Urutan Stuktur Teks Eksplanasi Yang Tepat Ialah

Hai… Para pembaca yang budiman kali ini kami akan membahas tentang urutan stuktur teks eksplanasi untuk lebih jelasnya kami akan uraikan pembahasan tersebut secara rinci supaya kalian dapat dan mudah untuk memahaminya, tidak perlu panjang lebar lagi mari kita bahas Cekidot..!

Urutan stuktur eksplanasi yang tepat ialah penjelasan umum, interpretasi, deret penjelasan. Eksplanasi merupakan salah satu jenis teks yang isinya penjelasan mengenai tentang suatu hal biasanya terdapat sebab akibat. Sering kita jumpai kebanyakan teks eksplanasi ialah tentang berbagai kejadian fenomena yang terjadi.

Stukturnya wajib dibuat dengan secara teratur dan tepat ialah melingkupi deretan penjelasan, umum ataupun sebab dan akibat, interpretasi, agar lebih jelasnya setiap urutan kami akan menjelaskanya pada uraian kata sebagai berikut supaya kalian dapat lebih memahaminya lagi.

Jenis – jenis pada teks eksplanasi dapat terbagi menjadi 4 ( empat ) bagian salasatunya adalah :

  • Sekuensial

Berisikan penjelasan fenomena, contohnya seperti siklus rantai makanan

  • Kasual

Berisikan penyebab suatu kejadian terjadinya perubahan suatu peristiwa yang sering terjadi contohnya, tanah longsor

  • Teoritis

Yang berisi kejadian terjadinya bencana alam, contohnya bencana banjir dan juga gunung meletus

  • Faktorial

Berisi sebab dan akibat suatu proses, contohnya kejadian disaat penjajahan

Dari setiap stuktur ekspalani memiliki isi yang sangat berbeda dan berikut ini penjelasannya.

 

  • Pernyataan Umum

 

Dibagian awalan ialah pernyataan umum, yang berisikan tentang pengenalan suatu kejadian secara singkat, jadi dapat dikatakan yang isinya mengenai sebuah gambaran umum yang menjawab mengapa, bagaimna dan aapa kejadian yang sedang terjadi.

 

  • Urutan Sebab Akibat atau Jajaran Penjelasan

Dibagian 2 ( dua ) urutan sebab akibat atuapun deretan penjelasan. Dibagian ini menjelaskan terhadap alasan tentang setiap kejadian atau fenomena yang sedang terjadi dan biasanya agar teks berjajar tentang penjelasan dan memiliki jumlah paragraph lebih dari satu faragraf.

Berisikan tentang suatu proses kejadian yang ditulis dengan cara lengkap dan terperinci mengenai sebab akibat dan penyajiannya pun berurutan dari awal sampai akhir kejadian.

 

  • Interpretasi

Dibagian ketiga atau yang terakhir adalah interpretasi yang berisikan kesimpulan dari deretan pertama dan kedua, sederet penjelasan dan pernyataan umum.

Demikian penjelasan urutan struktur teks ekspanasi yang kami jelaskan diatas semoga anda dapat memahami dan menambah pengetahuan agar kami lebih bersemangat lagi membuat artikel yang lainnya kami berharap keikhlasan anda untu membagikan atau share artikel ini kepada sanak saudara dan rekan anda, keritik dan saran yang membangun kami harapkan agar dapat menjadi pelajaran bagi kami supaya dapat membuat artikel lebih baik lagi dan apabila ada kekurangan dalam pembuatan artikel ini kami mohon maaf yang sebesar besarnya. Akhir kata dari kami Terimaksih sebanyak banyaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.