Tokoh-Tokoh Dan Organisasi Masa Kebangkitan Nasional

Kebangkitan nasional masa dimana bangkitnya rasa dan semangat pesatuan, kesatuan dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang sebelumnya tidak pernah muncul selama masa penjajahan, pada masa ni muncul sekelompok masyarakat Indonesia yang menginginkan adanya perubahan karena penindasan dan penjajahan, kebangkitan nasional ditandai dengan berdirinya oragnaisai budi utomo pada tanggal 20 mei 1908 dimana hari lahirnya organisasi sosial pertama di Indonesia, tanggal lahiran nya budi utomo dianggap sebagai awal kebangkitan nasional karena menggunakan strategi perjuangan yang baru dan berbeda dengan perjuangan sebelumnya.

Terdapat beberapa tokoh yang menjadi pelopor kebangkitan nasional yaitu sebagai berikut dibawah ini:

A . Dr.soetomo

Dr.soetomo merupakan pendiri organisasi budi utomo yang didirikan pada tanggal 20 mei 1908, beliau bersama lulusan STOVIA mendiarikan budi utomo sebagai organisasi yag bertujuan untuk mempersatukan perjuangan terlepas dari kehidupan terjajah dan dapat mencapai kemerdekaan, hasil pemikiran organisasi inilah istilah dari pergerakan nasional diperkenalkan dan setelah berdirinya budi utomo ternyata merangsang berdirinya organisasi lainnya maka dari itu tanggal berdirinya budi utomo diperingati sebagai hari pergerakan nasional.

B . dr.wahidin sudirohusodo

Dr.wahidin sudirohusodo tokoh yang berperan dalam pencetus semangat untuk mendirikan organisasi budi utomo, beliau adalah lulusan STOVIA dan salah satu tokoh intlektual yang harus berusaha untuk memperjuangkan nasib bangsanya.

C . Dr. tjipto mangkusomo

Salah satu dokter professional yang lebih dikenal sebagai tokoh pergerakan nasional, nama beliau diabadikan sebagai salah satu nama rumah sakit di Jakarta yaitu rumah sakit cipto mangkusomo, beliau bersama dengan kh.hajar dewantara dan douwes dekker mendirikan indische partij.

D . Ki.hajar dewantara

Tokoh yang mendirikan indische partij bersama douwes dekker dan dr.tjipto mangkusomo, mereka bertiga dikenal sebagai tiga serangkai selain itu ki hajar dewantara juga mendirikan taman siswa kemudian disebut sebagai bapak pendidikan.

E . dr.douwes dekker

Nama lain dari dr.douwes dekker yaitu danudirja setiabudi bersama dengan dr.tjipto mangkusomo dan ki hajar dewantara mendidrikan indesche partij yang terkenal sebagai orang belanda yang mengkiritk kebijakan negaranya karena menindas bangsa Indonesia.

1 . Institusi atau organisasi Masa kebangkitan NAsional

beberapa organisasi yang tumbuh pada masa kebangkitan nasional sebagai berikut ini:

A . indische partij (IP)

Indische parti yaitu partai politik di hindia-belanda yang berdiri pada tanggal 25 desember 1912, didirikan oleh douwes dekker, tjipto mangkusomo dan ki hajar dewantara dengan maksud mengganti indische bond yang merupakan organisasi orang Indonesia dan europa di Indonesia, hal ini disebabkan adanya keganjilan diskriminasi khususnya antara keturunan belanda totok dengan orang belanda campuran indonsia.

  1. muhammadiyah

yakni institusi islam modern yang berdiri di Yogyakarta pada tanggal 18 november 1918 dan didirikan oleh tokoh agama K. H.ahmad dahlan pada awalnya, K. H.ahmad dahlan masuk kedalam organisasi budi utomo dengan harapan dapat memberikan pemikiran islam pembaruan kepada anggota organisasi, namun cara tersebut kurang efektif sehingga mendirikan organisasi muhammadiyah, muhammadiyah mencurahkan kegiatan pada usaha pendidikan serta kesejahteraan pada program dakwahya berusaha menghapus bentuk pemikiran dan pelaksanaan islam yang dihubungkan dengan hal-hal mistik atau takhayul, ide pembaruan K. H.ahmad dahlan dipengaruhi gerakan pembaharuan di arab saat beliau menuntut ilmu agama disana.

