menjadi langganan menyerang tubuh ketika musim hujan datang. Biasanya  penyakit ini sering menyerang anak-anak yang masih memiliki kekebalan tubuh kurang baik. Bakteri E-coli adalah sumbernya yang selalu  menyerang sistem pencernaan tubuh kita.

  1. Influenza

Flu adalah penyakit yang bisa menyerang semua orang tanpa melihat usia orang tersebut, walaupun muncul tidak selalu saat musim hujan. Flu terjadi karena adanya virus influenz type A, C atau B. biasanyaakan menyerang orang terdekat terlebih  dahulu melewati  bersin dan batuk. Munculnya penyakit ini ialah kotorang yang dikeluarkan cenderung tidak terlalu padat serta orang tersebut akan terus pergi ke kamar kecil untuk BAB. Jika sudah terjadi seperti itu lebih baik segeralah pergi ke dokter terdekat di  rumah anda.

  1. DBD

DBD atau demam berdarah adalah satu type penyakit menular yang disebabkan karena nyamuk aedes aegypti. Pada awalnya penyakit ini di tandai dengan demam yang sangat tinggi dengan di barengi nyeri pada otot-otot dan sendi tubuh kita bahkan timbul bintik merah. Segeralah berkunjung ke dokter kepercayaan anda saat mengetahui gejala-gejala tersebut menyerang anda atau orang-orang terdekat anda.

Penyakit-penyakit diatas adalah sebagian dari penyakit yang biasa menyerang tubuh pada musim pancaraoba, sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis penyakitnya yang bisa menyerang kondisi tubuh kita dimanapun dan kapanpun. Menjadikan kita harus selalu waspada dan terus menjaga pola hidup  yang tetap sehat selama musim hujan atau pun musim kemarau. Karena kesehatan bukan orang lain yang menciptakan, melainkan diri kita sendiri.

 

Semoga artikel yang kami tulis bisa bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan bagi para pembaca, jangan lupa Like & Share…Terima Kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published.