Wajib dipahami !! Konsep Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari-hari

Listrik statis adalah muatan listrik yang berkumpul pada jumlah tertentu serta berada di dalam keadaan diam atau statis. Jenis listrik ini terjadi pada saat benda-benda yang memiliki aliran listrik saling berpautan tanpa adanya sumber daya atau dengan kata lain objek tersebut bisa menghasilkan proton dan electron tanpa menggunakan elemen pembangkit energy listrik. Listrik statis bisa di timbulkan oleh dua objek atau benda yang punya muatan listrik tidak sama. Contoh yang paling kita sering lihat adalah petir.

Para peneliti dan ilmuwan sendiri sudah menyimpulkan bermacam pendapat tentang teori atom yang mempunyai ikatan dengan muatan listrik. Yang pengertiannya antara lain :

  • Bagian terkecil tidak bisa dibagi-bagi kepada suatu benda di sebut atom
  • Atom sendiri berisi kulit atom dan inti atom. Kulit atom terdiri dari electron sedangkan inti atom terdiri dari neutron dan proton
  • Electron mempunyai muatan negative dan tidak bermuatan sedangkan proton mempunyai muatan positif
  • Neutron dan Proton ada pada inti atom tetapi untuk electron bergerak memutari inti atom di kulit atom tertentu
  • Pada sebuah objek atau benda yang tidak mempunyai muatan atau netral, biasanya jumlah electron dan protonnya sama
  • Benda dan objek yang bermuatan positif dan jika benda tersebut kurang electron atau jumlah proton lebih besar dari elektron. Atom yang kurang elektronnya akan berubah jadi posotif dan biasanya disebut ion positif.
  • Benda bermuatan positif negative jika benda tersebut kelebihan elektron dari atom lain. Dengan kata lain jumlah elektron lebih besar dari proton. Atom yang kelebihan elektron menjadi muatan negatif disebut ion negatif
  • Elektron bisa berpinda ke atom lain karena suatu hal. Sedangkan untuk neutron dan proton tidak bisa
  • Elektron keluar dari atom, maka atom itu akan mempunyai muatan positif karena kurangnya elektron
  • Jika elektron masuk ke atom maka atom itu akan menjadi negative karena kelebihan elektron

Ada beberapa cara untuk merubah benda atau objek yang netral jadi mempunyai muatan positif atau sebaliknya.

Penggosokan. Benda yang telah digosok dan bisa menarik benda kecil yang ada pada sekitar biasanya disebut benda bermuatan listrik. Deret tribolistik ialah deret yang bisa memperlihatkan benda yang akan bermuatan negatif  jika di gosok sembarang benda di posisi atas nantinya akan bermuatan positif bila digosok benda di bawahnya. Sebagai contoh bila kita menggosok gelas dengan jenis kain wol secara satu arah maka gelas itu akan menjadi muatan positif dan kain wol tadi akan menjadi muatan negative.

Konduksi. Proses ini menyentuhkan suatu benda yang bermuatan listrik kearah benda yang tidak mempunyai muatan listrik. Jadi benda yang mulanya tidak punya muatan listrik nantinya akan bermuatan listrik. Jika benda logam yang bermuatan positif di sentuhkan ke benda logam yang bermuatan netral maka elektron bebas dalam logam yang netral tadu akan tertuju kea arah logam yang positif. Ini disebabkan oleh logam kedua tadi sudah kehilangan beberapa elektronnhya. Maka logam kini akan menjadi positif. Proses ini disebut memuati dengan konduksi atau sentuhan.

Induksi. Induksi listrik ialah peristiwa pemisahan muatan pada suatu benda karena benda tadi di dekati oleh benda lain yang memiliki muatan listrik. Dengan cara mendekatkan benda yang mempunyai muatan listrik tadi ke penghantar listrik atau elektroskop. Elektroskop ialah alat yang bisa di gunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya muatan listrik pada suatu benda atau objek.

Medan listrik merupakan satu daerah di sekitar benda yang memiliki muatan listrik yang masih terjadi gaya listrik. Dengan arti lain adlah suatu objek dimana gaya listrik masih berfungsi. Medan listrik adalah efek yang muncul dari muatan listrik di dalam benda. Medan listrik dari suatu benda yang ada muatan listriknya bisa di jabarkan dengan garis gaya listrik. Garis ini muncul dari muatan positif kea rah kemuatan negative dengan tidak saling terputus satu dengan yang lainnya. Semakin banyak dan besar garis gayanya maka medan listrik yang di munculkan benda bermuatan listrik bersifat tidak tampak.