C . nadratul ulama

Didirikan pada tanggal 31 januari 1926 (16 rajab 1344 H) di Surabaya atas praksara K.H. hasyim asy’ari dari pesantren tebu ireng dan K. H.abdul wahab hasbullah, tujuan yang ingin dicapai oleh NU yaitu memperjuangkan berlakunya ajaran islam yang berhaluan ahlussunah wal jamaah dengan menganut mazhab empat aliran yang terdirir dari syafii, maliki, hanafi dan hambali guna mencapai tujuan nu bergerak diberbagai bidang kehidupan umat yakni agama, pendidikan, sosial dan ekonomi.

D . serekat islam

Pada tahun 1909 raden mas tirtoadisuryo mendirikan perkumpulan dagang di Jakarta dengan nama serekat dagang islam (SDI), H.samanhudi  seorang pedagang batik dari laweyan solo merasa tertarik dengan organisasi dagang ini, akhirnya beliau mendirikan serekat dangang islam di solo pada akhir tahun 1911 yang bertujuan untuk memajukan agama dan memperkuat diri bagi golongan pedagang Indonesia terhadap pedagang tiongkok, serekat dagang islam kemudian  berubah nama menjadi serekat islam (SI) dengan kongres pertamanya di adakan pada bulan januari 1913, tjokroaminoto menyatakan bahawa serekat dagang islam bukan merupakan organisasi politik dan bertujuan untuk meningkatkan perdagangan antar bangsa Indonesia serta membantu anggotanya yang mengalami kesulitan ekonomi untuk mengembangkan kehidupan religious dalam masyarakat Indonesia, kongres kedua diadakan pada bulan oktober 1917, kongres ketiga diadakan pada tanggal 29 september hingga 6 oktober 1918 di Surabaya, pada kongres ini tjokroaminoto menyatakan jika belanda tidak melakukan reformasi sosial bersekala besar, serekat islam akan melakukan sendiri diluar parlemen.

E . Partai komunis Indonesia

secR diresmikan pada tanggal 23 mei 1920, berdirinya pki tidak bisa terlepas dari ajarannya marxis yang dibawa oleh sneevliet, Ia bersama teman-temannya seperti brandsteder, H. W.dekker dan P. Bergsma mendirikannya indische social democratische Vereeniging (ISDV) di semarang pada tanggal 4 mei 1914.

F . Partai nasional Indonesia

Algemene studie club di bandung yang dibuat oleh ir.soekarno pada tahun 1925 telah mendorong para pemimpin lainya untuk mendirikan partai politik yakni partai nasional Indonesia, PNI didirikan di bandung pada tanggal 4 juli 1927 oleh 8 pemimpin yakni dr.cipto mangunkusomo, ir.anwari, mr.santoso, mr.iskak, mr.sunaryo, mr.budianto, dr.samsi dan ir.soekarno sebagai ketuanya, kebanyakan dari mereka adalah mantan anggota perhimpunan Indonesia di Negara elanda yang baru kembali di tanah air.

G . Perhimpunan Indonesia

Indische Vereeniging atau juga perhimpunan hindia adalah organisasi pelajar dan para mahasiswa hindia di Negara belanda yang berdiri pada tahun 1908, indische Vereeniging berdiri atas praksara soetan kasajangan soripada dan R.M. noto soeroto yang tujaun utama nya mengadakan pesta dansa dan pidato, sejak tjipto magoenkoesoemo dan soewardi soerjanigrat dan ki hajar dewantara masuk pada tahun 1913 mulailah mereka memikirkan mengenai masa depan Indonesia karena mereka mulai menyadaribahwa pentingnya organisasi tersebut bagi bangsa Indonesia, semenjak itulah Vereeniging ingin memasuki kancah politik dan waktu itu pula Vereeniging menerbitkan sebuah bulletin yang di beri nama hindia poetera, namun isinya sama sekali tidak memuat tulisan bernada politik.