Ada yang harus di pahami tentang perbedaan potensial dan energy listrik. Untuk potensial listrik suatu muatan hanya bisa bergerak dari satu tempat ke tempat lain yang mempunyai perbedaan potensial listrik seperti layaknya benda yang terjatuh dari satu tempat yang lebih tinggi. Beda potensial dari satu titik di sekitar muatan itu disebut potensial listrik. Sedangkan untuk energi potensial listrik bisa diartikan dengan dua buah benda yang memiliki muatan listrik yang tersimpan berdekatan akan mengalami gaya listrik diantara keduanya. Suatu usaha harus dilakukan untuk memindahkan suatu muatan dari posisi asalnya.

  • Yang Perlu di Ketahui Tentang Penerapan Listrik Statis Pada System saraf Manusia

Layaknya arus listrik pada sebuah kabel, manusia pun dalam tubuhnya juga di aliri oleh sebuah arus listrik. Khususnya di syaraf, yakni dengan adanya suatu impuls listrik, bagian yang khusus mempelajari ini adalah ajaran impuls listrik pada tubuh yang biasa disebut biolistrik. Sebuah tegangan pada setiap tubuh manusia berbeda-beda dengan apa yang kita pikirkan. Yaitu seperti aliran listrik kah?. Sebenarnya arus kelistrikan pada tubuh kita hanya berhubungan dengan komposisi ion yang biasa ada dalam tubuh saja. Bukan seperti listrik yang mengalir seperti biasanya.

Tubuh manusia pasti mengandung ion yang positif dan ion negatif. CI‾adalah muatan negatif dalam tubuh manusia yang berasal dari ion, sedangkan Ca2+ dan Na+ adalah muatan positif dari ion. Selain manusia yang bisa menimbulkan listrik statis dalam tubuhnya. Hewan juga sama, ada beberapa hewan yang bisa menghasilkan listrik. Contoh nya sebagai berikut :

  1. Ikan Belalai Gajah

Binatang ini di temukan di sekitaran sungai di bagian afrika barat dan afrika tengah. Ikan ini mempunyai warna gelap, berbatang seperti tonjolan mulai dari kepala sebenarnya adalah mulut dari ikan ini. Ikan ini dilengkapi bagian tubuh yang dapat  menghantarkan listrik yang berada pada ekornya. Di ekornya terdapat electroplak, bila dalam keadaan istirahat masing-masing sel dari ekornya tersebut mempunyai listrik bermuatan negatif dalam muatan positifnya yang berada di luar. Ketika organnya terangsang oleh kontraksi ototnya maka akan terciptalah arus listrik lemah, oleh karena itu  ikan ini bisa mendeteksi bermacam tingkatan distorsi lalu kemudian bisa membedakan mana mangsa dan predatornya.

  1. Ikan Pari Electric

Ikan ini mempunyai gaya seperti belut listrik. Mampu mengendalikan tegangan pada setiap muatan listrik pada tubuhnya. Produksi organnya ada pada kepala di kedua sisinya. Dan sama-sama mampu menghasilkan listrik bertegangan tinggi hingga.

  1. Ikan Hiu Berkepala Martil

Electrorecptor yang ada dalam tubuh mereka bisa di bilang mencapai ratusan ribu jumlahnya. Hiu ini jadi satu satunya yang memiliki sensitivitas listrik paling besar, saking besarnya bisa mendeteksi sinyal dari tengah miliyar volt dari mahluk lainnya. Dan tentunya hal ini akan memudahkan dia dalam memangsa.

Masih banyak hewan-hewan lainnya yang bisa menghantarkan listirk seperti hewan yang sudah dijelaskan di atas, tentunya tidak ada akan habisnya bila kita bahas. Dan tentunya dalam kehidupan sehari-hari pun listrik adalah hal wajib yang harus ada di setiap kehidupan.

Demikian Artikel Tentang Mengenai Listrik,Semoga Bermanfaat Bagi Pembacanya.

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.