H . gabunga politik Indonesia

Tekanan pemerintah colonial belanda mengakibatkan ppki sebagai suatu federasi tidak dapat menjalankan fungsinya, oleh karena itu dalam rapat pendirian concentrasi nasional yang diadakan tanggal 21 mei 1939 di Batavia, didirikan gapi sebuah federasi baru dengan anggotanya perindra, gerindro, pasundan, persatuan mahasiswa, psii dan partai katolik, didalam anggaran dasarnya gapi mencantumkan hak untuk menentukan sendiri persatuan nasional dan aksi seluruh pergerakan Indonesia, gapi menyelenggarakan kongres rakyat Indonesia yang pertama di Jakarta pada tanggal 25 desember 1939 yzng mengzmbil keputusan sebagai berikut di bawah ini:

  • Menetapkan bendera merah putih dan lagu Indonesia raya sebagai bendera dan lagu persatuan Indonesia serta peningkatan bahasa Indonesia bagi rakyat idonesia
  • Aksi indonesia berpalemen dilanjutkan melalui panitia setempat yang telah dibentuk diseluruh daerah dibawah pimpinan gapi
  • Kongres rakyat Indonesia menjadi badan tetap

Adapun tokoh-tokoh gapi yaitu Muhammad husni thamrin (perindra), mr.amir syarifudin (gerindro) dan abikusno cokro suyoso (PSII).

I . partai Indonesia raya (PRI)

Dr.soetomo salah seorang pendiri budi utomo pada akhir tahun 1935 dikota solo jawa tengah berusaha untuk menggabungkan antara persatuan bangsa Indonesia yakni serikat selebes, serikat Sumatra, aerikat ambon, budi utomo dan lainya, usaha dr.soetomo tersebut sebagai tanda berakhirnya fase kedaerahan dalam pergerakan kebangsaan menjadi partai Indonesia raya atau perindra, pbi sendiri merupakan club studi yang didirikian dr.soetomo pada tahun 1930 di Surabaya jawa timur, tokoh-tokoh lain yang ikut bergabung dengan peridra antara lain sebagai berikut dibawah ini:

  • panji soeroso
  • Soekardjo wijopranoto
  • soesanto tirtoprodjo
  • Woeryaningrat
  • Raden mas margono djojohadikusumo.

J . Gerakan rakyat Indonesia

Didirikan di Jakarta pada tanggal 24 mei 1937,tokoh-tokoh partai tersebut dipimpin oleh para pemimpin pertindo yang dibubarkan  pada tanggal 18 november 1936, mereka adalah mr.sartono, mr.amir syarifudin, dr. a. k. gani dan mr. moh.yamin serta gerindo sendiri dibentuk di Jakarta pada tanggal 24 mei 1937 yang bertujuan antara lain sebagai berikut dibawah ini:

  • Member bantuan bagi kaum pengangguran
  • Memperkuat ekonomi Indonesia
  • Mencapai yang Indonesia merdeka
  • Mengangkat kesejahteraan kaum buruh

Gerindo berusaha menjungjung tinggi asas kooperasi terhadap pemerintahan belanda, organisasi ini berusaha mewujudkan suatu pemerintah Negara yang memberikan kemerdekaan politik, ekonom dan sosial bagi rakyat, oleh karena itu gerindo merupakan sebuah organisasi terbuka untuk umum dan menerima anggota dari berbagai masyarakat seperti peranakan eropa, tiongkok dan arab serta gerindo berupaya memperjuangkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, menurut organisasi ini keadilan akan dicapai dengan enjungjung tinggi asas demokrasi yaitu salah satu upaya mencapai  asas demokrasi yakni pemerintah belanda harus membebaskan pemimpin bangsa Indonesia yang sudah diasingkan, tokoh-tokoh gerindo antara lain A. K.gani, sartono, Muhammad yamin, wilopo dan amir syarifudin pada tanggal 21 mei 1939, gerindo berfungsi dengan perindra, pasundan, persatuan minahasa, partai serikat islam Indonesia dan perhimpunan politik katolik Indonesia membentuk gabungan politik Indonesia (GAPI).

Demikianlah mengenai sejarah untuk mengenal tokoh-tokoh dan organisasi masa kebangkitan nasional yang telah kami berikan secara ringkas dan jelas, semoga ilmu yang kami berikan ini bermanfaat dan mengenang para tokoh yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan, TERIMAKASIH.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.